Waspadai Tekanan Darah Rendah

Waspadai Tekanan Darah Rendah

Darah rendah atau hipotensi merupakan tekanan darah yang begitu rendah yang menyababkan gejala atau tanda yang disebabkan karena aliran darah yang rendah melalui arteri-arteri dan vena-vena.

Saat aliran darah terlalu rendah untuk mengalirkan oksigen serta nutrisi-sutrisi yang cukup pada organ-organ vital yaitu otak, ginjal, jantung, maka organ-organ tidak berfungsi dengan normal dan akan menyebabkan kerusakan secara permanent. Beda halnya dengan tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat diketahui tanda-tanda dan gejala-gejala dari aliran darah yang rendah serta bukan ditentukan oleh angka tekanan darah yang spesifik. Pada umumnya tekanan darah sistolik untuk kaum dewasa yang sehat berkisar antara 90-120 milimeter air raksa (mmHg) sedangkan untuk tekanan darah diastolik normalnya antara 60-80 mmHg.
Normalnya , orang berumur di bawah 60 tahun mempunyai tekanan darah kurang dari 140/90 MmHg, & tekanan darah di bawah 150/90 MmHg utk umur di atas 60 th. Seandainya tekanan darah turun dengan cara tiba-tiba sebesar 20 MmHg, contohnya sistolik 100 MmHg jadi 80 MmHg, bisa berbahaya. kita dapat merasa pusing & bahkan pingsan dikarenakan otak tidak mendapat pasokan darah.

Gejala darah rendah antara lain:
– Diare
– Stress
– Syok
– Demam
– Dehidrasi
– Muntah
– Kehamilan
– Melahirkan
– Permasalahan atau gangguan pada jantung
– Efek samping dari obat-obatan tertentu
– Kadar gula darah yang rendah (hipoglikemia)

Ciri-ciri darah rendah yang biasa terjadi pada seseorang antara lain:
• Penderita biasanya sering mengeluh sakit kepala atau pusing.
• Penderita biasanya akan sering mengalami kebingungan.
• Penderita biasanya akan sering merasakan penglihatan kabur, atau mata berkunang-kunang. Hal ini terjadi apabila penderita setelah duduk lama kemudian langsung berdiri atau berjalan.
• Penderita akan merasa tubuhnya cepat lelah bahkan tidak ada tenaga untuk melakukan aktivitas.
• Sering menguap.
• Sering keluar keringat dingin pada kaki dan tangan.
• Penderita biasanya tampak pucat serta denyut nadinya lemah.

Selain itu masih ada penyebab darah rendah lainnya yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, perubahan hormon di dalam tubuh, anemia, efek samping dari obat, serta terdapat masalah pada hati dan endokrin. Apabila anda mengalami ciri-ciri seperti diatas, maka dapat dipastikan bahwa anda terkena darah rendah.

Normalnya , orang berumur di bawah 60 tahun mempunyai tekanan darah kurang dari 140/90 MmHg, & tekanan darah di bawah 150/90 MmHg utk umur di atas 60 th. Seandainya tekanan darah turun dengan cara tiba-tiba se gede 20 MmHg, contohnya sistolik 100 MmHg jadi 80 MmHg, mampu berbahaya. Kamu dapat merasa pusing & bahkan pingsan dikarenakan otak tak mendapat pass pasokan darah. Dari ragam pemicunya yg berbeda-beda, sehingga hipotensi bisa pula dibedakan jadi sekian banyak kategori.
Bagi anda yang menderita darah rendah maka sering-seringlah bergerak untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Perbanyaklah konsumsi air putih untuk membantu mengurangi gejala dari darah rendah. Selain itu, anda juga dapat meningkatkan kandungan garam pada makanan anda, akan tetapi jangan berlebih, karena sesuatu yang berlebihan itu juga tidak baik karena akan menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat membahayakan tubuh.

Upaya pencegahan yang dapat anda lakukan agar terhindar dari darah rendah yaitu anda harus rajin berolahraga untuk menjaga tubuh anda agar selalu sehat, dan rajinlah dalam mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar anda terhindar dari serangan berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan anda nantinya. Semoga postingan ini bermanfaat untuk anda dan anda dapat lebih memperhatikan lagi kesehatan anda terutama tentang gejala penyakit darah rendah.

Cara Mengatasi Darah Rendah
Upaya dalam mengatasi darah rendah hal yang laing utama adalah dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat sehingga anda tidak perlu untuk menggunakan obat-obatan dari dokter jika cara yang alami juga ada. Berikut beberapa cara mengatasi darah rendah antara lain:

1. Perbanyak komsumsi lemak nabati
Lemak nabati merupakan salah satu sumber utama yang dapat membantu anda dalam mengatasi darah tinggi. Mengkonsumsi lemak nabati lebih direkomendasikan daripada mengkonsumsii leak hewani. Alasannya lemak nabati lebih mudah dicerna, disamping itu resiko untuk mengakibatkan kolesterol juga kecil. Dianjurkan untuk mengkonsumsi lemak nabati yang berasal dari kacang-kacangan dan gandum.

2. Minum kopi
Kopi merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu untuk mengatasi darah rendah. Selain itu, kafein pada kopi juga dapat membantu anda agar lebih segar.

3. Kurangi gula dan alkohol
Mengkonsumsi terlalu banyak gula dan alkohol dapat meningkatkan tekanan darah anda secara drastis. Peningkatan tensi yang mendadak dapat menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya seperti Berkunang-kunang, pusing akut, bahkan hingga pingsan. Selain itu gula dan alkohol juga mempunyai dampak negatif untuk anda yaitu dapat menyebabkan diabetes dan gangguan pada sistem syaraf.

4. Perbanyak konsumsi air putih
Air putih dipercaya sebagai oabat alami untuk mengatasi berbagai penyakit seperti darah rendah. Konsumsilah air putih minimal 8 gelas perhari. Air putih juga berfungsi sebagai detoksifikasi untuk membuang racun pada tubuh anda.
Usahakan untuk duduk secara perlahan saat bangun dari tidur
Bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah akut ingatlah hal ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar anda tidak pusing, berkunang-kunang bahkan jatuh.

5. Hindari mandi dengan air panas dan spa terlalu lama
Bagi yang memiliki darah rendah sebaiknya membatasi untuk mandi dengan air panas, karena hal ini justru akan menyebabkan tekanan darah anda turun. Jika anda melakukan spa atau sauna maka posisikan anda duduk dikursi yang stabil dan tidak licin. Gunanya untuk mengantisipasi jika anda tiba-tiba merasa pusing.

6.Olahraga teratur
Olahraga teratur merupakan salah satu kunci pola hidup sehat. Dengan olahraga secara teratur dapat mencegah anda dari tekanan darah rendah.

7. Hindari mengangkat beban yang terlalu berat
Bagi orang yang memiliki darah rendah, mengangkat beban yang terlalu berat dapat berakibat fatal karena dapat menyebabkan pusing dan pandangan berkunang-kunang.

8. Tidur berkualitas
Orang yang menderita darah rendah cenderung lebih membutuhkan banyak istirahat untuk mengisi energi. Oleh karena itu usahakan untuk istirahat dan tidur 8 jam perhari.
Monitor tekanan darah anda
Monitorlah tekanan darah anda secara rutin.
Selain itu, akibat darah rendah adalah berkurangnya aliran darah melalui vena dan arteri. Jika tubuh kekurangan pasokan darah dan oksigen maka organ-organ tubuh tidak akan bekerja secara baik. Apabila tekanan darah sangat rendang maka akan memungkinkan terjadinya serangan jantung.

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar