Waspada Terhadap Penyakit Hepatitis

Waspada Terhadap Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah proses peradangan jaringan hati yang dapat disebabkan oleh infeksi (virus, bakteri, parasit) dan non infeksi (obat-obatan, bahan beracun/hepatotoksik, alkohol).
Hepatitis virus akut merupakan sindrom klinis akibat infeksi virus hepatotropik.
Penyakit Hepatitis merupakan penyakit cikal bakal dari kanker hati. Hepatitis dapat merusak fungsi organ hati dan kerja hati sebagai penetral racun dan sistem pencernaan makanan dalam tubuh yang mengurai sari-sari makanan untuk kemudian disebarkan ke seluruh organ tubuh yang sangat penting bagi manusia.
Hepatitis merupakan penyakit peradangan hati karena berbagai sebab. Penyebab tersebut adalah beberapa jenis virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sel-sel dan fungsi organ hati. Hepatitis memiliki hubungan yang sangat erat dengan penyakit gangguan fungsi hati. Hepatitis banyak digunakan sebagai penyakit yang masuk ke semua jenis penyakit peradangan pada hati (liver). Banyak hal yang menyebabkan hepatitis itu dapat terjadi yang tidak hanya dikarenakan adanya infeksi virus dari suatu sumber tertentu. Penyebab hepatitis juga dapat berasal dari jenis obat-obatan tertentu, jenis makanan tertentu atau bahkan pada hubungan seksual yang salah satu dari pasangan memiliki penyakit hepatitis.
Penyakit hepatitis dapat menyerang siapa saja tak pandang usia. Hepatitis jugat dapat terjadi pada bayi, anak-anak, orang dewasa dan orang tua. Hepatitis yang juga banyak melanda pada bayi dari usia 0-12 bulan, pada anak-anak diperkirakan terjadi dari mulai usia 2- 15 tahun, orang dewasa 15-20 tahun dan orang tua diatas usia 40 tahun keatas.

HEPATITIS A
Hepatitis A adalah penyakit infeksi akut disebabkan virus hepatitis A yang biasanya ditularkan secara fecal-oral melalui makanan dan minuman. Waktu antara terjadinya infeksi dan timbulnya gejala klinis atau masa inkubasi adalah 2-6 minggu. Gejala klinis yang dapat timbul diantaranya lesu/ lelah, demam, nyeri perut kanan atas, nafsu makan menurun, berat badan turun dan ikterus. Hepatitis A tidak mempunyai stadium kronis dan tidak menyebabkan kerusakan liver yang tetap. Setelah terinfeksi imun sistem membentuk antibodi terhadap virus hepatitis A untuk mencegah infeksi ulang. Infeksi dapat dicegah dengan vaksinasi hepatitis A, kebersihan higiene dan sanitasi. Merupakan jenis hepatitis dengan manifestasi klinis ringan dan dapat sembuh sendiri.

HEPATITIS B
Hepatitis B disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B yang dapat menyebabkan hepatitis akut dan kronis. Hepatitis kronis berkembang pada 5-10 % orang yang kekebalannya tidak dapat menghilangkan virus setelah infeksi awal dan dapat berlanjut menjadi sirosis atau kanker hati. Penularan dapat disebabkan secara horisontal dari darah (transfusi darah, sekarang jarang), tato, hubungan seksual yang disertai kontak darah dengan penderita, penggunaan alat suntik yang tercemar dan secara vertikal yaitu dari ibu yang mengidap hepatitis B pada bayi yang dilahirkan. Pada umumya gejala awal hepatitis B ringan diantaranya nafsu makan menurun, rasa tidak nyaman di perut, mual sampai muntah, demam ringan, dan jarang pembengkakan perut kanan atas. Infeksi oleh virus hepatitis B dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi hepatitis B pada individu yang belum terjangkit virus hepatitis B. Pengobatan hepatitis B terdiri dari 2 golongan yaitu imunomodulasi ( dgn interferon) dan antiviral.

HEPATITIS C
Hepatitis C disebabkan oleh virus hepatitis C yang menginfeksi hati. Seperti pada penyakit lainnya, gejala infeksi hepatitis C sering tanpa grjala tetapi begitu terjangkit infeksi kronis oleh hepatitis C dapat menyebabkan peradangan hati. Kondisi ini dapat berlanjut ke arah sirosis hati dan pada beberapa kasus, penderita dengan sirosis hati dapat berkembang menjadi kegagalan hati serta komplikasinya termasuk kanker hati. Gejala hepatitis dapat dapat hilang timbul atau bersifat sementara akan tetapi proses kerusakan hati tetap berlanjut. Gejala infeksi awal dapat berupa rasa letih/lemah, demam, nafsu makan menurun, mual muntah, serta penurunan berat badan. Sama dengan hepatitis B, virus hepatitis C dapat ditularkan melalui darah dan produk darah diantaranya alat suntik yang tercemar, transfusi darah, narkoba suntik secara bergantian, aktivitas seksual dengan penderita, pemakaian alat-alat pribadi (pisau cukur, sikat gigi atau gunting) yang telah tercemar dengan darah dan digunakan bergantian serta dari ibu ke anak pada proses kehamilan atau pada saat kelahiran.Virus hepatitis tidak menular dengan kontak biasa seperti bersalaman, bersin,atau batuk. Infeksi oleh hepatitis C dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan menghindari perilaku beresiko seperti berganti-ganti pasangan atau menggunakan narkoba suntik. Pengobatan hepatitis C kronik adalah dengan interferon alfa dan antiviral.

Gejala penyakit hepatitis
Hepatitis ini mempunyai beberapa gejala atau ciri cirinya. Dan gejala penyakit hepatitis pada orang dewasa dan anak anak adalah :

Pusing kepala
Pusing kepala ini akan terjadi pada siapa saja, bagi yang pernah mengalami hal seperti ini harus lebih diwaspadai karena bisa mendatangkan yang namanya gejala penyakit hepatitis pada siapa saja. Dan pusing kepala ini bisa berujung dengan penyakit vertigo, apabila tidak diatasi dengan segera. Pusing kepala ini bisa disebabkan dengan berbagai macam penyebab salah satunya adalah telat makan dan kurangnya istirahat. Maka dari itu kalian harus pintar pintar menjaga kondisi tubuh dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami hepatitis.

Sakit perut
Sakit perut ini, bisa diakibatkan oleh makanan makanan yang pedas. Makanan yang pedas ini juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan dan juga bisa menyebabkan penyakit diare. Gejala penyakit hepatitis adalah juga bisa mengalami sakit pada bagian perut. Sakit pada bagian perut ini akan dialami pada siapa saja, baik anak anak ataupun dewasa. Yang penting untuk kalian adalah harus bisa menjaga diri kalian sebaik mungkin, supaya hepatitis tidak dapat dialami oleh tubuh Anda.

Hilangnya nafsu makan
Gejala penyakit hepatitis adalah akan hilangnya nafsu makan. nafsu makan yang hilang bukan karena hepatitis saja, tetapi penyakit tifus pun akan mengalami gejala yang sama. Sebenarnya penyakit itu, semuanya mempunyai gejala yang perlu kita tangani dengan cepat, supaya tidak mengalami penyakit tersebut. jika tidak dialaminya maka penyakit ini akan menyebar. Itulah salah satu gejala yang harus perlu diperhatikan untuk masalah hepatitis.

Cokelatnya warna pada urine yang dikeluarkan
Warna urine akan berubah menjadi cokelat, hal inilah yang dimasukkan kedalam kategori gejala penyakit hepatitis yang akan terjadi. Maka dari itu, jika sudah mengalami gejala seperti ini, harus buru buru untuk melakukan penanganan, supaya hepatitis ini tidak menjalar pada tubuh kaliaan. Apalagi pada tubuh anak anak yang mudah rentan terhadap penyaki apa saja, seperti orang orang yang sudah berusia senja atau tua.

Mudah merasa lelah
Rasa lelah itu pada dasarnya dialami oleh semua orang, yang sering dialami akibat terlalu banyak beraktifitas. Dan rasa lelah itu akan muncul juga ketika kalia tahu, bahwa lelah ini merupakan gejala penyakit hepatitis pada anak ataupun pada orang dewasa. Lelah, letih, lesung, cape, lunglai adalah kalimat yang beda kata tetapi mempunyai satu makna dan satu arti. Jagalah diri kalian baik baik, agar tidak mudah mengalami hepatitis ini, yang hepatitis ini dapat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian apabila dalam melakukan pengobatan sangat telat untuk dilakukan.

Kuningnya seluruh tubuh
Kuningnya pada tubuh, atau bisa dikatakan dengan penyakit kuning dapat dijadikan sebagai gejala penyakit hepatitis pada orang dewasa ataupun anak anak. Gejala ini harus lebih diwaspdai untuk semua orang, agar tidak mengalami hal seperti ini. kuningnya pada kulit itu, juga dapat disebabkan oleh adanya penyakit liver. Yang penyakit liver adalah penyakit yang terjadi pada bagian hati yang mengalami peradangan dan pembengkakan.

Mual yang sering dialami
Gejala penyakit hepatitis adalah mual yang sering dialami. Mual ini bisa terjadi pada siapa pun, yang tidak dapat menjaga diri dengan sebaik mungkin. Dan mual ini juga mempunyai penyebab, mengapa terjadi hal seperti ini. penyakit maag, masuk angin, atau penderita tipes, juga pasti akan mengalami kemualan pada bagian perut. Makannya jangan pernah meremehkan penyakit yang keci, karena penyakit yang kecil itu, mbisa aaja menjadi besar.

Penyakit diare
Penyakit diare ini bisa disebabkan dengan berbagai macam faktor penyebab. Faktor lingkungan dan faktor makanan merupakan penyebab yang paling utama. Pada faktor lingkungan biasanya lingkungan yang kotor dan jorok itulah yang bisa menyebabkan penyakit diare dan jika dari makanan adalah makanan yang kotor yang tidak tahu asal usulnya makanan itu dibuat. Dan gejala penyakit hepatitis itu dapat disebabkan oleh penyakit diare.

Pencegahan Penyakit Hepatitis

Terjadi nya penyakit hepatitis banyak orang yang tidak menyadari nya karena di gejala penyakit hepatitis terkadang tidak dialami, dan jika sudah berkembang gejala nya baru akan dirasakan. Namun jika penyakit hepatitis mengalami penyakit menimbulkan gejala pun, maka gejala nya hanya gejala ringan. Gejala ringan seperti pusing kepala, gangguan pada pencernaan, demam, nyeri sendi merupakan gejala hepatitis yang bisa dialami setelah infeksi terjadi. Gejala hepatitis memang ringan tetapi bisa semakin berkembang jika di diamkan dan tingkat keparahan nya pun bisa semakin bertambah. Oleh sebab itu sebaik nya penyakit hepatitis diobati. Pengobatan hepatitis bisa di lakukan untuk menghentikan infeksi sehingga tidak akan semakin bertambah buruk penyakit hepatitis. Mengobati penyakit hepatitis bisa di lakukan di rumah sakit setelah pemeriksaan darah. Dan pengobatan secara intensif di lakukan agar virus yang ada di dalam tubuh tidak semakin berkembang menginfeksi dan akan menyebabkan gangguan pada kesehatan semakin parah. Setelah pengobatan di lakukan sebaik nya melakukan pencegahan penyakit hepatitis, karena ada kemungkinan jika virus menginfeksi tubuh kembali dan menginfeksi lebih parah di bandingkan sebelum nya.
Jika ingin melakukan pencegahan bisa dengan melakukan cara seperti yang ada di bawah ini :

1. Menjaga kebersihan
Pencegahan penyakit hepatitis bisa di lakukan dengan mudah, karena jika ingin melakukan pencegahan penyakit hepatitis yang harus di lakukan yaitu menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan akan membantu untuk pencegahan penyakit hepatitis. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan lingkungan serta kebersihan makanan, yang akan masuk ke tubuh. Karena banyak penyebab hepatitis yang terjadi karena makanan yang di konsumsi kebersihan nya tidak terjaga dengan baik oleh sebab itu dapat menyebabkan penyakit hepatitis.

2. Makan makanan matang
Selain makanan yang bersih, pencegahan penyakit hepatitis bisa dilakukan dengan mengurangi makan makanan yang mentah agar tidak akan menyebabkan penyakit hepatitis. Dan tidak hanya pada makanan, air mentah yang belum di masak sebaik nya juga tidak di konsumsi untuk pencegahan penyakit hepatitis.

3. Hindari alkohol
Pencegahan penyakit hepatitis pun dengan menghindari minum minuman tidak sehat seperti minuman keras yang mengandung alkohol di dalam nya. Karena alkohol tidak baik untuk hati, dan alkohol pun dapat memicu penyakit hepatitis jika di konsumsi.oleh sebab itu baik nya memperbanyak minum air putih saja dibandingkan terlalu sering minum minuman yang mengandung alkohol.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pencegahan penyakit hepatitis yang baik yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh karena jika daya tahan tubuh kuat maka serangan virus hepatitis dari luar pun bisa diatasi dengan baik oleh imun tubuh yang kuat.

5.Tidak berbagi barang pribadi

Barang barang yang pribadi memang seharus nya di gunakan seorang diri dan tidak di gunakan oleh orang lain, karena barang barang pun bisa menularkan penyakit. Oleh karena itu pencegahan penyakit hepatitis dengan menjaga barang pribadi dengan baik sehingga tidak di gunakan oleh orang lain. Jika di gunakan oleh orang lain maka sebaik nya gunakan barang yang baru.
Demikian sekilas pintas tentang penyakit Hepatitis, jangan berspekulasi apabila anda merasakan gejala sakit hepatitis segera hubungi dan konsultasikan dengan dokter keluarga sebelum virus hepatitis itu menyerang secara total sehingga terlambat diketahui.

Semoga bermanfaat

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar