Waspada terhadap Batu Empedu

Waspada terhadap Batu Empedu

Empedu adalah cairan dalam kantong empedu yang berperan dalam pencernaan lemak. Jika cairan ini mengeras, maka akan terbentuk batu empedu.
Ukuran batu empedu bermacam-macam. Ada yang sekecil butiran pasir dan ada yang sebesar bola pingpong. Jumlah batu yang terbentuk dalam kantong empedu juga bervariasi, misalnya ada orang yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang lebih banyak.

Penyebab Terbentuknya Batu Empedu
Batu empedu diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara kolestrol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut.
Batu empedu umumnya tidak menyebabkan sakit, jadi tidak membutuhkan penanganan khusus. Tetapi jika batu ini menyumbat saluran kantong empedu, penderita akan mengalami gejala sakit pada bagian kanan perut yang datang secara tiba-tiba atau istilah medisnya kolik bilier.

Pengaruh dari Pola Makan
Mengubah pola makan dengan hanya mengonsumsi makanan rendah lemak tidak dapat menyembuhkan batu empedu, melainkan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan serta mengurangi rasa sakit akibat batu empedu.

Berikut adalah faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena batu empedu:
• Faktor usia. Risiko penyakit batu empedu akan bertambah seiring usia. Penyakit ini umumnya dialami orang yang berusia di atas 40 tahun.
• Jenis kelamin. Risiko wanita untuk terkena penyakit batu empedu dua kali lebih tinggi dibandingkan risiko pria.
• Dampak melahirkan. Wanita yang pernah melahirkan memiliki risiko lebih tinggi. Penyebabnya mungkin karena meningkatnya kadar kolesterol akibat perubahan hormon selama masa kehamilan.
• Pengaruh berat badan. Risiko Anda akan meningkat jika mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Gejala Batu Empedu
Batu empedu umumnya tidak menyebabkan penyakit. Gejala hanya muncul jika batu ini menyumbat saluran kantong empedu atau saluran pencernaan lainnya. Gejala utama yang biasanya dialami adalah sakit perut yang datang secara tiba-tiba atau disebut dengan kolik bilier.
Rasa sakit ini dapat terjadi pada beberapa bagian perut. Di antaranya adalah bagian tengah perut atau di atas, kanan perut. Rasa sakit ini juga bisa menyebar ke sisi tubuh atau tulang belikat. Gejala sakit perut ini juga bervariasi, misalnya:
• Dapat muncul kapan saja.
• Dapat berlangsung selama beberapa menit sampai berjam-jam.
• Tidak akan berkurang meski sudah ke toilet, kentut, atau muntah.
• Frekuensi kemunculannya jarang tapi bisa dipicu oleh makanan dengan kadar lemak yang tinggi.

Jika batu empedu menyebabkan penyumbatan pada salah satu saluran pencernaan, gejala-gejala berikut dapat muncul:
• Sakit perut yang terus-menerus atau selalu kembali.
• Demam tinggi.
• Sakit kuning
• Detak jantung yang cepat.
• Gatal-gatal pada kulit.
• Kehilangan nafsu makan.
• Mual dan muntah.

Penting bagi Anda untuk mewaspadai kolik bilier walau gejalanya terasa sepele dan tidak konsisten. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika Anda mengalami sakit perut hebat yang berlangsung lebih dari delapan jam, sakit kuning atau demam.
jika merasakan gejala-gejala yang mengindikasikan terjadinya komplikasi, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Sebagai langkah awal, Anda akan menjalani pemeriksaan fisik. Kantong empedu berada di bagian kanan atas perut. Pasien akan diminta menarik napas, kemudian dokter akan menekan bagian kanan atas perut. Jika terasa sakit, kemungkinan terdapat peradangan pada kantong empedu.

Langkah Pengobatan Untuk Mengatasi Batu Empedu
Keberadaan batu empedu biasanya tidak mengganggu kesehatan. Tetapi jika menyebabkan gejala yang mengganggu atau jika terjadi komplikasi, penyakit ini harus ditangani.
Penanganan untuk batu empedu umumnya dengan operasi pengangkatan kantong empedu. Walau fungsi organ ini penting, tubuh kita tetap bisa bertahan tanpa memilikinya. Tanpa kantong empedu, hati akan tetap mengeluarkan cairan empedu yang membantu dalam pencernaan lemak.

Terkecuali lewat cara operasi, penyakit batu empedu dapat juga diobati lewat cara yang alami, yakni lewat cara seperti berikut:

1. Dengan minyak zaitun
Mengonsumsi minyak zaitun bisa menyembuhkan batu empedu. Langkahnya siapkan teh yang ditambahkan dengan perasaan jeruk nipis.
Kemudian imbuhkan sebagian sendok minyak zaitun, minum obat ini dengan teratur supaya batu empedu cepat hilang. Minyak zaitun bisa dibeli supermarket atau toko sayur di daerah Anda.

2. Dengan buah apel
Makanlah buah apel sehari-hari supaya batu empedu cepat hilang. Terdapat banyak riset bahwa mengonsumsi apel sehari-hari dapat keluarkan batu empedu lewat pencernaan.
Anda bisa mengonsumsi buah apel tipe apa sajakah yang Anda gemari. Waktu mengonsumsi buah apel baiknya tak dengan kulitnya, lantaran dikhawatirkan kulit dari buah apel memiliki kandungan pestisida dan lilin.
Anda dapat juga mengkonsumsi buah apel berbentuk lain seperti jus atau dibuat kue pie.

3. Minum air putih yang cukup
Minum air putih minimum 8 gelas satu hari bisa menolong menyembuhkan dan menghindar munculnya batu empedu. Lantaran dengan air putih bisa memperlancar metabolisme pada badan, hingga toksin-racun pada badan bisa keluar serta bakal keluarkan batu empedu dan menghindar munculnya batu empedu.
Air putih memanglah tampak remeh, walau demikian manfaatnya yang tidak main-main bisa melindungi kesehatan badan dengan cara baik.

4. Dengan garam Inggris
Garam Inggris nyatanya dapat menyembuhkan batu empedu. Langkah menyembuhkan batu empedu dengan garam Inggris sangatlah gampang, yakni cukup menyeduh garam Inggris ke satu gelas air, lantas diminum.
Kerjakan langkah tersebut sepanjang hari supaya batu empedu cepat hilang. Anda tak perlu cemas di mana memperoleh garam Inggris lantaran saat ini banyak supermarket yang jual garam Inggris maupun toko spesial sayuran.

5. Berolahraga teratur

Berolahraga dengan teratur bisa membakar kalori pada badan, hingga bakal menghindar munculnya batu empedu.
Berolahraga akan keluarkan toksin-racun pada badan lewat keringat, berolahraga bisa tingkatkan kekebalan badan hingga bakal melindungi stamina serta penyakit tidak bisa menyerang.

6. Mengonsumsi makanan berserat
Baiknya makanlah makanan yang banyak terkandung serat seperti buah pepaya serta gandum. Buah pepaya sangatlah gampang diperoleh di market, lantaran nyaris ada di tiap-tiap musim, buah pepaya memiliki kandungan serat alami yang cukup tinggi serta sangatlah baik untuk kelancaran dan kesehatan pencernaan.
Gandum juga memiliki kandungan serat alami yang sangatlah baik serta bisa dipakai untuk diet yang sehat.
Mengonsumsi serat yang cukup sehari-harinya bakal menyeimbangi kandungan kolesterol pada badan hingga bakal menghindar terbentuknya batu empedu.

7. Jagalah pola makan
Melindungi pola makan sangatlah disarankan untuk pasien batu empedu, melindungi pola makan yakni jauhi makanan yang banyak terkandung kolesterol dan lemak yang tinggi.
Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang memiliki serat. Memperbanyak mengonsumsi buah-buahan sangatlah baik untuk kesehatan tubuh spesialnya pencernaan, buah-buahan memiliki kandungan serat alami jadi bisa menghindar dan menyembuhkan batu empedu.

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar