Waspada Penyakit Migrain

Waspada Penyakit Migrain

 

Migraine adalah sakit kepala yang hanya terasa pada bagian sebelah kepala saja, dan penyakit ini sebenarnya termasuk sakit kepala yang cukup parah.
Penyakit migraine seringkali disertai dengan rasa mual dan muntah, dan penderita migraine akan merasa tidak kuat jika ada suara yang berisik dan cahaya yang terang.

Penyakit Migraine biasanya akan didahului dengan fase / gejala awal, seperti melihat kilatan cahaya, kemudian juga bisa kehilangan penglihatan yang hanya sementara (beberapa detik saja), selain itu juga dapat mengalami mati rasa di wajah atau lengan.

Penyebab sakit kepala sebelah
Sakit kepala sebelah atau disebut migrain memang bisa jadi alarm bahaya bagi tubuh. Sebenarnya apa sih penyebab sakit kepala sebelah itu?
Banyak ahli kesehatan yang mengatakan bahwa sakit kepala sebelah memiliki hubungan erat dengan terganggunya penglihatan. Biasanya sakit kepala terjadi pada kepala bagian kanan. Jika tidak mendapat pengobatan, rasa sakitnya akan terus bertambah dan jadi semakin parah. Bahkan, sakit kepala sebelah ini bisa menjalar ke kepala bagian kiri jika terjadi dalam waktu lama.

Penyebab umum yang memicu sakit kepala sebelah yaitu melakukan rutinitas kerja yang dilakukan dengan rasa cemas, lapar dan stres. Saat Anda mengalami stres, maka otot otot tubuh menjadi tegang. Otot seperti pada bahu, leher maupun pundak akan mengencang sehingga membuat sakit kepala sebelah.

Selain itu, beberapa kebiasaan sehari-hari juga bisa menjadi pemicu sakit kepala sebelah. Salah satu kebiasaan buruk yaitu merokok. Mulai sekarang, berhenti merokok karena hanya akan merusak kesehatan Anda dan sama sekali tidak ada manfaatnya. Makanan dan minuman yang kita konsumsi juga bisa menjadi penyebab migrain, oleh karena itu kita harus lebih waspada terhadap makanan yang kita santap.

Bahayanya jika sering sakit kepala sebelah memang terbilang sangat serius. Sebab penyakit ini juga bisa sebagai pertanda bahwa tubuh sedang mengalami bahaya. Biasanya orang yang sudah lama terkena migrain tidak akan menyadari bahwa gejalanya akan terus makin memburuk. Bahkan, sakit kepala sebelah dengan pola yang sudah berbeda-beda bisa menjadi pertanda serius bahwa tubuh mengalami masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa gejala sakit kepala sebelah yang harus Anda waspadai.

  1. Jika tiba-tiba merasa sakit kepala dan rasa sakitnya sangat parah. Biasanya digambarkan dengan sambaran petir yang akan menyengat seisi kepala dan Anda merasakan ini merupakan sakit kepala yang paling parah.
  2. Sakit kepala sebelah yang disertai dengan sakit atau demam. Bagian tubuh seperti leher juga akan mengalami kaku dan terjadi ruam pada kulit. Selain itu penderita juga akan mengalami kebingungan, penglihatan kabur dan mati rasa pada bagian tubuh tertentu atau bahkan kesulitan untuk berbicara.
  3. Sakit kepala sebelah yang terjadi berulang-ulang bahkan disertai kejang-kejang. Bahayanya jika sering sakit kepala sebelah seperti ini bahkan dapat mengancam nyawa.
  4. Sakit kepala sebelah yang terjadi setelah Anda mengalami sakit tenggorokan atau penyakit lain yang berkaitan dengan pernapasan. Saat musim dingin tiba, terkadang sakit flu menyerang dan migrain jadi lebih sering kambuh. Ketika sakit tenggorokan sudah hilang, namun leher terasa kaku dan terjadi demam disertai sakit kepala sebelah inilah yang berbahaya.
  5. Sakit kepala sebelah yang terjadi setelah Anda mengalami cedera pada bagian kepala. Apalagi jika sakit kepala semakin parah dan sering.
  6. Nyeri sakit kepala yang terjadi setiap hari dan selalu membutuhkan obat.

Bahayanya jika sering sakit kepala sebelah ini tidak boleh disepelekan. Oleh karena itu harus dilakukan pengobatan yang tepat atau segera hubungi dokter anda.

Waspadai migrain dalam kondisi tertentu

Migrain dapat dikatakan sudah biasa terjadi pada banyak orang, sehingga banyak yang menganggap migrain adalah hal yang biasa saja.
Tetapi ada beberapa kondisi tertentu yang membuat kita perlu EXTRA hati-hati dari penyakit migrain, seperti ketika mengalami serangan migrain lebih dari lima kali dalam sebulan, maka perlu untuk segera berkonsultasi ke dokter.
Pada sakit kepala tertentu juga bisa merujuk pada resiko penyakit serius lainnya, seperti stroke ataupun meningitis, berikut di bawah ini penyakit migrain yang perlu diwaspadai jika terjadi gejala di bawah ini:

  • Kesulitan berbicara, sehingga gerak bibir susah untuk dimengerti orang lain.
  • Sakit kepala terasa sangat parah, yang terjadi secara tiba-tiba, serta sangat terasa nyeri.
  • Lengan ataupun satu sisi wajah terasa lemas atau lumpuh.
  • Sakit kepala disertai dengan rasa demam, leher kaku, merasa bingung, tubuh kejang, penglihatan kabur, dan muncul ruam pada kulit.

Ketika ketika mengalami migrain, muncul juga gejala seperti disebutkan di atas, maka perlu segera pergi ke dokter atau rumah sakit.
Cara mencegah migrain
Cara terbaik untuk mengatasi migrain adalah dengan menghindarinya. Dengan mengenali dan menghindari pencetus, jumlah serangan dan tingkat keparahan migrain dapat dikurangi. Memang, beberapa pencetus di luar kemampuan kita untuk mengontrolnya, tetapi ada beberapa diantaranya yang dapat kita hindari. Hal-hal berikut dapat membantu anda untuk mencegah migrain:

  • Mengenali pencetus migrain dengan membuat buku harian
  • Tidur dan beraktivitas secara teratur
  • Makan teratur, dan menghindari makanan yang dapat mencetuskan migrain
  • Mengatasi stres
  • Menghindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif

Pencegahan dapat pula dilakukan dengan obat-obatan, walaupun dapat terjadi efek samping dari ringan sampai sedang. Obat ini juga biasanya agak mahal. Tetapi, obat ini kadangkala efektif untuk mencegah dan mengurangi keparahan migrain, sehingga memperbaiki kualitas hidup.

Hubungi dokter Anda jika anda mengalami :

  1. Sakit kepala anda tidak membaik dalam 1 atau 2 hari, atau anda sering terbangun pada malam hari.
  2. Sakit kepala anda semakin hebat atau menjadi lebih sering
  3. Timbul gejala baru
  4. Ada masalah dengan pengobatan anda
  5. Anda mengalami sakit kepala setelah aktifitas fisik, aktivitas seksual, batuk, atau bersin
  6. Aktifitas anda terganggu oleh sakit kepala anda (misalnya, anda seringkali harus absen dari pekerjaan atau sekolah).

Segera ke rumah sakit jika:

  1. Anda mengalami sakit kepala sangat hebat yang terjadi tiba-tiba yang tampaknya tidak seperti sakit kepala yang pernah anda alami.
  2. Anda mengalami demam dan kaku leher
  3. Anda mengalami mual dan muntah yang hebat sehingga tidak bisa makan atau minum.
  4. Anda mengalami gejala stroke, antara lain:
  • Kebas, paralisis, atau kelemahan pada wajah, lengan atau kaki yang tiba-tiba.
  • Merasa pusing dan oyong
  • Perubahan penglihatan yang mendadak
  • Gangguan berbicara atau memahami kalimat sederhana
  • Gangguan berjalan atau berdiri.

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain tersebut diatas atau yang disebabkan oleh hal lainnya janganlah dianggap sepela, Anda bisa mengonsultasikannya lebih lanjut ke dokter.

Terlebih apabila anda menderita sakit kepala sebelah kiri, ini merupakan kondisi yang biasa menyerang banyak orang dan kerap dianggap sakit kepala biasa. Namun, ada beberapa kondisi serius yang ditandai oleh sakit kepala sebelah kiri. Oleh karena itu, Anda harus tetap waspada ketika mengalami kondisi ini. Segera ke dokter jika Anda sering mengalaminya atau jika semakin memburuk.

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar