Saran latihan Olah Raga bagi anda yang berusia senja

Saran latihan Olah Raga bagi anda yang berusia senja

Dengan bertambahnya usia, tubuh seseorang berbadan kekar biasanya akan semakin renta dan tenaga semakin berkurang, namun demikian jangan berkecil hati karena walau anda sudah berusia senja namun motivasikan diri anda untuk tetap melatih kebugaran dengan tujuan untuk memelihara kesehatan agar tetap segar dan sehat karena justru usia yang mendekati senja itulah kita harus memiliki jadwal olah raga secara rutin untuk menjaga keseimbangan tubuh dalam memelihara organ-oragan tubuh kita bagian dalam agar tidak mudah terserang penyakit, a.l. sakit gula, sakit ginjal, strook akibat tersumbatnya pembuluh darah, dan sebagainya.

Seiring dengan bertambahnya usia, atau katakanlah usia 50 tahun keatas, rata-rata sebagian orang organ tubuhnya sudah banyak mulai lemah atau kurang optimal kerja atau produksinya, antara lain fungsi-fungsi ginjal, paru-paru, hati, jantung dan sebagainya sehingga rentan terhadap serangan penyakit. Adapun penyakit yang paling banyak dikeluhkan oleh sebagian besar orang adalah yang berkaitan dengan lemak darah, obesitas / kelebihan lemak, darah tinggi, gula / diabetes, dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa orang yang kebanyakan kandungan lemak pada tubuhnya itu salah satu penyebabnya adalah oleh karena kurangnya kalori yang dibakar oleh tubuh sehingga akhirnya secara bertahap akan menjadi timbunan lemak yang biasanya bertumpuk pada paha, lipatan paha, perut, pipi, dan yang berbahaya adalah apabila kadar lemak tersebut menempel pada organ vital kita, antara lain jantung, hati, usus, atau masih berbentuk lemak yang menyatu dalam darah. Untuk itu maka kandungan lemak dalam tubuh harus dikurangi, bukan dibuang sama sekali sehingga menjadi seimbang dengan tinggi dan berat badan kita agar organ tubuh kita bekerja dengan sehat, lancar tidak terganggu yang akhirnya ,menimbulkan berbagai macam penyakit tersebut diatas.

Untuk itu sangat diperlukan kegiatan olah raga bagi kita, olah raga apa saja entah itu olah raga kardio atau latihan beban atau yang lainnya agar peredaran darah bersikulasi dengan lancar dan tumpukan lemak dapat terbakar atau dikurangi, namun apabila usia anda sudah lebih dari 50 tahun sebelum melakukan aktivitas olahraga apapun juga, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan kesehatan Jika dipandang perlu, konsultasikan keadaan kesehatan anda ke dokter keluarga anda. Dan untuk menentukan jenis olah raga yang tepat bagi anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan lab yang penting meliputi:

1) Pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar normal dari Hb, leukosit, trombosit, kolesterol, trigliserida, dan gula darah.
2) Pemeriksaan elektrokardiografi untuk mengetahui aktivitas listrik jantung
3) Pemeriksaan hormonal untuk mengetahui kondisi anabolik tubuh sesungguhnya
4) Pemeriksaan kepadatan massa tulang untuk mengetahui apakah mengalami osteoporosis atau tidak

Dari pemeriksaan ini, dokter akan memberikan saran dalam memilih olahraga yang tepat untuk anda. Jika semuanya oke, maka saya sarankan anda memulai hari2 fitnes anda dengan berolahraga dalam air seperti berenang ringan atau berjalan dengan kecepatan sedang di treadmill. Jika berenang terlalu berat untuk anda, apabila suka atau hobby namun anda mempunyai kendala medis seperti gangguan THT, maka coba olahraga air populer lainnya seperti aquarobic atau aerobic low impact dalam air, jadi hanya separuh badan yang terendam. Saya sarankan olahraga dalam air karena media air sangat aman terhadap benturan dan sangat kecil membebani kerja persendian.
Bagaimanapun aerobic low impact dalam air masih lebih bagus dan lebih aman bagi anda yang mempunyai masalah dengan persendian daripada jika anda memilih menggunakan treadmill atau sepeda statis. Dalam air tubuh lebih rileks dan tidak menyebabkan napas sampai terengah2, sehingga tubuh tidak banyak memproduksi kortisol dan radikal bebas. Gerakannyapun lebih beraspek ke seluruh tubuh, sehingga punya manfaat ganda dibanding olahraga di darat. Namun jika kondisi anda memungkinkan, maka tidak ada salahnya menambah variasi aerobic dengan menggunakan treadmill (jalan dengan kecepatan sedang dengan posisi mendatar atau nantinya jalan dengan posisi sedikit mendaki kalau memang sudah biasa), bersepeda statis, maupun mengayuh dengan rowing machine untuk mencegah kebosanan dan memaksimalkan hasil aerobic anda dalam membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Lakukan semuanya secara step by step dengan bimbingan dan konsultasi dengan dokter olahraga, ahli gizi dan instruktur yang berpengalaman. 2-3 kali seminggu @30-60 menit saya kira sudah cukup selama bisa dilakukan secara rutin. Jika tidak ada keluhan dalam kurun waktu ½ – 1 tahun dan ada peningkatan stamina, anda sudah bisa mulai berlatih beban ringan jika anda kehendaki untuk meningkatkan kualitas tubuh dan kebugaran anda. Hanya saja berlatihlah beban dengan mesin fitnes yang lebih aman karena mempunyai sudut dan arah gerakan yang sudah disesuaikan supaya tidak beresiko cedera. Jadi jangan berlatih beban dengan beban bebas (dumbbell dan barbell).

Latihan kebugaran disertai dengan asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar setelah latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal. Berapapun usia anda, apapun jenis olah raga anda (klik duniabugar.com, atau WA di 081 212 212 445) berbagai suplemen kebugaran yang anda perlukan tersedia disitu.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat…

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar