Punggung Sakit Kala Bangun Tidur, Ini Penyebabnya

Punggung Sakit Kala Bangun Tidur, Ini Penyebabnya

Punggung Sakit Kala Bangun Tidur, hingga memilih posisi tudur yang tepat.

Seseorang yang mengalami sakit punggung saat bangun tidur mungkin masalah kronis dengan postur atau posisi tidur. Penyebab sekunder dari nyeri di punggung, bahu, dan leher termasuk karena stres, dan kecemasan yang membuat otot tegang dan mendorong posisi tidur meringkuk erat.
Latihan hingga larut malam, mengonsumsi makanan ringan, kafein, nikotin, atau alkohol sebelum tidur dapat memiliki efek negatif

Berikut beberapa faktor penyebab sakit punggung kala bangun tidur :

Pilihan kasur
Banyak orang menggunakan kasur yang melengkung, sehingga tulang belakang, leher, dan kepala tidak selaras. Kesalahan lainnya, dengan pemilihan kasur yang terlalu keras bisa mengakibatkan sakit punggung kronis.
Kasur lembut, tapi tidak kendur, menjadi pilihan baik untuk mereka yang memiliki pinggang, dan pinggul kecil. Kasur ini membantu postur tubuh dapat menyerap berat panggul yang lebih besar. Kasur yang kencang tapi tidak keras sangat bagus untuk mereka yang memiliki pinggul serta pinggang yang sama besarnya.

Bantal
Postur tidur yang benar tergantung pada bantal yang membuat tengkuk tak sakit, atau kurva tulang belakang leher. Bantal yang empuk berkontribusi membuat sakit, jadi jangan digunakan.
Bulu regular, fiberfill, dan bantal busa bisa menyebabkan timbulnya punggung dan leher sakit. Pilihlah bantal yang terbuat dari bahan khusus, seperti bantal air isi ulang, atau yang terbuat dari viskoelastik, bisa membuat posisi tidur menjadi lebih baik.

Postur tubuh
Posisi tidur yang salah dapat membuat panggul nyeri. Dan kembali tidur bisa membuat stres wilayah tulang belakang lumbar. Untuk menghindari risiko ini dapat diatasi dengan menaruh bantal di antara lutut saat tidur miring, atau di bawah lutut ketika tidur telentang.
Setiap orang memiliki posisi tidur favorit, mulai dari telentang, tengkurap, bahkan menyamping. Namun penting untuk memastikan posisi tidur mana yang terbaik untuk tubuh Anda.

Kurang Minum :

Air putih merupakan zat ajaib yang sangat-sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang sangat mempengaruhi seluruh komponen tubuh kita, oleh karenanya apabila kita kekurangan minum pasti akan mempengaruhi metabolisme tubuh kita termasuk pada pinggang kita, saat bangun tidur pinggang terasa sakit, punggung terasa pegal dan badan terasa tidak nyaman, untuk itu rajin minum air dalam sehari akan sangat membantu metabolisme tubuh kita, bangun tidur akan terasa ringan dan segar sepanjang tidak salah posisi tidur, namun perlu diingat, jangan terlalu banyak minum pada saat kita mau berangkat tidur atau makan malam sesaat sebelum tidur karena pada saat tidur seluruh organ kita perlu beristirahat, jangan diberikan beban yang berat.

Dan masih banyak lagi faktor penyebab punggung terasa sakit saat bangun tidur, disamping juga posisi tidur yang kurang tepat bisa juga berpengaruh terhadap kenyamanan badan setelah bangun tidur, untuk itu perlu kita ketahui beberapa posisi tidur yang baik dan efeknya hingga posisi tidur yang kurang baik

Posisi tidur dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika tidur dengan posisi yang kurang tepat, dapat menyebabkan kondisi seperti sakit punggung dan leher, kelelahan, sleep apnea, sakit kepala, sakit maag, masalah perut, dan bahkan keriput dini.

Jika ingin mengurangi risiko tersebut, berikut ini adalah beberapa posisi tidur yang paling baik hingga paling buruk untuk tubuh Anda :

1. Tidur telentang
Posisi ini yang paling baik untuk tubuh karena membuat kepala, leher, dan tulang belakang beristirahat dalam posisi netral. Ini berarti, tidak ada tekanan ekstra pada area-area tersebut yang dapat membuat Anda sakit keesokan paginya.
Posisi telentang juga cocok untuk menangkal refluks asam, namun pastikan untuk menggunakan agak banyak bantal untuk mengangkat kepala Anda lebih tinggi dari perut, supaya makanan tidak naik kembali ke tenggorokan.
Tetapi bagi orang yang mengalami sleep apnea, posisi ini kurang cocok, karena tidur telentang dapat menyebabkan lidah memblokir saluran pernapasan. Posisi ini juga bisa membuat dengkuran menjadi lebih parah.

2. Tidur menyamping
Posisi tidur ini juga dapat menurunkan refluks asam, sakit punggung, dan sakit leher. Tidur menyamping juga dapat membuat saluran pernapasan terus terbuka, sehingga sangat baik untuk mereka yang menderita sleep apnea. Namun tidur menyamping dapat membuat Anda keriput, karena wajah terus menempel pada bantal

3. Posisi tidur seperti janin
Posisi tidur yang seperti janin ini (badan menyamping ke arah kiri, tubuh membungkuk, dan lutut ditekuk) sangat baik dipraktikkan jika Anda sedang hamil. Karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan janin di dalam perut, serta mencegah rahim menekan hati.
Namun, tidur dengan posisi ini dapat membuat pernapasan menjadi terbatas dan bisa menyebabkan nyeri pada sendi dan punggung saat keesokan harinya. Untuk mengurangi risiko tersebut, renggangkan tubuh Anda sebanyak mungkin, serta bisa juga dengan menempatkan bantal diantara lutut Anda.

4. Tengkurap
Posisi ini yang paling buruk, karena dapat menyebabkan sakit punggung dan leher. Ditambah lagi, tengkurap juga menekan otot dan sendi yang dapat menimbulkan mati rasa, kesemutan, dan pegal-pegal. Jadi lebih baik hindari tidur dengan posisi ini.

Selanjutnya untuk mengatasi “keletihan” akibat salah tidur tersebut perlu sekali anda melakukan olah raga ringan sebentar baik sebelum atau setelah bangun tidur, hal tersebut dimaksudkan untuk melonggarkan urat-urat, otot dan melancarkan sirkulasi darah pada tubuh anda dengan gerakan-gerakan yang sesuai atau seirama dengan rasa letih yang anda rasakan.

Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menumbuhkan otot yang kekar akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal (klik duniabugar.com atau WA 081-212-212-445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar