Program latihan fitnes terbaik dengan menggunakan dumbbell

Program latihan fitnes terbaik dengan menggunakan dumbbell

Mengenal alat-alat Fitnes dan kegunaannya

Para pelaku fitnes pasti tahu bahwa Latihan dengan menggunakan dumbbell adalah latihan yang paling praktis karena tidak perlu tempat khusus dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Kita bisa melakukannya di gym maupun dirumah atau di ruang tamu bahkan di kamar tidur kita. Maka dari itu kita dapat melakukan program latihan fitnes dengan dumbbell lebih sering karena tidak terbatas tempat dan waktu.

Kelebihan Latihan Menggunakan Dumbbell

Dumbbell adalah alat angkat beban berukuran kecil jika dibandingkan dengan ukuran alat fitnes yang lain. Beban pada alat ini bermacam-macam, mulai dari yang hanya 1kg yang umumnya digunakan untuk aerobik hingga yang berukuran puluhan kilogram yang dapat digunakan untuk membentuk massa otot. Alat ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu fixed weight (berat tetap) dan adjustable weight (beban dapat dirubah dan disesuaikan), umumnya harga dumbbell yang adjustable lebih mahal. Selain itu bahan yang digunakan juga ada yang terbuat dari plastik ada pula yang terbuat dari logam. Harga dumbbell ada yang murah ada pula yang relatif mahal tergantung dari jenis dan bahan yang digunakan.

Bentuk dumbbell yang kecil namun sangat mantap untuk latihan pembentukan otot. Dan yang perlu kita ketahui adalah latihan menggunakan dumbbell memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan latihan menggunakan barbell.
Dumbbell memungkinkan anda untuk melatih salah satu sisi otot anda, yang mana dapat memperbaiki ketidakseimbangan kekuatan tubuh anda. Selain itu dumbbell membuat setiap sisi tubuh anda bergerak secara mandiri sehingga otot inti anda akan cepat terlatih, sehingga akan mempermudah anda mendapatkan perut six-pack.
Dumbel dapat dipergunakan untuk berbagai latihan otot, mulai dari program latihan yang sederhana hingga latihan masa otot / pembentukan otot.

Berikut beberapa Program latihan fitnes terbaik dengan menggunakan dumbbell.

1. Dumbbell bench press
Program yang pertama adalah dengan munggunakan gerakan dumbbell bench press. Meskipun latihan ini membutuhkan bangku fitnes, namun latihan ini dapat melatih dada, triceps dan bahu dengan baik. Jika anda memiliki bangku fitnes yang dapat dirubah-ubah kemiringannya maka anda juga dapat memodifikasi gerakan bench press ini menjadi incline bench press dan decline bench press.

2. Alternated biceps curl
Salah satu variasi latihan dengan dumbbell yang paling populer adalah latihan dengan gerakan bicep curl. Latihan ini sangat baik dilakukan untuk melatih otot bicep dan forearm kita. Kita dapat melakukan latihan ini dengan menggerakan kedua tangan secara bersamaan ataupun secara bergantian.

3. Shoulder press
Gerakan shoulder press dilakukan dengan mengangkat kedua tangan pada waktu yang bersamaan. Latihan ini tidak hanya melatih otot bahu dengan sangat efektif namun juga melatih tricep sehingga menjadi salah satu latihan otot tubuh bagian atas yang terbaik.

4. Triceps Kickback
Manfaat gerakan tricep kickback kepada otot tricep kita itu sama seperti gerakan bicep curl kepada otot bicep kita. Latihan ini merupakan salah satu latihan klasik yang memaksimalkan kerja dan melatih otot tricep.

5. Upright row
Selain shoulder press ada juga upright row untuk yang berguna untuk melatih otot bahu. Namun perbadaan gerakan ini dengan shoulder press adalah gerakan ini juga dapat melatih otot punggung anda.

6. Lateral raise
Program latihan fitnes berikutnya adalah gerakan yang amat baik untuk melatih seluruh tubuh bagian atas dari mulai lengan, bahu, punggung, hingga dada yaitu gerakan laterall raise. Latihan ini dapat dilakukan dengan duduk maupun berbaring, namun jika kita berdiri maka hasilnya akan lebih baik karena akan melibatkan seluruh otot tubuh bagian atas.

7. Lying fly
Gerakan lying fly mewajibkan anda memiliki bangku fitnes karena gerakan ini dilakukan dengan posisi berbaring pada bangku yang datar. Latihan ini adalah salah satu gerakan terbaik untuk melatih otot dada. Perbedaan gerakan ini dengan dumbbell bench press adalah gerakan ini tidak melibatkan otot tricep sehingga seluruh latihan terpusat pada otot dada.

8. Dumbbell squat
Latihan dumbbell squat merupakan latihan otot kaki paling populer yang menggunakan dumbbell. Latihan ini menargetkan otot bagian paha dan betis. Cara melakukannya pun amat mudah, yaitu seperti melakukan squat pada umumnya namun dengan membawa dumbbell.

9. Dumbbell lunge
Gerakan ini tidak sepopuler gerakan dumbbell squat, namun latihan dumbbell lunge merupakan salah satu latihan otot paha dan betis yang paling baik sehingga kami tetap memasukkannya kedalam daftar ini. Gerakan ini cukup mudan dilakukan, yaitu dengan melakukan lunge seperti biasanya namun dengan membawa 2 dumbbell sebagai pemberat disisi tangan kanan dan kiri.

10. Toe raise
Program latihan terakhir adalah untuk melatih betis dan otot pergelangan kaki. Gerakan toe raise adalah gerakan yang paling efektif untuk memperkuat otot pergelangan kaki yang akan berguna dalam kegiatan sehari-hari yang melibatkan kekuatan otot ini terutama jika kita harus berlari atau melompat.

Itulah beberapa latihan yang dapat dilakukan dengan menggunakan dumbbell. Seluruh latihan tersebut sebaiknya dilakukan dalam 3-5 set dengan 8-15 repetisi. Selain latihan tersebut diatas, masih banyak latihan lain menggunakan dumbbell yang bisa anda coba lakukan yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan latihan dan kemampuan fisik anda.

Latihan kebugaran disertai dengan asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar setelah latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal berapapun usia anda (klik duniabugar.com, atau WA di 081 212 212 445) berbagai suplemen kebugaran yang anda perlukan tersedia disitu

Semoga bermanfaat….

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar