Program Latihan Dada Yang Efektif Saat Fitnes

Program Latihan Dada Yang Efektif Saat Fitnes

Anda sudah lama fitnes? Dada anda tetep flat kaya papan tulis? tidak berbentuk sama sekali? Jadi?.. program latihan dada yang efektif supaya dapat membentuk dada itu seperti apa?..

Fitnes di gym sebagai bagian dari gaya hidup modern masa kini. Dewasa ini fitnes sudah merambah hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Tujuan fitnes dari beberapa orang salah satunya agar badannya sekedar ideal, ataupun memang exspert di bidang ini. Untuk orang yang mempunyai tujuan agar badannya bagus setelah fitnes tentunya menginginkan badan ideal dan atletis. Tidak hanya bagian perut yang dilatih agar sixpack dan padat. Bagian tubuh seperti dada, lengan, bahu dan kaki juga perlu dilatih karena bagian tubuh itu merupakan kesatuan untuk menghasilkan bentuk tubuh yang ideal nan atlestis. Demikian juga dalam program latihan dada, serasa keren bukan kalau anda memiliki dada yabg bidang, tegap dan padat berotot??.

Otot dada adalah salah satu otot favorit para bodybuilder, tidak heran banyak pria mendambakan memiliki otot dada yang indah. Sayangnya, otot bagian ini juga merupakan bagian yang termasuk sulit untuk dikembangkan. Latihan yang kurang tepat membuat otot dada sulit berkembang. Sebelum memulai latihan ada baiknya mengenali anatomi dada itu sendiri sehingga Anda tahu bagian otot mana yang harus Anda latih.

Dalam istilah medis otot dada terdiri dari dua macam otot yang terpisah yaitu pectoralis mayor(bagian luar) dan pectoralis minor (bagian dalam), pada dasarnya pectoralis mayor terbagi lagi ke dalam dua otot yang terpisah yaitu sternal (bawah) dan clavicular (atas). Otot dada merupakan salah satu otot utama yang membentuk tubuh bagian atas, oleh karena itu tidak heran banyak sekali orang yang ingin membentuk otot dada untuk meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri.

Otot bagian dada merupakan bagian yang paling terlihat selain otot bagian lengan. Otot dada yang tebal dan padat merupakan dambaan bagi setiap pria yang melakukan fitnes. Otot dada atau pectoralis mayor memiliki bagian otot atas dan bawah. Untuk merangsang peningkatan masa otot dada bagian atas kita dapat melakukan gerakan incline bench press dengan menggunakan alat manual benchpress ataupun dengan machine benchpress. Sedangkan untuk membentuk otot dada bagian bawah menggunakan gerakan dicline benchpress. Dalam program latihan dada dapat digabungkan dengan gerakan triceps dan Abdominal (perut).

Ada berbagai program latihan untuk membentuk otot dada agar anda mendapatkan otot dada yang ideal, dalam kesempatan ini anda akan kami suguhkan program latihan otot dada terbaik untuk membentuk otot dada anda agar lebih optimal, beberapa program latihan yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan pembentukan otot dada Anda, yaitu program latihan awal Basic Training (3 gerakan) dan dilanjutkan dengan latihan Flyes (3 gerakan) serta latihan Dips agar tidak menimbulkan kebosanan.

Basic training
Program latihan ini sangat cocok bagi kalian yang baru saja memulai program pembentukan otot dada, dan sangat tepat dilakukan ketika di awal latihan. Basic training ada 3 macam latihan, yaitu :

1. Flat Dumbell Press
Latihan ini difokuskan untuk melatih pertumbuhan otot dada
• Posisi tubuh terbaring dengan lengan memegang bagian dari dumbbelllurus di bagian depan dada
• Turunkan dumbbell hingga berada pada posisi siku sejajar dengan bagian bahu
• Tarik nafas ketika menurunkan beban dan hembuskan nafas ketika menaikkan beban

2. Incline Dumbell Press
Latihan ini difokuskan untuk melatih pertumbuhan otot dada, terutama bagian atas
• Posisi tubuh terbaring miring dengan bagian lengan memegangdumbbell dengan lurus di bagian depan dada
• Turunkan dumbbell menuju posisi siku yang sejajar dengan bahu
• Tarik nafas ketika menurunkan beban dan hembuskan nafas ketika menaikkan beban

3. Flat Dumbell Fly
Selain menargetkan otot dada, latihan ini juga akan melibatkan otot deltoid di bahu, otot lengan, dan otot punggung
• Posisi tubuh terbaring dengan bagian siku sedikit ditekuk
• Tangan dibuka hingga menyerupai setengah lingkaran dengan posisi bagian siku masih menekuk
• Gunakan bagian dari sendi bahu agar dapat menggerakkan bagian beban, saat beban di bawah, posisi siku lebih rendah dari bahu

Latihan Flyes
Jika Anda jenuh dengan latihan dasar, sebagai alternatif latihan flyes exercise patut Anda coba, jenis latihan ini efektif bagi Anda yang mendambakan otot dada tebal.
Latihan ini memungkinkan otot dada terlatih secara langsung sesuai gerakan vertikal kedua tangan dan berguna untuk memperbaiki postur tubuh Anda.
Latihan flyes merupakan latihan lanjutan setelah anda melakukan latihan pada tahap basic training.

1. Reverse Dumbbell Flyes
Latihan ini memungkinkan otot dada terlatih secara langsung sesuai gerakan vertikal kedua tangan dan berguna untuk memperbaiki postur tubuh Anda.
• Posisi tubuh terbaring tengkurap di atas bench, kemudian pegangdumbbell di kedua tangan
• Buka bagian tangan Anda ke arah samping
• Lalu turunkan secara perlahan

2. Incline Bench Flyes
Latihan ini berguna untuk melatih otot dada dan bahu. Posisi ini memungkinkan Anda terhindar dari nyeri punggung.
• Posisi tubuh terbaring di atas bench dengan posisi dumbbell di kedua tangan
• Buka tangan Anda ke arah samping
• Lalu tutup ke atas

3. Standing Cable Flyes
Selain difokuskan untuk melatih otot dada, dengan latihan ini Anda bisa melatih otot perut sekaligus
• Pegang kedua handle kabel menggunakan kedua tangan
• Tarik handle secara bersamaan ke bagian depan dada Anda
• Kembali ke posisi semula secara perlahan, lalu ulangi lagi

Latihan Dips
Jenis latihan ini merupakan latihan gabungan atau yang dikenal dengan latihan compound.

Latihan dips tidak hanya fokus melatih otot dada melainkan melatih tricep, dan bahu Anda sekaligus.

• Kedua tangan memegang batang dips dengan ukuran rentang selebar bahu
• Lalu angkat tubuh dengan otot dada, tricep dan bahu secara bersamaan
• Ketika mengangkat tubuh, arahkan agar menekuk lutut ke bagian belakang, lalu silangkan kedua bagian ankle
• Turunkan tubuh dengan perlahan serta posisi punggung agar tetap lurus, lalu angkat tubuh Anda

Seperti latihan compound lainnya, latihan dips memberirkan banyak manfaat bagi perkembangan otot Anda , di antaranya adalah:

1. Melatih Banyak Otot
Latihan dips merupakan jenis latihan gabungan yang melatih lebih dari satu otot, selain melatih otot dada latihan dips juga melibatkan bagian otot lainnya seperti, otot bahu dan tricep. Ketiga otot ini akan terlatih secara bersamaan ketika tubuh berkontraksi. latihan dips secara tidak langsung akan membentuk postur tubuh Anda secara menyeluruh.

2. Meningkatkan Kekuatan Tubuh
Selain berguna untuk memperbaiki postur tubuh, latihan dips juga dapat meningkatkan kekuatan tubuh Anda, terutama tubuh bagian atas. Meningkatnya kekuatan otot dada, lengan dan bahu saat latihan dips, berarti meningkat pula kekuatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini berarti, Anda akan dapat mengangkat beban yang lebih berat yang berguna saat Anda melakukan jenis latihan lain. Selain itu, otot stabilizer yang berukuran lebih kecil yang biasanya jarang terlatih saat melakukan latihan isolasi, ikut terlatih dengan baik seiring Anda menjaga keseimbangan dalam latihan ini.

3. Membentuk V-Shape
Latihan dips juga cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan tubuh berbentuk “V” pada tubuh bagian atas. Berlatih dips menggunakan teknik wide grip dapat membantu Anda meningkatkan perkembangan beberapa otot yang akan mendukung pembentukan “V Shape” pada tubuh Anda.
Untuk meningkatkan pertumbuhan otot dada secara optimal. Dibutuhkan keseimbangkan antara latihan dengan istirahat cukup dan nutrisi yang tepat untuk menunjang pembentukan otot dada Anda. ketiga faktor tersebut harus berjalan beriringan jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Meningkatkan Beban di Setiap Gerakan Dapat Mempengaruhi Perkembangan Sel Otot

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam program latihan dada adalah tentang konsumsi nutrisi yang tepat. Konsumsi makanan mengandung protein yang tinggi dapat membantu meningkatkan masa otot setelah latihan, serta berguna untuk recovery otot. Salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi adalah telur. Di dalam telur mengandung manfaat yang luar biasa bagi otot dan tubuh kita.

Jangan lupa baca artikel terkait sepeti informasi buat kalian yang kerempeng agar berotot, yang tersedia dalam blog ini Semoga artikel bisa dijadikan referensi latihan anda. Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak atau membentuk masa otot agar menambah berat badan yang sehat akan menjaga tubuh anda agar dapat membentuk tubuh yang ideal (klik duniabugar.com atau WA 087777434999) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..

Selamat mencoba, fokuskan niat anda dan berlatihlah dengan tekun dan rutin, baca artikel-artikel seputar fitness yang tersedia pada blog ini, serta makan makanan yang sehat dan bernutrisi.

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar