Pola Makan Untuk Latihan Membentuk Otot Dada

Pola Makan Untuk Latihan Membentuk Otot Dada

Makanan sama seperti bahan bakar untuk tubuh. Karena itu, sangat penting untuk makan sebelum berolahraga di gym. Namun perhatikan juga makanan apa yang Anda konsumsi. Sebelum berolahraga Anda tak bisa mengonsumsi makanan sembarangan. Diet yang baik harus mengandung protein, vitamin, dan mineral, serta cairan yang cukup setiap hari.

Ada dua kunci utama dalam membentuk otot dada yang sempurna. Yang pertama adalah Konsisten dalam melakukan latihan. Anda bisa membaca artikel-artikel sebelumnya, yang kedua adalah Pola Makan Yang Teratur.
Setelah anda membaca beberapa artikel tentang pembentukan otot maka perlu anda ketahui pula mengenai pola makan dan menu makanan yang tepat dan teratur dalam membentuk otot dada.

Sebelum nge-gym tubuh harus penuh dengan glycogen. Karena jika tingkat glycogen rendah, Anda akan cepat merasa lelah dan bisa menurunkan energi. Makanan yang kaya glycogen harus dikonsumsi dua sampai tiga jam sebelum pergi nge-gym. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat di pagi hari sebelum nge-gym. Sekitar dua jam sebelum berangkat ke gym, Anda juga harus mengonsumsi 236 ml air.

Adapun pola makan dan menu makanan yang tepat dan teratur dalam membentuk otot dada yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut :

1) Asupan Kalori

Banyak yang menganggap bahwa dengan meningkatkan asupan kalori maka akan menghasilkan otot yang besar. Hal ini tidaklah benar. Meningkatkan asupan kalori akan menambah jumlah lemak, bukan massa otot. Yang terpenting, anda harus mendapatkan asupan kalori secukupnya sebagai bahan bakar saat latihan.

Beberapa makanan yang harus dihindari :
Makanan cepat saji (fast food)
Makanan ringan
Makanan olahan
Makanan berminyak (gorengan)

2) Protein

Protein berperan penting dalam pembentukan otot. Apabila anda kekurangan protein maka otot akan sulit terbentuk. Anda memerlukan banyak protein jika menginginkan dada yang bidang. Konsumsilah protein setiap hari sebanyak 1-1,5 gram per kg berat badan Anda.

Berbagai macam sumber protein :
Daging merah
Daging bebas lemak
Dada ayam
Ikan
Putih Telur
Kacang-kacangan
Sayuran berprotein tinggi

3) Suplemen
Untuk membangun otot yang lebih besar, anda bisa mengonsumsi suplemen. Mengonsumsi suplemen seperti Creatine Monohydrate atau glutamine akan lebih membantu dalam pembentukan otot. Pembahasan mengenai suplemen silahkan baca melalui artikel kami berikut yakni jenis-jenis suplemen dan fungsinya. Tips Pola dan Menu Makanan untuk Membentuk Otot Dada Nutrisi sangat penting untuk mempercepat pembentukan otot dada.
Waktu dan menu makanan berikut tidak harus mengikat dan dapat Anda sesuaikan sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Ingat juga, usahakan makan 5-6 kali dalam sehari dalam porsi yang kecil.

Contoh pengaturan menu makanan untuk membentuk otot dada

Sarapan :  sarapan yang tepat untuk menambah massa otot

3 putih telur rebus
2 potong roti gandum utuh topping selai kacang

Snack Pagi :

1 buah pisang
1 cup yoghurt

Makan Siang :

Nasi Merah
Dada ayam / tuna
Sayuran segar
Jus buah bebas gula

Snack Siang :

1 genggam stroberi
1 genggam kacang-kacangan

Sebelum Latihan

Susu tinggi protein (Whey Protein)
2 iris roti gandum
1 buah pisang
(Secara lengkap sebagaimana uraian dibawah)

Setelah Latihan :

Susu tinggi protein (Whey Protein)
2 buah pisang
1 genggam anggur
1 buah pir

Makan Malam :

Daging bebas lemak
1 genggam kacang kulit rebus
1 gelas jus buah segar

Sebelum Tidur :

Susu tinggi protein (Whey Protein)

Sebagaimana menu diatas sebelum latihan minimal anda mengkonsumsi antara lain : Susu tinggi protein (Whey Protein), 2 iris roti gandum, 1 buah pisang, namun disamping itu untuk mengencangkan otot dada atau latihan berat lainnya anda harus makan asupan nutrisi yang bergizi agar selama melakukan kegiatan latihan tubuh tetap segar, tidak mudah kelelahan.
Apabila kita menginginkan kondisi tubuh yang benar-benar siap untuk berlatih maka satu jam sebelum berangkat nge-gym, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja makanan yang harus dikonsumsi, yaitu :

1. Makan setengah potong roti gandum. Oleskan satu sendok makan selai kacang di atasnya.

2. Konsumsi biskuit dan satu ons keju.

3. Minum smoothie buah yang dibuat dari susu atau susu kedelai.

4. Minum seperempat gelas jus blueberry yang dicampur dengan setengah cangkir yogurt. Semua makanan di atas mengandung sekitar 45 gram karbohidrat dan sedikit protein.

5. Jika Anda tak memiliki banyak waktu sebelum pergi nge-gym, setidaknya Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung sedikitnya 25 gram karbohidrat seperti satu buah pisang ukuran sedang dan kecil.

6. Satu cangkir kismis juga mengandung karbohidrat yang cukup untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.

Itulah makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum nge-gym. Jangan nge-gym dalam keadaan perut kosong, karena justru tak akan baik untuk kesehatan. Jangan lupa juga sediakan air untuk memenuhi cairan tubuh setelah berolahraga. Jangan konsumsi minuman berenergi atau minuman olahraga yang mengandung alkohol.

Latihan nge-gym disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh tetap segar, dan segar sehabis latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal, berapapun usia anda (klik duniabugar.com _ Suplemen murah atau WA 081-212-212-445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..

Demikian ulasan pola makan sehat untuk membantu pembentukan otot dada.

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar