Perut Ramping Dambaan Wanita

Perut Ramping Dambaan Wanita

Wanita mana yang tidak mendambakan tubuh yang sexy dengan perut rata yang padat nan ramping?? Banyak cara dan aktivitas dalam upaya membentuk perut yang langsing nan menawan. Bagi wanita yang sudah terlanjur memiliki perut yang tebal nan bulat sering mengkambing hitamkan makanan sebagai penyebabnya, walau makanan tersebut memang salah satu penyebab menebalnya perut bagi wanita namun masih banyak faktor penyebab lainnya.
Untuk mendapatkan perut ramping, tidak hanya pola makan yang harus diperhatikan, namun sangat perlu dan harus juga ditunjang dengan kegiatan olahraga, namun tidak hanya sekedar melakukan olah raga karena olah raga yang kurang tepat juga sangat kecil pengaruhnya dalam upaya pembentukan perut, ada pendapat bahwa dengan melakukan puluhan sit up tiap hari adalah upaya yang tepat untuk mengecilkan dan meratakan perut, tahukah anda bahwa itu adalah adalah anggapan yang keliru. Mengapa? Latihan perut seperti sit up tidak akan membakar lemak di perut, tetapi hanya akan mengencangkan otot perut Anda! Kalau ingin mengencangkan otot perut silahkan melakukan puluhan sit up setiap hari, namun jangan diharap hal itu dapat mengecilkan perut.

Apabila ingin membentuk perut yang indah, rata dan kuat anda harus mengorbankan banyak waktu untuk melakukan olah raga yang tepat untuk membakar tumpukan lemak pada perut anda, jenis olah raga yang dapat menggerakkan otot perut, serta olah raga yang dapat membakar lemak anda perlu dilakukan dengan tepat, yaitu dengan melakukan beberapa jenis olah raga secara rutin, adapun jenis olah raga tersebut adalah kardio dan olah raga latihan beban
Jadi, kalau masih banyak tumpukan lemak pada perut, olahraga kardio seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, adalah olahraga yang sangat efektif untuk membakar lemak tubuh, termasuk di sekitar perut Anda. Namun, Anda juga perlu melakukan latihan beban untuk mengecilkan perut Anda. Kombinasi latihan beban dan kardio merupakan pola olahraga terbaik untuk membakar lemak sekaligus membangun massa otot Anda.
Otot adalah jaringan tubuh yang aktif membakar lemak tiap saat, baik pada saat Anda sedang beristirahat sekalipun. Oleh karena itu, dengan memiliki lebih banyak otot dalam tubuh, maka lebih banyak pula lemak yang akan dibakar dalam tubuh Anda.

wanita tetap disarankan untuk membentuk otot lewat latihan angkat beban. Jangan takut menjadi berotot dan besar karena hormon antara pria dan wanita jauh berbeda. Latihan angkat beban akan mengencangkan otot-otot dan memperbaiki bentuk tubuh Anda sehingga menjadi lebih kencang dan padat, anda jangan membayangkan untuk mengangkat beban yang berat-berat layaknya atlet binaraga (kecuali kalau memang ingin menjadi atlit binaraga atau memiliki tubuh seperti atlit binaraga), naumn dengan latihan mengangkat dumbbell yang berukuran satu atau dua kilogram juga sudah tergolong latihan angkat beban, asal dilakukan secara rutin dan berkesinambungan.

Latihan beban yang disarankan pun tidak hanya fokus pada latihan untuk perut. Untuk membentuk tubuh yang ideal dan proporsional, lakukan latihan beban secara merata untuk seluruh bagian tubuh setiap hari.

Berikut ini contoh pola dan jadwal latihannya :

1. Hari Senin

a. Latihan Dada
Lakukan 4 macam latihan untuk dada, masing-masing 4 set x 10 – 12 repetisi. Misalnya: Push up, dumbbell press (mendorong beban lurus di depan dada dumbell flies (mengangkat beban dari tengah dada ke samping).
b. Latihan Perut
Lakukan latihan perut Center crunch, 4 set x 15 – 20 repetisi.
Caranya: Berbaring, tekuk lutut, letakkan jari tangan di sisi telinga, angkat bahu dan punggung dari lantai sambil kencangkan perut.
c. Kardio
Lakukan latihan gerakan Jalan cepat selama 20-30 menit.

2. Hari Selasa
a. Punggung
Lakukan 4 macam latihan untuk punggung, masing-masing 4 set x 10 – 12 repetisi. Misalnya: Latihan pull down dan straight arm pull down (menurunkan beban dari atas kepala hingga setinggi bahu)
b. Latihan Perut (lagi)
Lakukan latihan perut dengan Lying leg raise: 4 set x 15-20 repetisi. Caranya: Berbaring dengan kaki lurus, lalu angkat kedua kaki dari lantai tanpa menekuk lutut, kencangkan perut.
c. Kardio (lagi)
Lakukan latihan gerakan Jalan cepat 20-30 menit.

3. Hari Rabu
LIBUR untuk mengistirahatkan otot-otot setelah 2 hari latihan supaya tidak kejang.

4. Hari Kamis
a. Bahu
Lakukan latihan gerakan dengan melakukan 4 macam latihan untuk bahu, masing-masing 4 set x 10 – 12 repetisi. Misalnya: Mengangkat beban ke depan dan samping hingga setinggi bahu, dari atas turun ke bahu, atau mengangkat bahu.

b. Perut (lagi)
Lakukan latihan Center crunch: 4 set x 15-20 repetisi.

c. Kardio (lagi)
Lakukan latihan gerakan Jalan cepat 20-30 menit.

5. Hari Jum’at
a. Kaki
Lakukan 4 macam latihan untuk kaki, masing-masing 4 set x 10 -12 repetisi. Misalnya; Squat (seperti setengah jongkok), standing calf raise (jinjit).

b. Perut (lagi)
Lakukan latihan gerakan Side crunch: 4 set x 15-20 repetisi. Caranya: Berbaring menyamping, tekuk kedua lutut. Perlahan tekuk pinggang sambil angkat kepala dan bahu dari lantai.

5. Hari Sabtu
a. Kaki
Lengan
Lakukan 2 macam latihan untuk triceps (lengan belakang), masing-masing 4 set x (10 -12 repetisi). Misalnya; Dumbbell overhead triceps extension (lengan lurus di atas kepala memegang beban, tekuk siku, lalu angkat beban sambil luruskan lengan).
Lakukan 2 macam latihan untuk biceps (lengan depan), masing-masing 4 set x 10 -12 repetisi. Misalnya: Concentration curl (angkat beban dari setinggi pinggang ke arah bahu).
b. Perut (lagi)
Lakukan latihan Lying leg raise: 4 set x 15 – 20 repetisi.
c. Kardio (lagi)
Lakukan latihan gerakan Jalan cepat 20 – 30 menit.

7. Hari Minggu
LIBUR untuk mengistirahatkan otot-otot setelah 2 hari latihan supaya tidak kejang dan untuk mempersiapkan diri pada esok hari senin dengan mengulang gerakan tersebut diatas.

Demikian sedikit ulasan bagi anda kaum wanita yang mendambakan perut yang rata, licin, kuat, dan (sexy) tentunya harus memiliki kemauan serta upaya yang sungguh-sungguh untuk melakukan hal-hal tersebut diatas, yaitu dengan mengatur pola makan yang seirama dengan olah raga yang sudah dilakukan (tidak harus melakukan diet mengurangi asupan makanan, nanti malah sakit) karena setelah latihan tadi tubuh memerlukan kalori, namun harus dengan pola makan yang sehat serta memenuhi kebutuhan tubuh (bukan sekedar kebutuhan mulut dengan makanan enak) dan disamping itu dapat pula dengan menambahkan asupan suplemen fitness yang tepat agar lebih cepat terwujud bentuk perut yang didambakan.

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar