Perokok Pasif Lebih Berbahaya Daripada Perokok Aktif

Perokok Pasif Lebih Berbahaya Daripada Perokok Aktif

Menjadi Perokok Pasif Lebih Berbahaya Daripada Perokok Aktif

Banyak pakar kesehatan yang membuat pernyataan bahwa perokok pasif memiliki resiko mendapatkan penyakit berbahaya tiga kali lebih besar daripada perokok aktif. Pernyataan ini tentu saja tidak berarti bahwa perokok pasif sebaiknya menjadi perokok aktif agar resiko mendapatkan penyakit menurun. Namun, hal ini justru harus dijadikan perhatian bagi perokok aktif bahwa bahaya dari perilaku merokok mereka ternyata bisa menjangkiti keluarga tercinta. Bagaimana perokok pasif bisa mendapatkan dampak yang lebih berbahaya walaupun mereka tidak merokok secara langsung?

Faktanya merokok adalah hal buruk bagi kesehatan Anda dan juga orang lain. Saat seseorang merokok, sebagian besar asapnya tidak masuk ke paru-paru perokok. Namun, sebagian besar asap rokok dilepaskan ke udara, sehingga asap dapat dihirup oleh perokok pasif. Meski tidak secara langsung merokok, perokok pasif bisa turut terkena dampak buruknya juga. Makin sering seseorang terpajan atau terpapar asap rokok, makin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang dialaminya.

Ketika dihembuskan oleh perokok, asap rokok tidak hilang begitu saja. Asap rokok dapat bertahan di udara hingga 2,5 jam. Asap rokok akan tetap ada meski tidak terdeteksi oleh indera penciuman maupun penglihatan Anda. Hal ini juga berlaku di tempat tertutup yang tidak luas, seperti di dalam mobil. Bahkan, asap rokok mungkin masih ada dalam jumlah besar meskipun orang tersebut telah berhenti merokok.

Senantiasa menghirup asap rokok secara pasifdapat meningkatkan risiko seseorang untuk terserang kanker paru-paru sebanyak 25 persen. Selain itu,perokok pasif juga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, dan gagal jantung.

Efek Buruk Asap Rokok

Asap tembakau mengandung sekitar 4000 bahan kimia dan lebih dari 50 di antaranya telah dikaitkan dengan kanker. Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik sementara maupun dalam jangka panjang. Terpajan asap rokok dapat menimbulkan gejala seperti mata teriritasi, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, dan pusing.

Setidaknya, dalam asap rokok terkandung beberapa jenis bahan kimia, seperti hidrogen sianida (gas yang sangat beracun yang digunakan dalam senjata kimia dan pengendalian hama), benzene yang ditemukan pula di dalam bensin, formaldehida (bahan pengawet yang digunakan untuk membalsem mayat), dan karbon monoksida(gas beracun yang ditemukan di dalam knalpot mobil).

Perokok pasif tentu berpotensi mendapatkan penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernafasan layaknya asma atau kanker paru-paru. Asma, sulit, bernafas, hingga batuk berkepanjangan beresiko didapatkan para perokok pasif. Disamping itu, kanker paru-paru juga bisa disebabkan oleh asap rokok yang tidak sengaja dihirup perokok pasif. Sebuah data bahkan menunjukkan bahwa 20-30 persen penderita kanker paru-paru di dunia ternyata adalah perokok pasif. Selain itu, perokok pasif juga beresiko mendapatkan serangan jantung atau stroke secara mendadak karena darah yang terpapar kandungan asap rokok cenderung menjadi lebih lengket dan memicu penyumbatan pada pembuluh darah.

Jika anda menyayangi keluarga anda, akan lebih baik jika anda tidak merokok di depan anak atau pasangan tercinta agar keluarga anda tidak terpapar resiko penyakit mengerikan di masa depan. Akan lebih baik juga jika anda berhenti merokok secara total karena merokok tidaklah baik bagi kesehatan anda sendiri dan juga orang-orang yang ada di sekitar anda.

Langkah paling baik untuk menghindari keinginan merokok adalah dengan ber-olah raga, yaitu olah gerak yang aktif untuk melatih kebugaran tubuh kita terlepas apapun bentuk olah raganya.

Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal serta menjaga vitalitas bagi tubuh anda secara prima (klik duniabugar.com atau WA / SMS 081 212 212 445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar