Perlu Makan Sebelum Berlari?

Perlu Makan Sebelum Berlari?

Lari menjadi olahraga yang cukup populer saat ini, berbagai kalangan mulai menyukainya. Selain asik, lari juga membakar banyak kalori dan menghasilkan banyak keringat.

Namun karena terbilang olahraga berat yang membutuhkan banyak tenaga, sebagian orang pun memilih untuk mengisi perut terlebih dulu sebelum melakukannya guna menambah tenaga mereka. Apakah perlu makan sebelum berlari?

Padahal menurut spesialis gizi, jika tujuannya untuk mengurangi berat badan, maka sebaiknya tidak makan sebelum melakukan olahraga lari. Ini karena tubuh justru akan membakar energi dari makanan, bukan dari cadangan lemak tubuh.

Makan atau tidak sebelum berlari itu tergantung tujuannya. Kalau tujuannya untuk mengurangi berat badan sebaiknya tidak makan, Samuel menjelaskan, tubuh memiliki cadangan lemak yang disimpan dalam bentuk glikogen. Cadangan tersebut sebenarnya didapat dari energi (glukosa) dari makanan yang tidak segera digunakan.

Saat berlari, imbuh Samuel, tubuh membutuhkan tenaga lebih banyak sehingga glikogen akan diubah kembali menjadi glukosa dan dimanfaatkan sebagai sumber tenaga. Kebalikannya, ketika makan dulu sebelum berlari, glukosa dalam darah tinggi sehingga tubuh “lebih memilih” untuk langsung membakarnya daripada mengambil cadangan lemak.

Pola latihan, lanjutnya, juga berpengaruh terhadap pembakaran cadangan lemak. Menurut dia, pola latihan yang dengan intensitas yang konstan dan dilakukan dalam waktu lama lebih efektif untuk membakar lemak daripada latihan yang dilakukan dengan intensitas tinggi dengan gerakan yang cepat dengan waktu yang lebih singkat.

Kalau latihan dilakukan dengan intensitas tinggi dan waktu singkat lebih banyak yang terbakar justru protein, bukan lemak, Beberapa personal trainer juga mengatakan makan makanan ringan sebelum melakukan olahraga lari benar dapat menambah energi. Namun perlu diperhatikan juga jenis makanan dan jeda waktu menyantapnya sebelum memulai lari.

Kalau jenis makanannya membutuhkan proses cerna yang rumit seperti karbohidrat atau protein sebaiknya diberi jeda dua jam sebelum lari agar tidak menimbulkan kram perut, Nah sudah jelaskan, sekarang tujuan Anda berlari untuk apa, untuk bersenang-senang atau untuk membakar lemak :D

Apa pendapatmu?

comments

Related Posts

6 Olahraga Populer di 2013

Kurus Tetap Beresiko Sakit Jantung

Kurus Tetap Beresiko Sakit Jantung

6 Cara Ampuh Kendalikan Kolesterol

6 Cara Ampuh Kendalikan Kolesterol

Mengapa Lemak Perut Berbahaya

Mengapa Lemak Perut Berbahaya

Galeri Bugar