Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus

Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus

Melakukan upaya pencegahan semenjak dari awal atau sebelum terkena penyakit diabetes merupakan suatu tindakan yang sangat bijaksana. Upaya pencegahan diabetes atau pencegahan diabetes melitus seharusnya sudah menjadi kesadaran kita bersama, ingat : “MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI”.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang cukup mematikan. Lebih-lebih lagi diabetes melitus bisa dikatakan sebagai gerbang untuk penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, penyakit kanker, dan penyakit berat lainnya. Jangan pertaruhkan kesehatan Anda di masa yang akan datang dengan Anda teledor untuk mencegah penyakit diabetes ini, kasus kematian yang dikarenakan oleh penyakit diabetes melitus terus meningkat setiap bulannya. Selain itu penyakit diabetes melitus bisa dikategorikan penyakit kronis sama halnya seperti penyakit jantung, kanker dan peyakit yang berat lainnyai.
Cara pencegahan penyakit diabetes melitus

Pada prinsipnya terdapat 2 macam pencegahan terhadap penyakit Diabetes melitus, yaitu Pencegahan Primer dan Pencegahan Sekunder.

1. Pencegahan Primer
Pencegahan penyakit diabetes melitus secara primer ini adalah merupakan tahap awal pencegahan terjadinya diabetes, Salah satunya selalu memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit diabetes baik secara genetik ataupun karena faktor lingkungan. pencegahan pada orang yang belum terindikasi penyakit diabetes, Adapun cara pencegahan primer diantaranya selalu menjaga pola makan sehari-hari, selalu melakukan olahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan menghindari obat-obatan yang dapat menimbulkan penyakit diabetes.

2. Cara pencegahan sekunder
Cara pencegahan sekunder ini bertujuan untuk menghambat persebaran penyakit diabetes militus yang sudah ada dalam tubuh mengkoplikasi penyakit yang lain. Dengan pencegahan sekunder ini banyak sekali hal yang harus dilakukan salah satunya melakukan pendeteksi dini pada penderita diabetes melitus. Setelah didapatkan hasil untuk memperkuat diagnosa dari perkembangan penyakit diabetes melitus maka yang harus Anda lakukan untuk tahap pencegahan sekunder ini adalah sebagai berikut : Sering melakukan pengetesan kadar gula darah dalam tubuh, Selalu menjaga berat badan supaya stabil, jika sudah memiliki berat badan yang lebih maka usahakan untuk menurunkannya, melakukan diet makanan secara ketat dan selalu melakukan olahraga secara teratur sesuai dengan kemampuan fisik Anda

Anda harus tahu bahwa biaya pengobatan penyakit diabetes atau pengobatan diabetes melitus tidaklah murah ketika Anda sudah tervonis terserang penyakit diabetes melitus tahap parah. Jadi segera lakukan berbagai upaya untuk Anda bisa mencegah diri dari terjangkitnya penyakit diabetes mellitus.
Ada beberapa upaya yang bisa atau bahkan harus Anda lakukan untuk Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

1. Terapkan pola hidup sehat
Buatlah hidup Anda teratur dan terjadwal didalam menjalankan aktivitas kehidupan. Ketidak teraturan dalam pola hidup akan sengat mempengaruhi kerja berbagai organ dan kelenjar

2. Kurangi konsumsi gula
Seperti yang telah disampaikan diatas, agar anda terhindar dari penyakit diabetes maka anda wajib mengurangi konsumsi makanan manis. Sebaiknya, anda mengganti gula anda dengan gula rendah kalori seperti gula jagung. Namun disamping itu mengkonsumsi terlalu banyak nasi juga tidak baik. Karena nasi mengandung banyak gula yang dapat memicu timbulnya penyakit diabetes melitus.

3. Terapkan pola hidup sehat dan makan yang baik dan sehat
Agar senantiasa menjaga kesehatan tubuh, menjaga pola hidup yang sehat adalah hal yang paling utama, biasakan olahraga setiap hari serta hindarilah makanan-makanan yang memicu munculnya penyakit diabetes melitus. jaga diri Anda dari masuknya asupan makanan yang tidak sehat dan beresiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang. Contoh makanan yang menyebabkan penyakit diabetes mellitus adalah makanan dengan tinggi lemak, makanan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan, permen, es campur, kue tart, dan makanan-makanan manis lainnya.

4. Jaga kondisi mental spiritual Anda
Jauhkan diri anda dari kondisi stres yang berkepanjangan, jauhi dari sikap suka marah, dan selalu menjalin hubungan dengan Tuhan dengan berbagai Ibadah sesuai kepercayaan anda, karena kondisi mental spiritual sangat berpengaruh terhadap kesehatan, karena daripadanya anda akan memperoleh ketenangan jiwa.

5. Lakukan aktivitas fisik secara rutin
Lakukan aktifitas fisik secara rutin guna menggerakkan seluruh organ tubuh kita, aktivitas fisik ini bisa dilakukan dengan olahraga, pekerjaan yang penuh dengan aktifitas fisik seperti berbelanja ke pasar dengan jalan kaki, naik sepeda dan lain sebagainya

6. Jaga berat bandan pada batas ideal
Anda mengalami Obesitas atau kegemukan? Segera turunkan berat badan Anda. Obesitas memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk seseorang terserang berbagai penyakit berat seperti jantung koroner, kanker, dibetes melitus, dan penyakit berat lainnya. Agar tubuh tetap berada pada kondisi sehat, pastikan bahwa berat badan anda masuk dalam berat badan ideal. Jika anda mendapati berat badan yang berlebihan, sebaiknya anda segera melakukan diet rendah kalori dan menambah aktivitas olahraga agar berat badan kembali ke semula.

7. Jauhi rokok dan minuman beralkohol
Anda merokok dan suka minuman beralkohol? Hati-hati ! Anda telah menyiapkan masa depan yang sangat membahayakan terhadap kesehatan Anda. Anda sengat rentan untuk terserang penyakit diabetes dan penyakit berat lainnya dikemudian hari. Jadi Stop rokok anda mulai sekarang juga atau rokok yang akan menyetop segala aktivitas anda.

8. Perbanyak minum air putih
Daripada minum minuman lain, air putih merupakan minuman yang paling baik bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk menghindari minuman-minuman manis seperti teh manis, es campur dan lain-lain, sebaiknya anda membiasakan diri untuk selalu minum air putih. Standartnya adalah 8 gelas sehari.

9. Konsumsilah berbagai bahan herbal yang bisa mencegah dibetes melitus
Di alam sekitar banyak tersedia bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, antara lain :

1. Mengkudu
Buah mengkudu banyak mengandung Proxeroni yang merupakan zat yang dapat membentuk alkaloid yang berfunsi untuk membuka pori pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan inilah yang membuat mengkudu cukup baik untuk dijadikan obat diabetes. Caranya :
 Ambil 1 buah mengkudu
 Kemudian diblender, setelah itu peras airnya
 Masukkan air atau ekstrak mengkudu ke dalam gelas
 Jika Anda tidak tahan dengan rasa dan baunya, Anda juga bisa manambahkan sedikit madu

2. Kunyit
Kunyit sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Oleh karena itu, ini bisa menjadi obat diabetes alami yang paling mudah digunakan. Karena sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, maka kunyit bisa dijadikan solusi alternatif untuk mengobati penyakit gula darah atau diabetes. Caranya :
 ambil 1 rimpang kunyit dan tambahkan dengan setengah sendok garam.
 Kemudian rebus dalam satu liter air hingga air mendidih.
 Saring air rebusan tersebut dan biarkan agar dingin.
 Setelah dingin, minumlah air rebusan kunyit tersebut cukup setengah gelas saja.
 Minumlah secara teratur dua kali dalam satu minggu.
Dengan cara ini, kadar gula darah penderita diabetes akan stabil sehingga mencegah komplikasi penyakit lainnya.

3. Tanaman mahkota dewa
Tanaman herbal lainnya yang mampu atasi penyakit diabetes adalah tanaman mahkota dewa. Bahkan kepopuleran tanaman mahkota dewa belakangan ini semakin naik karena manfaatnya yang begitu penting dalam pengobatan berbagai penyakit. Untuk mengobati penyakit diabetes dengan tanaman mahkota dewa juga tidak sulit, caranya :
 Siapkan 3 hingga 5 tangkai tanaman mahkota dewa.
 Kemudian tambahkan 3 lembar daun salam dan cuci hingga bersih.
 Rebus menggunakan air 3 gelas dan terus rebus agar mendidih sampai air hanya tersisa setengah gelas.
 Minumlah air rebusan tersebut setiap hari agar penyakit diabetes bisa diatasi.

4. Tanaman brotowali
Ini merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama. Rasanya yang pahit sering dibuat untuk campuran jamu sehingga sangat khas. Khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit membuatnya semakin populer di kalangan masyarakat. Salah satu manfaatnya yang cukup ajaib yaitu untuk menyembuhkan penyakit gula darah ini. Resep pengobatan diabetes dengan tanaman brotowali juga sangat mudah dibuat. Caranya :
 ambil batang tanaman brotowali kira-kira sebesar jari atau 10cm.
 Tambahkan satu genggam akar pepaya dan rebus kedua bahan alami tersebut.
 Rebus hingga mendidih dan biarkan agar dingin baru minum air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit diabetes.

5. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan tanaman alami yang dapat mengatasi masalah penyakit diabetes. Kemangi merupakan daun yang biasa digunakan sebagai lalapan dan biasa dimakan dengan menggunakan sambal. namun selain itu, manfaat daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gula darah. Daun kemangi memiliki suatu kandungan yang dapat membantu proses sekresi insulin pada tubuh, jadi kadar gula darah akan tetap stabil. Cara mengonsumsinya pun seperti biasa dan cukup digunakan sebagai lalapan. Karena kemangi dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka pastikan kebersihannya terjaga.

6. Buncis
Buncis juga menjadi salah satu obat diabetes kering yang cukup efektif. hal ini karena kandungan B-sitosterol pada buncis bisa mempercepat produksi insulin di dalam tubuh, namun tetap menjaga insulin tetap normal di dalam tubuh. Buncis obat diabetes ini mampu mengurangi gula darah jika Anda bisa mengolahnya dengan benar. Berikut cara membuat obat diabetes alami dari Buncis :
 Siapkan 1/2 Kg yang sudah dicuci bersih
 Kemudian buncis di rebus menggunakan 2 gelas air.
 Setelah mendidih angkat buncis dan masukkan ke dalam gelas.
 Minum ramuan alami tersebut pagi dan malam sebelum tidur.
Jika Anda tidak mau repot, Anda juga bisa memakannya secara mentah atau menjadikan buncis sebagai jus, namun jangan ditambahkan gula.

Itulah beberapa hal dan upaya yang harus Anda lakukan untuk anda bisa melakukan pencegahan penyakit diabetes melitus. Semoga dengan langkah upaya di atas Anda akan terhindar dari Penyakit Diabetes Melitus, bahkan juga berbagai penyakit berat dan ringan lainnya.
Selamat mencoba…

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar