Olah Raga Untuk Membakar Lemak Tubuh

Olah Raga Untuk Membakar Lemak Tubuh

Membakar Lemak tubuh melalui olah raga Kardiovaskular¬†High Intensity Interval Training…

Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, rutin berolahraga penting untuk dilakukan. Jenis olahraga yang tepat untuk membakar kalori dan lemak adalah latihan aerobik atau kardio. Selain membantu efektivitas program diet Anda, latihan kardio juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Mari mengenal lebih lanjut latihan kardio, serta tips-tipsnya agar hasil latihan lebih optimal.

Apa sih latihan kardio?
Latihan kardio atau aerobik merupakan aktivitas fisik yang dilakukan dengan intensitas sedang dalam jangka waktu yang lama. Jika dilakukan dengan intensitas yang tepat dan secara rutin, latihan kardio efektif membantu menjaga kesehatan jantung dan membakar lemak tubuh.
Latihan kardiovaskular atau biasa kita kenal sebagai latihan aerobik adalah jenis latihan yang banyak memberikan manfaat bagi tubuh terutama bagi kesehatan jantung. Latihan aerobik adalah jenis latihan yang termurah dan mudah untuk dijalani. Misalnya latihan aerobik yang biasa kita lakukan adalah jogging, senam aerobik, bersepeda, lari, atau senam. Manfaat latihan kardio selain untuk meningkatkan kebugaran badan juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk meningkatkan pembakaran lemak.
Saat ini, ada berbagai macam pengembangan jenis latihan kardiovaskular, dan yang terkenal keefektifannya adalah HIIT (High Intensity Interval Training).

HIIT adalah jenis latihan kardiovaskular yang menggabungkan jenis latihan intensitas tinggi dengan jenis latihan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Sebagai contoh latihan HIIT ialah dengan mengabungkan latihan sprint dengan jogging. Misalnya 60 detik anda melakukan lari-lari kecil santai kemudian setelah 60 detik dilanjut sprint selama 30 detik demikian seterusnya. Jenis latihan ini bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja seperti di jogging track atau di gym pada alat treadmill.
Berapa frekuensi yang tepat?
HIIT sangat efektif karena olah raga ini selain membakar lemak juga dapat meningkatkan kinerja jantung yang berimbas pada metabolisme tubuh yang juga meningkat tajam. Metabolisme di sini berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Selain metabolisme disaat latihan meningkat, pada saat istirahat pun metabolisme tersebut ikut meningkat pula sehingga dalam keadaan istirahat pun tubuh kita tetap dalam kondisi membakar lemak.
Disamping meningkatkan pembakaran lemak, olah raga ini juga mampu menjaga massa otot, sehingga otot tidak ikut hilang bersama pembakaran lemak. HIIT sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program fitnes cutting. Dengan HIIT dapat menghasilkan otot yang kering bebas lemak padat dan berisi.
Bagi para pemula, frekuensi olahraga yang terbaik di tahap awal adalah 3 kali dalam seminggu. Setelah itu, tingkatkan frekuensi latihan secara bertahap hingga mencapai 5-6 kali dalam seminggu.

Berapa lama untuk membakar lemak?
Lakukan latihan kardio lebih dari 30 menit untuk membakar lemak karena setelah 30 menit berolahraga lemak baru akan digunakan/dibakar. (Di awal latihan, lemak belum digunakan sebagai sumber energi. Tubuh masih akan menggunakan sumber cadangan energi lain, yaitu glikogen di otot, terlebih dahulu).
Bagaimana agar pembakaran lemak dapat optimal?
Agar lemak dapat terbakar, lakukan latihan kardio pada fat burning zone. Indikasi fat burning zone adalah jika detak jantung mencapai 60-80% MHR (MHR = Maximum Heart Rate = 220 – usia). Ini bisa Anda cek pada layar treadmill. Atau untuk mudahnya, indikasi bahwa Anda sudah mencapai zona ini adalah kalau Anda masih dapat berbicara namun sudah tidak dapat bernyanyi saat melakukan olahraga tersebut, untuk waktunya anda dapat melakukan latihan sesuai jadwal yang diinginkan, baik pagi ataupun sore. Yang terpenting adalah anda mempunyai niat untuk melakukannya dengan memilih waktu yang cocok untuk Anda sehingga bisa dilakukan secara rutin.

Selain Kardio HIIT, Jenis variasi olahraga lainnya apa yang tepat?
Selain latihan kardio Anda dapat memilih jenis olahraga yang disukai. Melakukan variasi jenis olahraga lain juga dapat dilakukan untuk menghindari kejenuhan sehingga olahraga akan rutin dilakukan, namun dengan melakukan olah raga HIIT ini saja apabila dilakukan secara rutin dan konsisten anda sudah akan merasa capek, namun silahkan saja apabila memang masih sanggup juga akan lebih baik, dan dengan berjalannya waktu anda akan dapat merasakan hasilnya.

Tips:
Pada awalnya mulailah dengan menetapkan target 30 menit setiap latihan, dan tingkatkan secara bertahap hingga 1 jam setiap latihan, semakin lama semakin meningkat.
Namun perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari jenis latihan ini harus didukung dengan faktor lain selain latihan itu sendiri yaitu mengatur pola makan yang teratur dan seimbang. Mengurangi makanan yang berlemak, memperbanyak minum air putih, mengkonsumsi suplemen pembakar lemak jika dirasa perlu, dan yang terpenting adalah niat dan motivasi anda harus selalu terjaga.

Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal (klik duniabugar.com atau WA 087777434999) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar