Meningkatkan Imunitas Dengan Bluberi dan Anggur Merah

Meningkatkan Imunitas Dengan Bluberi dan Anggur Merah

Memasuki puncak musim hujan ada baiknya Anda meningkatkan konsumsi buah tinggi Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya buah-buahan dengan vitamin C tinggi yang berperan dalam menguatkan imunitas. Menurut sebuah studi baru yang dimuat dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research, anggur merah dan bluberi juga dapat meningkatkan sistem imun.

Para peneliti menemukan, kedua buah tersebut mengandung senyawa yang disebut stilbenoid. Senyawa tersebut, bersama-sama dengan vitamin D dapat meningkatkan ekpresi gen peptida antimikroba katelisidin (CAMP) yang berperan dalam fungsi imun. Senyawa stilbenoid pada anggur merah disebut resveratrol, sedangkan pada bluberi disebutpterostilbene.

Adrian Gombart, ketua peneliti di Linus Pauling Institute Oregon State University mengatakan, dari ratusan senyawa yang diuji, hanya kedua senyawa tersebut yang benar-benar berfungsi meningkatkan sistem imun.

“Sinergi antara vitamin D untuk meningkatkan ekspresi gen CAMP sangat signifikan. Ini adalah interaksi yang menarik,” ujarnya profesor sains ini.

Gombart dan timnya mencatat, pemeriksaan laboratorium kedua senyawa pada kultur sel menunjukkan hasil yang baik. Kendati demikian, hal tersebut belum tentu dapat membuktikan bahwa makan bluberi dan anggur merah dapat memperbaiki fungsi imun.

Gen CAMP diketahui memiliki peran vital dalam pembentukan sistem imun, lini utama tubuh untuk melawan infeksi bakteri. Respon ini bertambah krusial karena melemahnya efektivitas banyak antibiotik akibat resistensi bakteri.

Studi sebelumnya menemukan hubungan yang kuat antara konsumsi vitamin D dengan kadar yang adekuat dengan fungsi gen CAMP. Sementara studi baru membuktikan adanya senyawa lain tertentu yang ikut berperan.

Apa pendapatmu?

comments

Related Posts

6 Makanan Hitam Yang Menjaga Kesehatan

6 Makanan Hitam Yang Menjaga Kesehatan

Tips Menjaga Khasiat Sayur Anti Oksidan

Tips Menjaga Khasiat Sayur Anti Oksidan

8 Makanan Anti Penuaan

8 Makanan Anti Penuaan

Menurunkan Kolesterol Dengan Bakteri Probiotik

Menurunkan Kolesterol Dengan Bakteri Probiotik

Galeri Bugar