Menghindari Kejenuhan Dalam Menjalankan Program Fitness

Menghindari Kejenuhan Dalam Menjalankan Program Fitness

Sudah pasti hampir semua orang ingin memiliki hidup yang sehat. Dan sudah pasti pula semua orang mengetahui bahwa cara untuk hidup sehat adalah dengan berolahraga, namun pertanyaannya mengapa masih banyak sekali orang merasa malas untuk berolahraga meskipun mereka sudah bergabung di salah satu gym?

Beberapa alasan orang berhenti atau mulai kurang bersemangat untuk melakukan latihan fitness di gym. Kebanyakan menjawab mereka tidak melihat hasil seperti yang diinginkan setelah melakukan program latihan fitness yang cukup berat dan juga mengkombinasikannya dengan program diet.
Sebenarnya motivasi untuk melakukan olah raga atau fitness khususnya harus muncul dari diri Anda sendiri. Anda yang tahu pasti apa tujuan Anda berlatih. Anda yang tahu apa yang membuat latihan menyenangkan. Jadi sebaiknya Anda pikirkan betapa senangnya perasaan Anda saat tujuan latihan Anda tercapai Namun apabila anda memang mulai merasakan semangat anda kendor dalam menjalankan program fitness anda sekarang, mungkin artikel ini bisa kembali memompa semangat anda untuk memotivasi dan menyemangati anda untuk menjalankan program fitness kembali.

Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Mendongkrak Semangat Melakukan Program Fitness
Setelah anda menyadari menurunnya semangat setelah menjalankan program fitness yang cukup berat yang mungkin sudah berjalan selama kurang lebih 2 hingga 3 bulan, maka cari solusi tentang bagaimana meningkatkan semangat berolahraga di dalam diri kita. Berikut ini adalah beberapa hal yang sangat membantu untuk mendongkrak kembali semangat anda :

1. Buat Jadwal Program latihan

Melakukan olahraga secara terus menerus bukanlah solusi yang tepat jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat. Malahan dengan terlalu sering melakukan olahraga terutama olahraga di gym dapat membuat semangat anda menurun. Hal ini dikarenakan anda merasakan lelah yang luar biasa dan kebosanan dalam diri andapun muncul. Oleh karenanya buat sebuah jadwal olahraga rutin anda agar tidak terlalu memaksakan diri dan juga dapat mengurangi kebosanan. Terkadang, kalau perlu ubah jadwal latihan tersebut satu bulan sekali.
Atau juga buatlah program khusus dalam melakukan latihan, ini adalah cara terbaik untuk memotivasi diri kita untuk selalu bersemangat ketika latihan. Misalnya saja kita awali dengan program 30 hari menurunkan berat badan. Jadi dalam 30 hari kedepan, fokus utama latihan adalah menurunkan berat badan. Lalu untuk selanjutnya, kita ganti programnya dengan program 30 hari membentuk tubuh, program 30 hari six pack, dan program – program lain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita, hal ini untuk mengatur kegiatan gym untuk menghindari rasa bosan, karena anda setiap bulan dapat merubah jenis gym anda.

2. Mendengarkan musik saat latihan

Menjalankan latihan seringkali mendatangkan rasa bosan, namun hal tersebut dapat disiasati dengan mendengarkan music melalui headset, sehingga kita menjalani latihan dengan fokus, tenang, gembira, tanpa terganggu suara atau kondisi disekeliling kita, pilih lagu yang bersemangat, gembira dan sesuai dengan selera kita sambil mengkhayalkan suasana atau hal-hal yang menggugah suasana hati dan pikiran kita terhadap hal-hal yang membahagiakan.

3. Mengajak teman ikut serta

Selain menggunakan musik, anda dapat datang ke gym bersama teman hal ini bertujuan agar anda merasa percaya diri dan ada teman yang bisa diajak berkomunikasi serta dengan adanya orang yang kita kenal di gym, selain itu teman anda dapat dijadikan partner dalam berlatih dengan memiliki partner dalam berlatih, maka Anda bisa saling mengingatkan jadwal latihan, Jembantu dalam berlatih, serta membuat latihan menjadi lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman latihan atau cerita seru lainnya.

4. Miliki beberapa Variasi Latihan

Jika ada satu jenis latihan yang tidak Anda sukai atau Anda merasa bosan, maka ganti dengan latihan lain untuk melatih otot yang ingin Anda latih tersebut, milikilah selalu pandangan positif saat berlatih. Katakan pada diri Anda bahwa Anda sangat menikmati latihan dan Anda telah melakukan latihan tersebut dengan baik, dan enjoy.
Jika Anda bosan dengan latihan kardio yang biasa Anda lakukan, coba lakukan latihan kardio dalam bentuk lain yang Anda suka. Kalau Anda bosan dengan treadmill atau sepeda statis, Anda bisa melakukan kardio di luar ruangan, seperti bersepeda, berenang, tenis, dan kegiatan lain sesuai kesukaan Anda.

5. Motivasikan Latihan untuk kesehatan

Ini yang paling penting. Jangan hanya berlatih agar tubuh menjadi kurus atau ideal. Atau berfokus untuk membentuk tubuh semata, namun lebih dari itu, berlatihlah dengan tujuan mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Kesehatan adalah hal yang paling penting dari semua goal yang ingin Anda capai. Buat tujuan olah raga selain untuk membentuk tubuh juga motivasi untuk menjaga kesehatan, apa artinya jika anda berhasil langsing tapi malah sakit-sakitan? Tentu akan menjadi masalah baru bagi Anda. Oleh karena itu, jangan terlalu terbebani dengan goal Anda, tapi pastikan Anda mendapatkan manfaat sehat dari latihan yang Anda lakukan.

6. Menonton Kontes Fitness atau Binaraga

Untuk lebih memotivasi diri, perlu membangkitkan motivasi bagi diri sendiri, sesekali Anda bisa memilih kontes apa yang ingin anda tonton. Untuk di Indonesia, kontes fitness atau binaraga yang paling terkenal adalah UBC / Ultimate Body Championship. Dengan melihat para pesertanya yang memiliki tubuh atletis, badan yang indah maka anda pasti semakin bersemangat dan menimbulkan motivasi untuk ingin memiliki hal yang sama.

Dengan melakukan kiat-kiat tersebut mudah-mudahan akan dapat menginspirasi anda untuk kembali bersemangat melakukan olah raga fitness anda, agar dapat mencapai tujuan dan menjaga kesehatan anda, ingat bahwa Fitness bukan cara instan membentuk tubuh, namun perlu waktu serta ketekunan untuk melakukannyadengan baik dan benar hingga membuahkan hasil.

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar