Mengenal Penyakit Ginjal

Mengenal Penyakit Ginjal

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu penyakit ginjal? Apakah Anda ingin mengetahui penyakit ini?
Mengetahui penyakit ginjal sejak dini bisa membuat Anda lebih berhati-hati menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit ini. Penyakit apapun hampir tidak mau menyerang tubuh kita. Kita berharap bisa tetap sehat dan bugar sampai kapan pun juga. Maka, tidak ada salahnya kita mulai dengan memahami lebih jauh setiap penyakit, salah satunya adalah penyakit ginjal.

Mengenali penyakit ginjal dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Misalnya: membaca buku, bertanya ke dokter, mencari di internet, mengikuti seminar, sering bertukar informasi dengan sesama penderita, mengikuti berbagai grup diskusi di Facebook, twitter, dll

Gambaran Umum Penyakit Ginjal
Ginjal adalah sebagai salah satu alat pengeluaran (ekskresi), ginjal bekerja membuang sampah sisa motabolisma yang terjadi pada tubuh manusia. Juga secara sistematis membuang cairan yang berlebihan dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari.
Bila ginjal tidak berfungsi, atau dalam dunia kedokteran disebut sebagai gagal ginjal, maka akibatnya sisa metabolisma yang tidak dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri.

Racun ini, lanjutnya akan menimbulkan keluhan mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran. Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak diatasi segera orang yang mengalami gagal ginjal akan menemui kematian.
Menurut kejadianya gagal ginjal dapat dibagi atas gagal ginjal akut yang timbul secara tiba-tiba dalam hitungan hari dan minggu. Sedangkan gagal ginjal kronik timbul perlahan secara menahun.

Gagal ginjal akut jika dilakukan pengobatan yang tepat, akan dapat disembuhkan. Sedangkan gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan, dan harus menjalani pengobatan seumur hidup,.
Penyebab gagal ginjal akut dapat disebabkan oleh peristiwa yang terjadi secara akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi segera dan kekurangan darah pada orang luka dan operasi, infeksi berat serta keracunan obat dan zat kimia tertentu. Bila tidak ditangani dengan baik gagal ginjal akut ini akan berubah menjadi gagal ginjal kronik yang permanen.

Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal sangat menakutkan sebab jika sudah terserang penyakit ini selain rasa sakit yang mendera juga dibutuhkan perawatan yang tidak sederhana. Bahkan ada yang harus mengganti ginjal hingga melakukan cuci ginjal.
Sebetulnya penyakit apapun ingin kita hindari. Tidak ada penyakit yang enak. Semua penyakit menyakitkan.

Namun, walau banyak yang ingin menghindari penyakit tapi banyak orang yang tidak melakukan tidakan untuk menghindarinya bahkan justu melakukan banyak hal yang akan memicu penyakit tersebut, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat, ingin serba praktis, ingin serba cepat, dan kurangnya memerhatikan kebutuhan tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Lantas, apa ya yang menyebabkan penyakit ginjal itu?

Penyebab penyakit ginjal ada berbagai macam.

Ada penyakit ginjal yang disebabkan oleh karena reaksi terhadap obat golongan tertentu,seperti obat antiinflamasi non steroid yang dalam dunia medis disebut juga dengan istilah non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), analgesik, diuretik (peluruh kencing), dan antibiotik.
Berbagai contoh NSAID adalah: aspirin, asam mefenamat, asam tiaprofenat, celecoxib, diclofenac, ibuprofen, indomethacin, ketoprofen, ketorolac, meloksikam, naproksen, parekoksib, piroksikam, sulindac atau sulfide.

Penggunaan obat golongan analgesik (pereda nyeri dan pengurang rasa sakit) secara berlebihan seperti: aspirin, paracetamol (acetaminophen), dan phenacetin juga dapat menyebabkan penyakit ginjal menahun yang disebut chronic interstitial nephritis (CIN) dan terkadang juga menimbulkan kematian jaringan pada ginjal atau biasa disebut papillary necrosis.

Penyebab penyakit ginjal CIN lainnya adalah kelebihan intake (asupan) timah atau cadmium, radiasi, penyakit sarcoidosis, dan Balkan nephropathy (suatu penyakit endemis bersifat menahun, disebut juga endemic chronic interstitial disease, yang menjangkiti semua negara di sekitar laut Balkan).
Untuk diuretik, ada beberapa golongan, antara lain: loop diuretics, seperti: furosemide, bumetanide, dan asam ethacrynic.

Ada diuretik golongan thiazides, seperti: hydrochlorothiazide, chlorthalidone, dan indapamide. Ada juga golongan potassium sparing diuretics, seperti: amiloride, triamterene, dan spironolactone. Untuk antibiotik ada banyak sekali macamnya, namun yang paling berisiko tinggi menyebabkan penyakit ginjal adalah penicillin, cephalosporin, rifampin (atau disebut juga rifampicin), dan golongan sulfonamide.
Penyebab penyakit ginjal lainnya, seperti: acute interstitial nephritis, dapat disebabkan oleh: peradangan atau inflamasi, infeksi ginjal atau sistemik, perjalanan penyakit ginjal yang disebut acute pyelonephritis.

Gout, pirai, atau asam urat menyebabkan kelebihan ekskresi urat dan kristal urat juga dapat mencetuskan gangguan di ginjal di bagian tubules yang menyebabkan obstruksi atau sumbatan tubular dan memicu inflamasi atau peradangan.
Penyebab penyakit ginjal lainnya seperti renal artery stenosis, yaitu: berbagai penyakit antara lain: kondisi atherosclerotic, merokok, diabetes mellitus (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), adanya riwayat keluarga, hyperlipidemia, fibromuscular dysplasia, peradangan Takayasu, arteritis, neurofibromatosis, dan tekanan ekstrinsik.

Gejala / Tanda Penyakit Gagal Ginjal

Tanda2 gagal ginjal akut antara lain : nyeri pinggang yg amat sangat sakit (kolik), bengkak mata, bengkak kaki, saat kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah (ada darah), sering kencing. Ada Kelainan Urine, al: ada protein dlm urine, ada eritrosit, sel darah putih / lekosit, bakteri dalam urine.

Gejala gagal ginjal kronik antara lain : mual, muntah, bengkak2, lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan berkurang, , kencing berkurang, gatal, sesak napas, wajah pucat /anemia. Kelainan urin: ada protein, eritrosit, lekosit dalam urine. Kelainan hasil pemeriksaan Lab yg lain: creatinine darah naik, Hb turun; Urine: protein selalu positif (selalu ada protein dalam urine).

Pengobatan Penyakit Ginjal

Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy untuk mengobati penyakit tsb, misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.
Pengobatan gagal ginjal dimulai dengan pembatasan cairan. Selain itu mengurangi makanan yang mengandung protein, garam dan fosfat. Bila tidak dapat diatasi secara konservatif, maka harus dilakukan cuci darah (dialysis).
Pada gagal ginjal kronik , umumnya harus dilakukan cuci darah seumur hidup atau menjalani transplantasi ginjal.

Pencegahan Penyakit Gangguan Ginjal

Pencegahan penyakit gagal ginjal dapat dilakukan antara lain mengatasi penyakit penyebab. Bila kita menderita diabetes atau hipertensi, harus ditangani dan dikendalikan dengan seksama. Bila terdapat batu ginjal harus dikeluarkan dengan segera. Bila sering terjadi infeksi ginjal harus diobati dengan tepat.

Sebaiknya tidak menggunakan obat semaunya, karena bannyak sekali obat yang diketahui merusak ginjal ,termasuk obat anti sakit dan obat rematik serta jamu-jamuan yang biasa dijual bebas di warung-warung.
Lakukan gaya hidup sehat , makan makanan dengan gizi seimbang, menjaga berat badan ideal , tidak mengkonsumsi alkohol, diet sodium, menghindari asupan asam lemak jenuh dan kolesterol, mengatur asupan kalium dan magnesium, meningkatkan aktivitas fisik dan hindari rokok.

Penyakit ginjal dapat menyerang semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, Jadi apabila anda mengalami keluhan sebagaimana tersebut diatas segeralah lakukan pemeriksaan, konsultasikan dengan dokter segera…

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar