Mengenal alat fitnes dan kegunaanya (2)

Mengenal alat fitnes dan kegunaanya (2)

Mengenal alat fitnes dan kegunaanya

Pada bagian pertama artikel ini sudah kami perkenalkan berbagai macam alat fitnes yang penggunaannya dipakai secara manual, untuk melengkapi berbagai jenis alat fitnes agar kita dapat lebih mengenal serta menggunakannya berikut disajikan beberapa Alat fitnes Mesin dan kegunaannya.
Alat fitnes mesin umumnya berbentuk sebuah alat berukuran besar dan komplek yang digunakan untuk mengisolasi latihan agar mendapatkan hasil maksimal pada otot tertentu. Alat fitnes mesin memiliki beberapa keuntungan dalam menggunakannya, antara lain:

  1. Membantu tubuh agar mudah dalam melakukan suatu gerakan fitness.
  2. Resiko cidera menjadi lebih kecil.
  3. Dapat mengkonsentrasikan latihan pada otot tertentu sesuai yang kita inginkan.

Alat fitnes mesin dibagi menjadi 2 yaitu single station dan multi station. Single station digunakan hanya untuk 1 gerakan sedangkan multi station dapat digunakan untuk macam-macam gerakan.

Macam-macam mesin fitness:

1. Abs crunch machine
Seperti namanya, alat ini tentu saja melatih otot perut. Dengan menggunakan alat ini kita dapat melakukan crunch dan menjadikannya menjadi lebih menantang dengan meningkatkan tekanan pada mesin ini. Dengan meningkatnya intensitas crunch yang kita lakukan tentu saja latihan yang ini akan memberikan kita hasil yg baik.

2. Static bicycle
Static bicycle atau sepeda statis adalah alat untuk bersepeda didalam ruangan. Selain untuk melatih otot kaki, alat ini biasanya digunakan untuk membakar lemak atau cardio. Kecepatan dan tekanan dalam mengayuhnya dapat diatur menyesuaikan dengan kemampuan kita.

3. Leg press machine
Alat ini gunakan untuk latihan leg press dan membentuk otot paha dan betis. Dengan menggunakan alat ini kita dapat menambahkan tingkat kesulitan latihan leg press dengan menambahkan beban ke alat ini.

4. Treadmill
Treadmill merupakan alat yang sangat umum ditemukan di gym dan umumnya digunakan untuk latihan cardio atau pembakaran lemak. Treadmill sendiri adalah alat yang digunakan untuk melakukan jalan atau lari di tempat. Mesin ini sangat praktis karena kecepatan nya dapat diatur dengan kemampuan lari kita. Selain ini biasanya alat ini dapat diatur ke mode latihan dimana kita akan mengikuti kecepatan treadmill yang berubah-ubah untuk meningkatkan kemampuan lari kita. Treadmill memang sebuah alat gym yang relatif mahal jika anda ingin memilikinya di rumah, harga treadmill umumnya sekitar 5.000.000 – 10.000.000. Namun jika anda menginginkan treadmill murah anda dapat mempertimbangkan untuk membeli treadmill bekas ataupun treadmill manual.

5. Chest press machine
Chest press machine adalah mesin yang akan mengisolasi latihan pada otot dada. Menggunakan alat akan merepresentasikan gerakan mendorong yang mengakibatkan tekanan ke arah dada. Tingkat kesulitan dan beban pada alat ini dapat di sesuaikan dengan kemampuan kita.

6. Squat hack machine
Alat ini adalah alat untuk melatih otot paha. Alat ini meniru gerakan squat namun kita dengan menambahkan beban sehingga gerakan squat dengan alat ini jadi lebih menantang.

7. Barbell Machine
Fungsi barbel mahine adalah sebagai penopang agar gerakan kita menjadi stabil ketika menggunakan mangangkat barbel sehingga resiko cidera pun dapat terhindarkan. Alat ini juga meungkinkan kita untuk menggunakan barbell dengan posisi tubuh berbaring di bench.

8. Eliptical Machine
Mesin ini merepresentasikan cara kita berjalan. Dengan eliptical machine ini kita melatih otot kaki yang biasa kita gunakan untuk berjalan dengan cara menambahkan tekanan yang harus kita lakukan lebih dari ketika kita berjalan biasa.

9. Shoulder press machine
Seperti namanya, mesin ini melatih otot bahu anda. Menggunakan alat ini akan memaksa bahu kita untuk menekan kebawah yang mana sangat sulit dilakukan tanpa menggunakan alat ini.

10. Bicep curl machine
Mesin bicep curl ini berfungsi untuk melatih otot bicep. Menggunakan alat ini akan membuat kita seperti melakukan bicep curl dengan barbel namun dengan posisi tubuh yg lebih baik dan stabil sehingga otot yang ingin dilatih pun dapat terisolasi dengan baik.

11. Tricep Machine
Kebalikan dengan bicep curl, alat ini untuk membentuk otot tricep. Mesin ini membuat anda melakukan gerakan menarik beban ke arah bawah yang akan melatih otot tricep anda. Beban yg ditarik dapat disesuaikan menurut kemampuan anda.

Aksesoris fitness
Selain alat fitnes yang digunakan untuk melatih otot-otot kita, diperlukan juga aksesoris untuk mendukung program latihan kita. Aksesoris-aksesoris tersebut berguna untuk mempermudah kita dalam melakukan latihan dan mengurangi resiko cidera.

Macam-macam aksesoris fitness:

1.Sarung tangan fitnes
Sarung tangan fitnes adalah alat yang penting dalam latihan angkat beban. Jika kita sering mengangkat beban berat berulang-ulang tanpa menggunakan pelindung tangan maka akan terjadi pengapalan di tangan kita. Tentu saja kita tidak menginginkan hal ini karena tangan akan terasa perih juka pengapalan itu terjadi pada tangan kita. Karena itu untuk menghindari masalah yang satu ini kita membutuhkan sarung tangan fitnes.

2. Sabuk Fitnes
Ketika anda masuk ke gym biasanya anda akan melihat orang-orang mengenakan sabuk ketika mereka mengangkat beban. Anda pasti bertanya apa sebenarnya fungsi sabuk tersebut? Sabuk ini sebenarnya berfungsi untuk menghindari resiko cedera pada punggung. Cidera punggung bisa diakibatkan karena postur tubuh kita tidak baik ketika melakukan angkat beban. Sabuk inilah yang dapat mempertahankan postur tubuh kita agar terhindar dari cedera punggung.

3. Sepatu fitnes
Sepatu memiliki peran yang besar untuk menunjang latihan kita. Namun tidak semua sepatu bisa digunakan untuk fitnes. Setiap sepatu olahraga memiliki desain yang berbeda menyesuaikan dengan jenis olahraganya. Karena itu Sebaiknya kita memilih sepatu yang memang dirancang untuk latihan fitnes agar mengoptimalkan latihan dan hasil yang kita dapat.

Itulah beberapa alat fitnes dan kegunaanya. Sangat penting untuk memilih dan menggunakan alat-alat tesebut sesuai dengan program fitness yang kita jalani agar latihan yang kita lakukan dan hasil yang kita dapat menjadi maksimal. Semoga infomasi mengenai alat fitnes dan kegunaannya ini dapat bermanfaat untuk anda.

Latihan nge-gym disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh tetap segar, dan segar sehabis latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal, berapapun usia anda (klik duniabugar.com _ Suplemen murah atau WA 081-212-212-445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..
Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar