Mengenal alat-alat fitnes dan kegunaanya (1)

Mengenal alat-alat fitnes dan kegunaanya (1)

 

Mengenal alat fitnes dan kegunaanya

Pada awal anda akan memulai suatu program latihan Gym atau Fitness dapat menjadi pengalaman yang menakutkan dan menantang. Bahkan ketika anda merencanakan untuk mengunjungi sebuah tempat latihan fitness atau gym dapat terlihat sangat mengintimidasi. Anda melihat ke sekitar anda dan terperangah dengan banyaknya alat latihan dan mesin mesin yang mungkin tidak anda ketahui fungsi masing masingnya. Bahkan nama nama dari mesin tersebut terdengar seperti dari bahasa yang lain. Di sini anda akan diperkenalkan dengan alat-alat fitnes dan kegunaannya sehingga anda akan lebih familiar ketika anda mengunjungi tempat fitness nantinya.

Alat fitnes yang banyak jumlah dan ragamnya tersebut sebenarnya berfungsi untuk mengisolasi bagian otot tertentu yang ingin anda latih sehingga anda dapat mengembangkan bagian otot tersebut. berikut ini akan dijelaskan tentang nama, bagian otot yang dilatih, serta cara menggunakan peralatannya.

Secara umum alat fitnes dibagi menjadi 3 kategori yaitu :

  1. freeweight,
  2. Body weight training station,
  3. Mesin.

Alat fitnes Freeweight

Disebut freewight karena alat-alat dalam kategori ini berupa beban yang dapat digerakkan secara bebas tanpa terikat pada kabel atau benda lainnya. Latihan menggunakan alat fitnes freewight memiliki beberapa keuntungan antara lain:

  • Sangat efisient karena dapat digunakan untuk berbagai macam variasi latihan
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh.
  • Membakar banyak kalori
  • Meningkatkan kekuatan fisik secara signifikan
  • Harga yang relatif lebih murah
  • Ukurannya yang kecil sehingga dapat diletakkan dimana saja

Macam-macam alat yang termasuk dalam kategory free wight:

1. Dumbbell
Dumbbell adalah alat fitnes dasar. Bentuknya ialah 2 buah beban yang tersambung oleh batang besi pendek. Anda biasanya akan menemukan banyak alat ini di gym dengan ukuran yang berbeda-beda. Alat ini sangat praktis karena dapat dibawa kemanapun dan tidak perlu menggunakan ruangan yang luas ketika menggunakannya untuk berlatih. Berbeda dengan alat lainya, alat ini dapat digunakan untuk variasi gerakan fitnes yang tidak terbatas. Latihan dengan dumbell tidak mengisolasi otot tertentu sehingga akan mencegah pertumbuhan otot yang tidak sinkron dengan otot pendukungnya.

2. Barbell
Barbell adalah versi besar dari dumbbell. Alat ini dihubungkan batang besi yang panjang dan umumnya beban pada kedua sisinya dapat di bongkar pasang untuk mengatur beban agar sesuai dengan kemampuan penggunanya. Tidak seperti dumble yang dapat digunakan dengan hanya satu tangan, Barbell adalah alat yang harus digunakan dengan 2 tangan. Alat ini dapat membuat otot bagian kanan dan kiri berkembang secara seimbang.

3. Weight plates
Alat ini adalah beban yang berbentuk cakram dari logam. Alat ini Dapat digunakan untuk 2 hal yaitu menggunakannya sendiri untuk latihan atau menambahkannya sebagai beban tambahan untuk alat lainnya.

4. Kettlebells
Kettlebells adalah sebuah alat yang berbentuk bola, memiliki pegangan serta terbuat dari besi. Alat ini digunakan untuk melakukan gerakan mengangkat, mengayun dan mendorong yang akan mendukung anda melatih pengendalian gerakan. Berat kettlebell bervariasi, dari mulai 4kg sampai 79 kilogram

5. Medicine ball
Medicine ball adalah sebuah bola karet yang lentur. Alat ini memiliki bobot yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kemampuan latihan seseorang. Medicine ball berguna untuk meningkatkan jumlah variasi dan intensitas latihan pada umumnya.

6. Weighted bars
Weighted bars adalah sebuah batang besi yang memiliki pemberat di tiap sisinya. Alat ini digunakan untuk meningkatkan berat tubuh ketika melakukan latihan standar seperti sit up, lunge, dan lain sebagainya.

7. Curl bar
Alat ini digunakan untuk melatih bicep dan trisep. Bentuk dari curl bar yang unik dapat digunakan untuk melatih otot-otot tertentu tergantung dari sudut mana kita memegangnya. Alat ini dapat digunakan untuk macam-macam variasi angkat beban sehingga menghilangkan stres pada otot, tidak seperti menggunakan barbel biasa.

8. Tricep bar
Walaupun fokus utama alat ini adalah untuk melatih otot tricep namun seperti curl bar, alat ini dapat digunakan untuk bermacam-macam gerakan angkat beban. anda dapat melatih otot anda dari sudut yang berbeda-beda dan mengurangi stress pada otot pergelangan tangan anda.

9. Adjustable body weight
Alat fitnes adjustable body weight digunakan untuk menambah beban tubuh kita. Alat-alat ini terdiri dari pemberat yang ditempelkan pada tubuh, diantaranya badan, pergelangan tangan dan kaki, sabuk, serta punggung tangan. Alat-alat ini umumnya digunakan oleh mereka yang melakukan bodyweight training yaitu latihan tanpa menggunakan beban selain tubuh mereka sendiri.

Body Weight training station

Jenis Alat fitnes Body weight training station adalah alat-alat yang digunakan untuk membantu latihan fitness yang hanya menggunakan beban tubuh seperti push up, chin up, dip, dan lain sebagainya. Keuntungan latihan dengan alat-alat ini adalah sangat efektif karena menyesuaikan dengan kondisi tubuh kita.

Macam-macam alat body weight training station:

1. Pull up bar.
Pull up bars adalah batang besi yang digunakan untuk membantu kita melakukan pull up. Pull up sendiri adalah jenis bodyweight training yang menggunakan pull up bar untuk bergantung. Pull up bar umunya memiliki macam-macam bentuk tergantung variasi gerakan pull up yang mungkin dilakukan dengan alat tersebut.

2. Fitnes bench
Fitnes bench adalah alat berbentuk bangku yang digunakan untuk meningkatkan variasi latihan yang bisa kita lakukan. Dengan alat ini kita bisa menambah variasi pada dip, push up, jump, dan lain sebagainya.

3. Hyper extension bench
Bangku ini umumnya dipakai untuk melatih ototo paha, punggung dan pantat. Alat ini sebenarnya memudahkan kita untuk melakukan jenis latihan back up.

4. Sit up bench.
Seperti namanya, alat ini membantu kita untuk melakukan sit up. Dengan alat ini anda dapat melakukan variasi gerakan sit up dan crunch yang lebih banyak dari pada tanpa menggunakan alat ini. Selain itu alat ini juga membantu meningkatkan intensitas dan efektifitas gerakan sit up dan crunch.

5. Swiss ball.
Swiss ball adalah sebuah bola karet yang berisi udara. Alat ini digunakan sebagai penopang tubuh seperti sebuah bench, semua latihan yang dapat anda lakukan di bench dapat juga anda lakukan dengan alat ini. Bentuk bola yang bulat dan tidak stabil akan membuat keseimbangan anda meningkat jika melakukan latihan dengan alat ini.

6. Push up grip
Push up grip adalah alat untuk membantu kita dalam melakukan push up. Dengan alat ini pembentukan otot didada kita akan lebih intens karena ketika menggunakan alat ini dada akan semakin tertekan ketika melakukan push up.

7. Matras
Matras adalah alat berupa karpet yang umumnya terbuat dari bahan yang tidak licin. fungsi matras ialah sebagai landasan tubuh kita ketika melakukan latihan agar tidak licin dan terlalu keras. Matras dapat digunakan untuk push up, sit up, gerakan yoga, dan lain sebagainya.

8. Dip bar
Dip bar digunakan untuk penopang tubuh ketika melakukan gerakan dip. Alat ini berupa dua batang pararel yang digunakan untuk berpegangan. Dengan menggunakan alat ini, kita dapat melatih otot bahu, lengan dan dada.

Demikianlah beberapa daftar alat fitnes dan kegunaan alat fitnes itu sendiri yang dipergunakan secara manual, pada bagian berikutnya akan kami sajikan berbagai jenis peralatan fitnes mesin untuk menambah pengenalan kita terhadap perlatan kebugaran ini.

Latihanfitnes disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh tetap segar, dan segar sehabis latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal, berapapun usia anda (klik duniabugar.com _ Suplemen murah atau WA 081-212-212-445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar