Mengatur Pola Makan yang lagi Fitnes

Mengatur Pola Makan yang lagi Fitnes

 

Melakukan fitness merupakan olah raga yang dapat membantu menurunkan berat badan dan juga dapat membantu dalam pembentukan massa otot. Selain melakukan fitness rutin setiap hari, Anda juga harus mengatur pola makan fitnes agar tubuh Anda tetap sehat dan juga bugar setiap harinya. Agar pembentukan otot tubuh maksimal, Anda harus mengatur pola makan Anda. Dalam mengatur pola makan ini, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi untuk tubuh Anda. Asupan nutrisi yang tepat dapat membantu mempercepat efek fitness, misalnya saja untuk menurunkan berat badan ataupun pembentukan massa otot. Dalam pembahasan ini, akan diulas mengenai pola makan yang baik agar fitness Anda tidak sia-sia, dari mulai sarapan sampai makan malam.

Pola makan fitnes yang baik dan benar adalah banyak makan makanan yang mengandung gizi yang tinggi. Orang yang sedang melakukan fitness membutuhkan asupan nutrisi yang banyak dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Makan makanan yang banyak mengandung protein adalah salah satu makanan yang dapat membuat fitness Anda berhasil. Asupan makanan yang penting saat melakukan fitness adalah sarapan. Makan setelah latihan fitness dan juga makan malam Anda tidak boleh lebih dari jam 6 petang. Untuk asupan makan pagi, sebaiknya Anda pilih makanan yang banyak mengandung protein. Asupan gizi untuk makan pagi sangatlah penting karena dapat memberikan tenaga untuk melakukan aktivitas keseharian Anda. Menu makan pagi yang dapat Anda konsumsi misalnya 3 telur rebus, ditambah dengan roti gandum dan juga satu gelas susu.

Selain sarapan Anda juga harus menjaga pola makan fitnes setelah melakukan latihan. Setelah melakukan latihan fitness, tubuh tentunya membutuhkan nutrisi dan mineral yang cukup. Agar fitness Anda tidak sia-sia Anda harus mengatur jadwal makan Anda ketika sedang melakukan latihan fitness. Pola makan yang baik ketika sedang melakukan fitness adalah makan setelah latihan fitness, namun makan ini bukan setelah selesai latihan langsung makan tapi diberi jeda sekitar satu sampai dua jam. Pemberian jeda ini akan membuat latihan fitness Anda berhasil dan juga tidak sia-sia.

Selain mengatur jadwal makan, Anda juga harus mengatur pola makan fitnes dan mengontrol asupan makanan yang masuk dalam tubuh Anda. Dengan begitu, bentuk otot yang Anda inginkan akan terbentuk dengan cepat. Contoh pola makan fitness untuk pemula yang tepat untuk Anda yang sedang melakukan fitness yaitu pertama sarapan di pagi hari dengan konsumsi banyak protein. Kemudian sekitar jam 10, konsumsi buah sebagai pengganti cemilan. Buah yang dapat dikonsumsi misalnya apel. Untuk menu makan siang, Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah, serta lauk yang dikukus.

Selain sarapan dan makan siang sekitar jam 3, Anda dapat memberikan asupan nutrisi lagi pada tubuh berupa makanan yang kaya akan serat seperti bubur kacang hijau. Untuk makan malamnya, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein tinggi. Hindari untuk makan makanan yang banyak mengandung lemak di malam hari. Perlu diingat bahwa makan malam untuk menjaga agar pola makan fitnes Anda baik dilakukan jangan lebih dari jam 6 petang.

Makanan sebelum dan setelah fitnes

Makanan untuk membentuk otot sebagai sumber makanan sebelum fitnes, anda membutuhkan karbohidrat dan sedikit lemak untuk meningkatkan energi dan pertumbuhan masa otot. Dan untuk sumber makanan setelah fitnes anda perlu mengurangi karbohidrat dan meningkatkan sedikit lemak pada makanan anda.

Beberapa sumber makanan yang bisa anda konsumsi sebelum latihan fitnes:

Karbohidrat: Beras merah, ubi, kentang, gandum, roti, sereal, dan oats.
Protein: Susu protein, putih telur, daging putih, daging ikan, yogurt.
Lemak: Hanya gunakan sedikit minyak pada makanan anda.
Buah/Sayur: Buah-buahan tropis, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan dll.

Beberapa sumber makanan yang bisa anda konsumsi setelah latihan fitnes:

Protein: Susu protein, putih telur, daging putih, daging merah, ikan berminyak atau ikan putih, yogurt, dll.
Lemak & karbohidrat: Minyak kelapa(secukupnya), Alpukat, mayonaise, keju, kacang-kacangan, dll.
Buah/Sayur: Blueberry, strawberry, apel, sayuran berwarna hijau, dll.

Pola makan untuk orang fitnes

Makan 5-6 Kali Sehari: Asupi tubuh anda dengan beberapa makan kecil dan makanan ringan setiap harinya untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap terkontrol serta meningkatkan metabolisme tubuh guna menstimulasi produksi otot baru.
Kurangi Makanan Olahan: Makanan olahan bisa berupa makanan yang telah dikemas kedalam kotak dan sudah dilabeli merek. Makanan ini biasa ditemukan di minimarket.

Minum Banyak Air: Minumlah air mineral dan beberapa minuman bebas kalori untuk menjaga performa tubuh anda saat latihan angkat beban. Hindari minuman mengandung gula yang mana akan menumpukkan lemak di pinggang anda.

Konsumsi Banyak Protein: Konsumsi protein setiap beberapa jam sekali guna memaksimalkan pertumbuhan otot selagi tubuh melepaskan hormon pembakar lemak. Sumber protein terbaik diantaranya daging sapi tanpa lemak, dada ayam, ikan, kedelai, dan whey protein.
Karbohidrat strategis: Karbohidrat terdiri dari dua jenis, yakni karbohidrat simpleks dengan daya serap cepat yang meliputi nasi putih, roti, pasta, dll. Karbohidrat jenis ini meningkatkan gula darah dengan cepat. Dan jenis kedua adalah karbohidrat kompleks, yang meliputi nasi merah, kentang, jagung, ubi, oatmeal,dll. Karbohidrat jenis ini lebih tinggi serat dan meningkatkan gula darah secara bertahap. Intinya kombinasikan kedua jenis karbohidrat ini pada waktu yang tepat, contohnya nasi putih sebelum melakukan fitnes, dan buah alpukat setelah fitnes.

Bagi pemula yang ingin membentuk otot, anda membutuhkan makanan penambah masa otot yang tinggi karbo dan juga tinggi protein. Tapi ingat, bagi orang kurus bukan berarti anda dapat makan segala sesuatu yang anda lihat. Anda perlu makan makanan yang berkualitas tinggi.

Makanan untuk membentuk otot tanpa lemak

Ada banyak makanan pembentuk otot bebas lemak. Dibawah ini beberapa makanan untuk membentuk otot bebas lemak yang dapat anda konsumsi guna mencapai badan yang berotot bebas lemak.

Daging sapi: Daging sapi adalah makanan untuk membentuk otot tanpa lemak karena tinggi kadar protein, rendah kolesterol, mengandung zinc, dan vitamin B. Daging dari sapi yang makan rumput memiliki kadar CLA yang tinggi sehingga dapat membantu pembakaran lemak dan membentuk otot bebas lemak.

Beras merah: Gandum lambat cerna yang menyediakan anda energi tahan lama untuk aktifitas sepanjang hari dan selama latihan. Beras merah juga dapat membantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan (GH) yg berguna untuk pertumbuhan otot dan peningkatan kekuatan.

Jeruk: Jeruk adalah buah yang sangat membentu dalam peningkatan pertumbuhan otot, kekuatan, dan daya tahan, terutama ketika anda mengonsumsinya sebelum latihan.

Keju Kottage: Kaya akan protein kasein. Cocok untuk sumber protein sebelum anda tidur karna daya serapnya yang bertahap.

Telur: Telur dikenal sebagai protein terbaik karena kemampuannya untuk mendapatkan masa otot bebas lemak. Tapi harap di ingat, hindari konsumi kuning telur lebih dari 2 butir perhari.

Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh tetap segar, dan bugar sehabis latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal, berapapun usia anda (klik duniabugar.com – Suplemen Fitness murah atau WA 081-212-212-445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar