Manfaat Olahraga di Atas Tredmill

Manfaat Olahraga di Atas Tredmill

 

Tredmill merupakan salah satu alat fitnes yang mudah digunakan dan dapat membantu Anda menjalankan olahraga kardio untuk menurunkan berat badan. Seperti yang dikatakan para ahli bahwasannya salah satu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah kardio. Olahraga ini biasanya terdiri dari lari, senam, jogging, jalan cepat.

Diantara rutinitas berjalan yang paling populer adalah Ladder dan Steaming Stamina. Ladder bermanfaat untuk menguatkan kaki bagian paha depan, paha belakang dan betis. Sementara Steaming Stamina sangat efektif untuk katahan tubuh dalam jangka panjang, memperkuat semua otot-otot kaki dan meningkatkan pembakaran metabolisme. Manfaat utama olahraga di atas tredmill diantaranya adalah:

1. Tredmill lebih ramah untuk persendian kaki dibandingkan dengan permukaan jalan atau trotoar yang keras.
2. Anda tetap bisa berolahraga dengan nyaman dirumah meskipun hujan.
3. Tidak perlu khawatir untuk berbagi tempat dengan orang lain. Anda merasa bebas, aman dan terhindari dari cedera.
4. Bisa berolahraga sambil mendengarkan musik faovirit.

Latihan Treadmill bagi para pemula

Berikut ini mengenai penggunaan treadmill khususnya bagi Anda pada pemula, agar latihan berjalan lebih efektif dan menyenangkan:

1. Kenali peralatan Anda
Langkah pertama agar latihan berjalan lancar adalah Anda harus mengetahui jenis peralatan yang Anda gunakan. Oleh karena itu, sebelum mulai menggunakannya, Anda harus memiliki pengetahuan yang jelas tentang sistem kerja dan fungsi dari alat tersebut. Anda juga bisa meminta bantuan kepada orang yang sudah terbiasa menggunakan treadmill untuk memberikan contoh ketika berjalan di atasnya. Hal ini terutama berlaku jika Anda belum pernah sama sekali menggunakannya.

2. Pemanasan
Pemanasan adalah hal dasar yang harus Anda lakukan ketika melakukan sebuah program latihan, tak terkecuali treadmill. Sebelum Anda berjalan diatas treadmill, Anda harus mendapatkan sistem kardiovaskular dan otot tubuh siap untuk melakukan latihan. Caranya, bisa dengan melakukan jalan cepat terutama di pagi hari saat tubuh membutuhkan sinar matahari. Setelah berjalan cepat, Anda bisa merentangkan otot kaki dengan lembut. Ini akan membantu Anda pada saat memulai latihan yang sesungguhnya.

3. Perhatikan langkah
Salah satu unsur terpenting yang harus Anda ketahui sebelum berjalan diatas treadmill adalah perhatikan cara melangkah. Berjalan diatas treadmill tidak sama seperti berjalan pada umumnya. Berjalan di treadmill memberi Anda kesempatan untuk menilai diri Anda sendiri apakah yang Anda lakukan sudah benar atau tidak. Tentu saja, ini hanya bisa diketahui jika Anda menggunakan cermin untuk melihat refleksi kaki saat berjalan diatas treadmill.

4. Gunakan derajat incline
Mengatur treadmill pada posisi mendaki sebesar 1-3 persen dapat meningkatkan aktivitas kekuatan otot panggul dan paha bagian belakang sehingga akan membuat otot-otot tersebut makin kuat, membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan stamina.

5. Buat latihan menyenangkan
Salah satu alasan utama banyak orang malas melakukan latihan treadmill adalah faktor kebosanan. Anda bisa mencegah kebosanan tersebut dengan cara mendengarkan musik atau mengubah jadwal dan program latihan.

Latihan Treadmill Untuk Menurunkan Berat Badan

Kunci menurunkan berat badan dengan tredmill adalah kecepatan berjalan dan variasi gerakan. Semakin cepat Anda berjalan maka akan semakin banyak kalori yang hilang. Namun demikian apabila anda bertujuan untuk menurunkan berat badan melalui treadmill, maka jangan menggunakan tradmill secara monoton tanpa variasi karena hasilnya tidak akan maksimal, penggunaan treadmill yang baik untuk membakar lemak atau menurunkan berat badan harus dilakukan dengan beberapa variasi, yaitu berjalan normal dengan kecepatan sedang, berjalan cepat kemudian berlari kecil demikian pula dengan sudut kemiringan treadmill harus dilakukan secara bervariasi jalan mendatar, hingga lari dengan sudut yang dinaikkan hingga 3-5%,
Sebagai gambaran disini bahwa lebih efektip apabila anda berlari kecil atau berjalan cepat bahkan lari dengan jalan yang menanjak dibandingkan apabila anda berjalan cepat atau lari dengan jarak yang panjang namun pada jalan yang datar, maka kalori yang lebih banyak terbakar adalah apabila anda berlari pada jalan yang menanjak karena diperlukan power yang lebih untuk melakukan hal tersebut.

Berikut ini beberapa latihan untuk menurunkan berat badan dengan tredmill:

Interval Training

Apa itu interval training? Kombinasi berbagai jenis latihan yang dilakukan dalam selang waktu atau interval. Cara ini sangat efisien untuk membakar kalori.
Bagiamana caranya? Untuk hasil terbaik lakukan dengan cepat beberapa latihan diikuti dengan latihan yang berbeda. Mulailah dengan jenis latihan yang mudah seperti berjalan selama 30-60 detik, kemudian istirahat 5 detik. Lanjutkan dengan latihan yang lebih sulit seperti lari selama 10-30 detik.

Shuffle
Satu lagi latihan tredmill terbaik untuk menurunkan berat badan. Shuffle merupakan varian yang sempurna bagi Anda yang tidak suka jalan di tempat.
Mulailah dengan 3 menit pemanasan, berjalan dengan kecepatan stabil. Kemudian berjalan ke arah kiri selama 30 detik, balik lagi berjalan ke depan selama 5 detik, kemudian berjalan ke arah kanan selama 30 detik. Untuk menurunkan berat badan dengan cepat Anda bisa melakukan gerakan ini selama minimal 30 menit setiap hari.

Walk-Jog
Jika Anda bukan seorang pemula, Anda dapat mencoba Walk-Jog. Jenis pelatihan ini adalah campuran dari jogging dan berjalan. Walk-Jog adalah jenis varian alternatif antara jogging, berjalan cepat dan berjalan lambat. Keuntungan utama dari Walk-Jog adalah kombinasi latihan ini dapat membakar hingga 300 kalori.

500 Kalori
Untuk membakar 500 kalori per hari dengan tredmill, Anda akan membutuhkan tidak lebih dari 40 menit. Teknik ini adalah apa yang disebut dengan pelatihan interval tinggi yang harus dilakukan 4-5 kali per minggu. Hasilnya? Dalam 7 hari, berat badan Anda akan turun ½ kg.

Total-Body
Total-Body adalah cara terbaik untuk membakar lemak dengan treadmill. Olahraga ini mampu mambakar kalori per 35 menit sehari dan menurunkan berat badan 3-5 kg per 10-14 hari. Jenis pelatihan ini bermanfaat untuk perut, lengan dan kaki.

Tips: Bagi Anda yang baru mulai berusaha menurunkan berat badan dengan menggunakan tredmill, ada baiknya lakukan latihan sederhana, misal berjalan selama 10 menit. Setelah cukup nyaman, Anda bisa meningkatkan kecepatan dan waktu selama 20 menit, variasikan dengan gerakan lari kecil hingga sedang dan naikkan sudut treadmill anda secara bertahap.

Jika Anda sudah menggunakan tredmill lebih dari 1 bulan, melakukan latihan tredmill secara benar untuk menurunkan berat badan seperti yang dijelaskan di atas, maka tiba waktunya anda menimbang berat badan anda, berapa kilo penurunan berat badan yang abda capai.

Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh tetap segar, dan segar sehabis latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal, berapapun usia anda (klik duniabugar.com _ Suplemen murah atau WA 081-212-212-445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar