Mandi Air Dingin Bermanfaat bagi Kesehatan

Mandi Air Dingin Bermanfaat bagi Kesehatan

 

Mandi air hangat sangatlah menyenangkan , sehingga beberapa orang biasanya lebih memilih untuk mandi air hangat daripada air dingin. Tahukah anda bahwa mandi air dingin memiliki banyak manfaat kesehatan diandingkan dengan mandi air hangat.

Mandi dengan air dingin bermanfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme, mencegah cedera otot pasca latihan dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda. Manfaat lain dari mandi air dingin seperti dikutip Healthmeup adalah berikut ini:

1. Meningkatkan Kesuburan Pria :

Mandi air panas dapat berpotensi menimbulkan efek yang tidak baik untuk testis Anda, dimana jumlah sperma yang dihasilkan bisa berpotensi untuk berkurang. Mandi air dingin akan membantu dalam menjaga kesehatan,bahkan meningkatkan kesuburan pria akan sangat baik bagi anda yang sedang dalam program untuk memiliki seorang anak.

2. Meningkatkan sirkulasi darah dan membantu proses detosksifikasi :

Ketika kulit bertemu dengan air dingin , pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah. Pada saat yang sama, mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal ini menyebabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar yang akan berpengaruh pada menguatnya aliran darah dalam meningkatkan sirkulasi.

3. Bermanfaat bagi kekebalan tubuh :

Mandi air dinginakan meningkatkan metabolisme , meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih. Sebagaimana kita ketahui, sel darah putih merupakan “pasukan” yang menjaga benteng tubuh dari serbuan penyakit.

4. Meningkatkan metabolisme :

Mekanisme ini hampir sama dengan saat seseorang merasa kedinginan, biasanya mereka akan mengenakan selimut atau jaket untuk menghangatkan tubuh. Saat tubuh Anda disiram air dingin, tubuh akan berusaha menstabilkan suhu dengan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Metabolisme yang meningkat ini akan membakar karbohidrat serta lemak sehingga anda akan merasa hangat.

5. Melindungi dari Cedera :

Pada saat seseorang melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan akan membutuhkan waktu untuk rileks kembali. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut. Aktivitas fisik yang berlebihan dapat menyebabkan serat otot pecah. Sebagai pencegahan sangat dianjurkan untuk mandi dengan air dingin.

6. Mengurangi Nyeri dan Meningkatkan Fungsi Ginjal:

Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik.

7. Memperbaiki irama tubuh:

Air dingin dapat memperdalam pernapasan Anda dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika Anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa memembuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Demikian pula setelah berolahraga, tak jarang orang malas mandi karena tubuh mereka masih berkeringat. Setelah olahraga tubuh pun terasa lelah dan panas sehingga banyak yang memilih beristirahat terlebih dulu dan lupa mandi. Atau dilain pihak adanya mitos bahwa setelah berolah raga jangan mandi karena suhu badan sangat panas sehingga berbahaya apabila mandi memakai air dingin.   Padahal mandi setelah berolahraga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh.  Mandi setelah berolah raga sangat dianjurkan paling tidak 10 menit setelah aktivitas olah raga.

Berikut adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mandi setelah berolahraga,

1. Masalah kebersihan

Baik olahraga di luar maupun di dalam ruangan, Anda pasti akan banyak berkeringat saat berolahraga. Ini adalah tanda olahraga Anda cukup efektif. Meski keringat memberikan pertanda bagus sata olahraga, namun keringat juga bisa membuat tubuh Anda kotor dan bau. Belum lagi jika Anda menggunakan peralatan olahraga yang tentunya tak bebas kuman. Mandi secepatnya adalah cara terbaik untuk membersihkan tubuh Anda dari kuman. Dengan begitu Anda tetap menjaga kebersihan diri sendiri.

2. Penyembuhan otot

Penelitian menunjukkan bahwa mandi air dingin setelah olahraga bisa meningkatkan proses penyembuhan otot dan menurunkan rasa sakit pada otot yang baru saja dipakai berolahraga. Banyak orang yang mengalami nyeri pada tubuh mereka setelah berolahraga. Ini bisa dicegah dan diredakan dengan segera mandi air dingin setelah berolahraga. Mandi air dingin setelah olahraga juga membuat tubuh Anda lebih segar ketika akan melakukan olahraga lagi esok harinya.

3. Mengurangi lemak

Peneliti menemukan bahwa mandi air dingin setelah berolahraga bisa meningkatkan metabolisme hingga 550 persen. Ini karena tubuh menyesuaikan diri dengan suhu setelah olahraga. Hasilnya, tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk tetap hangat. Untuk itu, mandi air dingin setelah olahraga bisa membantu Anda membakar lebih banyak lemak.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain dari mandi air dingin setelah olahraga adalah karena air dingin bisa meningkatkan suplai antioksidan yang kuat bernama glutathione pada tubuh. Ini adalah jenis antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari penyakit dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain, kekebalan tubuh Anda akan menguat setelah mandi air dingin.

Demikian bebrapa manfaat mandi dengan air dingin, kiranya dapat memberikan informasi bagi sebagian dari kita yang masih memiliki mitos bahwa mandi dengan air dingin berpengaruh negative terhadap kesehatan.

Semoga bermanfaat….

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar