Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kadar Testosterone

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kadar Testosterone

Testosteron adalah hormon steroid dari kelompok androgen. Penghasil utama testosteron adalah testis pada pria dan indung telur(ovari) pada wanita, walaupun sejumlah kecil hormon ini juga dihasilkan oleh zona retikularis korteks kelenjar adrenal. Hormon ini merupakan hormon seks jantan utama dan merupakan steroid anabolik, testoren memegang peranan penting bagi kesehatan. Fungsinya antara lain adalah meningkatkan libido, energi, fungsi imun, dan perlindungan terhadap tulang..
Kadar testosteron yang tinggi dihubungkan dengan performa seksual, fungsi reproduksi, massa otot, pertumbuhan rambut, perilaku agresif, kompetitif, dan beragam sifat maskulin lainnya. Kadar testosteron mencapai puncaknya pada usia 40, dan perlahan mengalami penurunan setelahnya. Untungnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan testosteron
Salah satu Pembentuk hormon testosteron adalah melalui asupan makanan yang tepat dan cukup. Ada beberapa makanan yang membantu memperkuat produksi serta sekresi hormon seks pria atau testosteron. Makanan tersebut dikenal sebagai makanan testosteron. Makanan ini seperti umumnya kaya akan mineral dan mengandung zat bernama seng (zinc) sumber yang baik bagi Testosteron adalah dari makanan yang mengandung seng, mereka membantu untuk meningkatkan produksi testosteron. Ada beberapa makanan yang membantu memperkuat produksi serta sekresi hormon seks pria atau testosteron. Makanan tersebut dikenal sebagai makanan testosteron.
Adapun makanan sebagaimana tersebut diatas beberapa diantaranya adalah :
1. Telur
Telur merupakan sumber protein dan kolesterol. Seperti yang kita ketahui bahwa testosteron terbentuk dari proses sintesis antara kolesterol dan protein yang juga merupakan pembentuk hormon penting di dalam tubuh. Telur merupakan sumber makanan yang paling alami, dan kadar kolesterol yang terdapat pada telur sangat tidak membahayakan bagi tubuh seperti yang sering dibayangkan. Jadi sediakan selalu telur di rumah anda agar dapat dikonsumsi setiap hari, baik dibuat dadar, direbus setengah matang atau lainnya sesuai selera anda.
2. Tiram
Tiram atau kerang banyak mengandung protein, magnesium dan zinc, tiram mengandung lebih banyak zinc dibandingkan dengan semua sumber makanan lain, dan zinc dapat mencegah berkurangnya jumlah testosteron dalam tubuh. Zinc adalah salah satu zat yang paling penting dalam proses sintesis testosteron. Sebaiknya konsumsilah kerang setidaknya sekali dalam seminggu yang dapat dimakan setelah dimasak, atau dimakan mentah seperti sashimi atau jenis makanan lain sesuai selera.
3. Daging Merah
Daging merah ialah daging yang tidak berlemak dan merupakan sumber makanan yang sangat sempurna, karena mengandung protein, zat besi, magnesium dan zinc. Daging sapi mengandung dua zat penting yang berperan langsung dalam mengoptimalkan kadar testosteron dan pembentukan otot tubuh, yakni protein dan zinc, pada dasarnya tubuh tetap membutuhkan lemak ini untuk memproduksi testosteron. Agar testosteron tetap terjaga, makanlah daging yang diolah sesuai selera, dapat dipanggang, direbus, dibuat kuah atau dikukus, yang penting setiap hari mengkonsumsi daging merah.
4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung protein yang sangat banyak, juga serat dan zinc yang tidak kalah banyak dan pentingnya. Kacang-kacangan sesungguhnya bisa dikatakan makanan yang ajaib, karena selain rasanya, sumber nutrisi dari kacang ini sangat membantu dalam meningkatkan kadar testosteron. Selain itu dapat pula menjaga kesehatan saluran pencernaan dan juga dapat mengendalikan berat badan. Kacang-kacangan sangat kaya akan zinc dibandingkan dengan makanan sejenis dalam kelompok sayur-sayuran., kacang-kacangan dapat memberikan kadar zinc lebih dibandingkan dengan daging merah.
Untuk mendapatkan hasil yang sempurna serta adanya peningkatan testosteron perlu para pria untuk sering mengkonsumsi kacang-kacangan. Sebab sudah teruji kacang-kacangan kaya akan protein dan serat serta rendah lemak, kacang panggang atau kacang kedele rebus akan menjadi pilihan yang sempurna dan murah
5. Sayur hasil penyilangan
Sayur-sayuran hasil penyilangan seperti ini bersumber dari phytochemicals (bahan kimia yang berlaku dalam tumbuh tanaman). Dalam sayuran tersebut terkandung indole-3-carbinol dan serat. Indole-3-carbinol sangat penting unuk mengubah hormon estradiole, sebanyak hampir 50% (hormon ini dapat menghambat produksi testosteron dalam tubuh) menjadi hormon yang baik yang dapat mendorong sistem sintesis pada testosteron. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, kembang kol, bokchoy, turnip greens, collard greens, rutabaga, radishes, daikon. Sayur-sayuran di atas mengandung phytochemicals yang dapat menurunkan kadar estrogen yang tidak baik dan berpotensial untuk mengurangi efek negatif dari berkurangnya kadar testosteron.
Sayur-sayuran tersebut dapat dikonsumsi dengan direbus, dikukus, atau dipanggang, dapat juga ditumis atau dibuat salad. Dibuat seperti apapun tetap akan menjadikan sayuran ini menjadi makanan yang sangat lezat dan bermanfaat bagi pembentukan hormon testosteron.
6. Madu
Madu merupakan sumber alami dari chrysin, yaitu sejenis bioflavonoid yang ditunjukkan sebagai penghambat rasa yang potensial. Para binaraga biasa menggunakan suplemen testosteron boosting dengan alasan karena mampu menghambat enzim rasa. Sehingga akan menjadi sedikit jumlah testosteron yang diubah menjadi estrogen.
Mengkonsumsi madu dapat dilakukan dengan mencampurkan 1 sendok madu ke dalam minuman anda atau dioles sebagai selai pada roti, atau langsung diminum.
7. Bawang Putih
Bawang putih merupakan sumber nutrisi yang disebut dengan allicin. Mengkonsumsi bawang putih disarankan untuk meningkatkan kadar testosteron dan menghambat pertumbuhan cortisol. Cortisol adalah hormon yang bersaing dengan testosterone. Yang gunanya untuk menghambat aksi dari yang dihasilkan oleh testosterone dan juga menghancurkan jaringan otot.
Untuk mendorong naiknya testosterone direkomendasikan untuk mengkonsumsi semua bagian dari bawang putih (garlic) dengan cara dimasukan dalam salad atau ditumis sebagai pengharum makanan, atau dibuat lalapan.
8. Susu
Susu dan produk susu, seperti keju dan yogurt, merupakan sumber daya yang sangat baik dari seng. Mereka dianggap sebagai makanan yang sangat baik meningkatkan testosteron atau merupakan makanan libido alami. Orang harus menambahkan susu dan produk susu lainnya dalam pola makannya untuk mendapatkan libido.

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar