Makanan Untuk Diet Yang Sehat (Bagian1)

Makanan Untuk Diet Yang Sehat (Bagian1)

Anda sedang melakukan diet? Diet ketat? Diet terprogram? Atau hanya sekedar membuang lemak? Apapun alasan anda untuk melakukan diet pada akhirnya atau ujung-ujngnya adalah masalah makan dan makanan, mulai dari apa yang harus dimakan? Bagaimana memakannya? Kapan makan? Jawabannya adalah makanan yang dapat memberikan asupan gizi seimbang bagi tubuh anda dan cukup kalori, diet dengan tidak makan atau hanya sekedar makan adalah salah besar!.
Makanan untuk diet yang sehat bergizi dapat membantu Anda menurunkan berat badan hingga bentuk tubuh menjadi ideal. Jenis makanan untuk diet yang cukup kalori sangat dibutuhkan agar bisa dibakar ketika latihan atau olahraga, rutin menjalankan pola diet seimbang ini akan efektif mengurangi jumlah lemak yang banyak menumpuk pada beberapa bagian tubuh Anda, seperti perut, paha, lengan atas, dan betis.
Diet bisa dikatakan sebagai kebutuhan sebagian orang yang bermasalah dengan kegemukan. Tidak ada keinginan lain jika penampilan kurang memuaskan akibat perut yang menonjol. Hal yang selalu dipikirkan adalah bagaimana cara menurunkan berat badan berlebih yang saya miliki, mungkin Anda termasuk salah satunya.

Makanan Untuk Diet (1)

Banyak metode yang bisa diambil, salah satunya adalah mengonsumsi sejumlah makanan untuk diet yang memberikan nutrisi cukup, tinggi protein, kalori, namun rendah dari lemak jahat yang memicu obesitas juga kolesterol. Apabila Anda ingin tahu apa saja menu makanan sehat untuk diet seimbang berikut ini daftarnya, silahkan Anda catat untuk referensi.

1. Buah Tomat
Pada sebelumnya, kami sempat menulis artikel mengenai manfaat buah tomat yang dapat menurunkan berat badan seseorang. Ulasan mengenai tomat sudah banyak di luar, mulai dari asal usul hingga khasiatnya yang terkenal, meski di satu sisi ada kontroversi dari sebagian orang yang mengatakan bahwa tomat adalah sayur, padahal strukturnya adalah buah.
Terlepas dari itu, tomat termasuk ke dalam makanan yang membantu Anda mempertahankan berat badan seimbang di mana pada akhirnya tubuh Anda akan ideal dan menarik untuk dipandang kedua mata. Buah tomat mengandung sedikit kalori, namun banyak menyediakan serat.
Terdapat juga senyawa kimia alami bernama likopen yang mana bersifat atau bertindak sebagai penangkal segudang penyakit dan kondisi kesehatan yang bermasalah. Jadi, mulai sekarang Anda bisa memberi ruang cukup di dalam lemari es untuk menyimpan buah tomat.

2. Buah Jeruk
Pada satu artikel nanti, akan dibahas khusus mengenai buah untuk diet yang mungkin berguna bagi Anda pecinta buah-buahan.
Buah jeruk terkenal dengan vitamin C nya yang mana berguna untuk membuat kulit tetap sehat dari dalam. Tetapi siapa yang menyangka bahwa vitamin tersebut juga mempunyai andil yang cukup penting bagi seseorang yang ingin langsing, mereka dapat membakar lemak dalam tubuh.
Jeruk juga banyak mengandung gula yang bila terlalu berlebihan dikonsumsi dapat memicu alarm diabetes dan bilamana tidak diproses dengan pembakaran akan berubah menjadi lemak. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir, karena buah ini rendah kalori dan serat yang membantu tubuh dalam mengatur kadar glukosa dalam darah.
Anda bisa konsumsi jeruk sebagai buah pencuci mulut sehabis makan siang atau sarapan pagi. Apabila lagi bosan menunggu seseorang untuk membicarakan hal penting di cafe, Anda bisa memesan satu gelas jus jeruk untuk melepas dahaga, dengan begitu tanpa disadari berat Anda berpotensi mengalami penurunan.

3. Oatmeal
Sereal ini sangat cocok dijadikan sarapan, mempunyai banyak manfaat dan dapat membuat perut tahan kenyang lebih lama. Meskipun begitu, para pakar Diet Paleo tidak setuju bila oatmeal dimasukkan ke dalam menu makanan untuk diet seimbang yang sehat, tetapi sebagian orang lainnya setuju karena gandum dapat membantu program diet dengan tingginya jumlah serat yang membuat perut terisi penuh sehingga mengurangi keinginan untuk makan lebih lama.
Anda bisa mengawali hari dengan sereal atau gandum, cara membuatnya pun mudah. Tetapi karena kebanyakan dari orang Asia jarang mengkonsumsinya, mungkin pertama kali mencobanya sangat aneh rasanya. Untuk itu Anda bisa memberi variasi atau tambahan bahan yang membuat rasanya lebih cocok di lidah, tetapi tidak mengganggu program diet Anda.

4. Beberapa Jenis Rempah
Rempah tidak melulu bumbu dapur, tapi kebanyakan memang digunakan untuk memberikan rasa pada makanan (sebagai penyedap rasa). Ada beberapa jenis rempah yang tergolong dalam menu makanan sehat untuk diet, misalnya biji mustard yang membantu memperlancar metabolisme tubuh, dan jahe yang melancarkan sistem pencernaan.
Gingseng bisa juga dikonsumsi untuk memberi energi tambahan, dan lada hitam yang dapat membakar kalori bila dibantu dengna olahraga. Rempah yang langsung berperang melawan lemak adalah lada. Jika Anda tidak suka lada, coba saja kunyit yang mempunyai peran sama.

5. Kentang
Kentang juga dapat membuat perut terisi dalam waktu cukup lama, tapi tidak terlalu cocok bila dijadikan menu sarapan. Anda bisa konsumsi kentang di sela-sela makan siang, atau beberapa menit menjelang makan siang. Kentag yang direbus atau dipanggang sebagian besar berguna untuk diet karena rendah kalori dan tinggi seart, kalium, vitamin C, juga vitamin B6.
Jangan Anda olah masak kentang dengan cara digoreng, karena dapat menyerap minyak yang berpotensi menjadi lemak jika masuk ke dalam tubuh. Makanan yang digoreng juga dapat merusak saluran tenggorokan Anda, jadi sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng, terlebih saat berdiet.

6. Buah Apel
Kalau Anda penggemar manisan seperti permen atau gulali, lebih baik penuhi keinginan tersebut dengan mengganti permen dengan buah apel. Meskipun manis, buah ini tidak akan berpotensi dalam meningkatkan risiko terhadap diabetes atau kencing manis.
Karena buah apel termasuk sebagai makanan yang rendah kalori, lemak, sodium, dan juga serat pangan yang baik. Sudah pasti buah apel digolongkan ke dalam jenis buah untuk diet. Anda bisa mengkonsumsi apel sehabis makan, sangat cocok untuk mencuci mulut dan membersihkan sisa makanan yang menyelip pada sela-sela gigi.

7. Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang memang selalu mendapat perhatian lebih dari pakar diet di dunia, entah jenis aliran apapun. Jika Anda seorang vegetarian, mungkin cukup sulit untuk menciptakan selera makan pada kacang. Tetapi ketahuilah bahwa kacang selalu berhasil menurunkan berat badan berlebih seseorang.

Anda bisa menjadikan kacang sebagai cemilan, tetapi tidak sembarang kacang. Pastikan kacang tersebut tidak digoreng, mungkin kacang kenari bisa menjadi pilihan Anda.

8. Buncis
Sebetulnya buncis juga tergolong dalam kacang-kacangan, tetapi klasifikasinya adalah sayuran. Tidak penting apalah jenisnya, karena sama-sama berguna untuk memperbesar peluang sukses diet Anda. Buncis juga dikenal dengan kemampuannya untuk melancarkan sistem pencernaan dengan bantuan serat yang dikandungnya.
Gula darah juga mampu dikontrol dengan baik oleh buncis. Anda bisa coba konsumsi mereka dengan membuat sayur berkuah atau sekedar tumis sayur buncis dengan cabai merah merekah, pasti sangat nikmat bila disantap bersama keluarga tercinta.

9. Dada Ayam
Mengapa dada dan bukan paha atau bagian tubuh ayam lainnya?
Pertanyaan tersebut sering dilontarkan oleh para pelaku diet, terutama vegetarian yang hampir tidak suka dengan makanan berdaging. Perlu Anda ketahui bahwa resep keberhasilan para atlet dan binaragawan dalam menurunkan berat badannya adalah dari dada ayam yang dipanggang atau direbus.
Dada ayam adalah bagian yang paling banyak menyimpan protein dan paling sedikit menampung lemak, jadi sangat cocok untuk diet. Di Amerika, para penduduknya sudah kenal betul akan keistimewaan ini, jadi mereka selalu menyiapkan daging ayam dan mengambil bagian dadanya saja untuk dimakan.
Jangan lupa juga bahwa dagingnya saja yang membantu, sedangkan kulitnya tidak. Untuk itu, Anda bisa membuang kulitnya karena bagian tersebut mengandung lemak. Tetapi sebagian orang sangat suka rasa kulit ayam yang kenyal, jadi ini kembali pada Anda saja.

10. Buah Pisang
Anda bisa membaca artikel sebelumnya yang lebih spesifik membahas tentang manfaat buah pisang.

Buah pisang telah melewati berbagai proses penelitian yang mana telah terbukti mengasup kebutuhan nutrisi harian dan melengkapinya. Buah ini termasuk ke dalam superfood diet yang diakui dunia. Selain dimakan, buah pisang juga bisa dijadikan masker untuk mengangkat kotoran pada wajah dengan mencampur madu ke dalamnya.

11. Buah Pir
Banyak mengandung air, daging lunak, dan rasanya manis bisa menjadi kriteria dari buah yang satu ini. Pasti Anda bisa memberi gambaran tersendiri mengenai buah pir, kan?
Buah ini berkerabat dnegan apel, tetapi manfaat yang diberikan cukup berbeda, yang sama hanya pada tindakannya untuk mengontrol berat badan seseorang. Anda bisa makan buah ini ketika lapar, perut akan kenyang seketika dan tahan cukup lama.
Jumlah serat yang tertanam di dalamnya yang efektif dalam membantu diet Anda. Anda bisa membuat salad buah khusus diet dengan mencampurkan beberapa buah yang sudah terdaftar sebelumnya, termasuk buah pir. Tambahkan susu rendah lemak dan kalori, sudah banyak di pasaran.

12. Kacang Pinus
Pohon pinus memiliki kacang yang dapat menghambat nafsu makan Anda. Di dalam kacang pinus terdapat fitonutrien yang mampu melakukan kegiatan tersebut. Anda bisa mengurangi pengeluaran yang biasa digunakan untuk membeli pil diet.
Meski kecil, akan tergantikan dengan renyahnya ketika digigit. Dengan makan kacang pinus setidaknya satu genggam perhari, Anda akan jauh dari keinginan makan banyak seperti biasanya.

13. Jamur
Jamur kancing khususnya, mereka dapat Anda konsumsi bersamaan dengan makanan sehat lain yang dapat mempercepat program penurunan berat badan Anda. Untuk hasil yang terbaik, Anda harus memilih jamur kancing yang benar-benar berkualitas. Jamur jenis ini sangat tinggi vitamin namun renah kalori.

14. Kacang Lentil
Sedikit perkenalan karena kebanyakan dari Anda pasti belum tahu apa itu kacang lentil. Kacang lentil merupakan kacang tertua di dunia, berasal dari Mesir dan tidak bisa dimakan dalam keadaan mental. Kacang lentil berhasil masuk ke Indonesia dengan cara impor, karena kacang ini tidak atau mungkin sangat jarang dibudidayakan di Indonesia.
Kaitannya dengan diet, kacang lentil adalah sumber protein baik yang di dalam tubuh beraktivitas untuk memproses karbohidrat dan menjaga kolesterol tetap stabil. Serat dari kacang lentil merupakan satu-satunya sumber nutrisi yang dapat membantu menurunkan berat Anda.

Makanan Untuk Diet Yang Sehat (Bagian 2) =========>>

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar