Makanan Untuk Diet Yang Sehat (Bagian (2)

Makanan Untuk Diet Yang Sehat (Bagian (2)

Makanan untuk diet yang sehat bergizi dapat membantu Anda menurunkan berat badan hingga bentuk tubuh menjadi ideal. Jenis makanan untuk diet yang cukup kalori sangat dibutuhkan agar bisa dibakar ketika latihan atau olahraga, rutin menjalankan pola diet seimbang ini akan efektif mengurangi jumlah lemak yang banyak menumpuk pada beberapa bagian tubuh Anda, seperti perut, paha, lengan atas, dan betis.
Diet bisa dikatakan sebagai kebutuhan sebagian orang yang bermasalah dengan kegemukan. Tidak ada keinginan lain jika penampilan kurang memuaskan akibat perut yang menonjol. Hal yang selalu dipikirkan adalah bagaimana cara menurunkan berat badan berlebih yang saya miliki, mungkin Anda termasuk salah satunya.

Makanan Untuk Diet (2)

Banyak metode yang bisa diambil, salah satunya adalah mengonsumsi sejumlah makanan untuk diet yang memberikan nutrisi cukup, tinggi protein, kalori, namun rendah dari lemak jahat yang memicu obesitas juga kolesterol. Apabila Anda ingin tahu apa saja menu makanan sehat untuk diet seimbang berikut ini daftarnya, (lanjutan dari bagian 1)

15. Brokoli
Sayur brokoli dimasukkan dalam daftar menu makanan untuk diet sehat semua orang karena sudah sejak lama dipercaya oleh para leluhur. Brokoli dapat melepaskan lemak jenuh apabila diolah dengan benar, Anda bisa membuat sup brokoli tanpa keju. Mengapa? Karena khasiatnya tidak akan didapat selagi berdampingan dengan lemak dari keju.

16. Daging Tanpa Lemak
Daging yang tanpa lemak bisa menjadi pilihan Anda untuk menu makan hari esok. Anda bisa memanggang daging sapi yang rendah lemak dengan mengoleskannya bumbu pedas atau kecap manis untuk menggugah selera makan. Meskipun rasanya enak, Anda tidak boleh makan daging rendah lemak sering-sering karena bisa menggagalkan upaya penurunan berat badan yang sedang Anda giati.

17. Buah Melon
Ada lagi tambahan buah untuk Anda jadikan salad buah khusus diet, yakni melon atau blewah juga bisa. Melon menjadi sumber serat yang meskipun jumlahnya tidak banyak, tapi perannya cukup membantu bagi Anda yang sedang berdiet. Di dalamnya juga terkandung antioksidan bernama katekin seperti yang terdapat di dalam teh hijau, fungsinya untuk melengkapi kinerja dari serat tadi.

18. Bayam
Sayur bayam sangat digemari anak-anak, apalagi jika dberi tambahan jagung dan beberapa potong wortel iris. Orang dewasa juga tidak sedikit yang mengandalkan makanan ini untuk menu sehat harian, karena rasanya memang sangat nikmat dan khasiatnya begitu banyak.
Salah satu diantaranya adalah mengecilkan perut. Anda bisa makan sayur bayam yang masih segar, baru dibuat dan sudah melewati proses masak dengan benar. Banyak sekali nutrisi beserta vitamin yang terkandung di dalam bayam, semuanya bisa melengkapi kebutuhan gizi harian Anda.

19. Teh Hijau
Teh yang terkenal di Jepang ini menjadi populer karena kemampuannya dalam berbagai hal, seperti mengikis lemak dengan bantuan antioksidan bernama katekin seperti yang terdapat di dalam buah melon. Kandungan tersebut akan bekerja membakar lemak dan kalori lebih banyak.

20. Kayu Manis
Setiap gulungan kayu manis bisa Anda sertakan dalam makanan yang hendak Anda konsumsi, kalau bisa jumlahnya ditambahkan beberapa sendok teh dari biasanya. Salah satu yang akan Anda peroleh adalah manfaat penurunan berat badan, sudah terbukti membantu banyak orang yang mempunyai permasalahan yang sama dengan Anda.

21. Asparagus
Tumbuhan ini mempunyai banyak sifat dalam tubuh, seperti detoksifikasi (mengeluarkan racun dan limbah buruk dari tubuh), dan menjaga jumlah bakteri baik yang tersimpan di dalam sistem pencernaan (usus). Tumbuhan batang ini juga memainkan peran tersendiri dalam mengontrol berat badan, sangat cocok sebagai makanan untuk diet yang menyehatkan.

22. Buah Alpukat
Anda bisa mengganti minuman bersoda dengan yang lebih menyehatkan, misalnya jus alpukat. Bagi Anda yang sedang berdiet, mungkin banyak godaan dari luar, misalnya ketika berkumpul di kantin bersama teman, banyak dari mereka yang makan makanan cepat saji. Sebaiknya jangan sampai Anda tergoda, karena makanan tersebut justru memperbesar peluang terhadap obesitas.
Anda bisa mengalihkan keinginan tersebut dengan jus alpukat atau bubur alpukat, rasanya sangat nikmat dan menyegarkan bila ditambah es. Alpukat juga termasuk ke dalam buah untuk diet. Meskipun buah ini mengandung lemak, golongan lemak yang terlampir berjenis tak jenuh atau lemak baik yang justru diperlukan oleh tubuh.

23. Selai Kacang
Ketika makan roti untuk sarapan pagi, jangan diisi dengan susu cokelat atau gula pasir dan mentega. Anda harus menggantinya dengan selai kacang, mengapa? Karena selai kacang dapat memuaskan keinginan makan dan mencegahnya datang kembali.
Di dalam Abs Diet, selai kacang sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk diet. Karena jika sudah diserap tubuh, dirinya akan membantu menghilangkan lemak yang menumpuk pada beberapa titik. Jika Anda punya uang lebih, bisa juga mengganti selai kacang dengan mentega almond, rasanya lebih nikmat dan khasiatnya juga lebih banyak.

24. Ikan Salmon
Tanpa disadari hampir semua cara untuk mengatasi masalah kesehatan pasti ada kaitannya dengan ikan salmon, memang ikan yang ajaib. Sudah pasti karena kandungan asam lemak omega-3 nya yang di sini juga berguna untuk diet. Lemak tersebut adalah lemak tak jenuh yang tidak perlu Anda khawatirkan. Jika ingin mengonsumsinya, pastikan untuk tidak digoreng karena dapat memudarkan khasiat yang semestinya diberikan.

25. Cuka Apel
Sari buah apel atau cuka apel baik untuk sistem pencernaan dan meningkatkan berat badan secara bertahap. Meski demikian, bukan berarti Anda yang kelebihan lemak akan semakin gendut, karena pada dasarnya cuka apel berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Dengan begitu, otomatis setiap makanan yang berpotensi meninggalkan lemak akan tersingkirkan.
Manfaat lain yang akan Anda peroleh adalah nafsu makan menjadi terkontrol. Pada waktu-waktu di mana Anda biasanya makan, cuka apel akan membantu tubuh memberikan respon rasa lapar sehingga Anda tidak akan telat makan, karena ada beberapa orang yang mudah sakit hanya karena telat makan.

26. Minyak Zaitun
Jika ingin menggoreng makanan, ganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun. Hasil makanan yang tercelup dalam minyak zaitun tidak akan memberikan dampak negatif pada Anda yang diet, karena minyak zaitun tidak melekatkan lemak pada makanan yang hendak Anda konsumsi.

27. Buah Bluberi
Bluberi juga disebut-sebut sebagai buah atau makanan untuk diet yang secara umum dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Dengan konsumsi buah bluberi, Anda akan kehilangan lemak yang sebelumnya menjadikan tubuh Anda tampak seperti ibu yang sedang mengandung.
Disamping itu, bluberi juga mampu melaksanakan pekerjaan lain seperti memecahkan glukosa darah berlebih, sehingga penyakit yang bisa timbul akibat kadar gula berlebih akan terminimalisir risikonya. Pastikan bahwa bluberi yang ingin Anda makan masih segar.

28. Sayuran Segar
Sayuran hijau hampir seluruhnya baik untuk kesehatan, salah satunya mengontrol berat badan. Di sini, Anda harus menekankan pemilihan sayur yang benar-benar segar, bebas dari pestisida, herbisida, dan bahan kimia lain yang secara geneik akan merusak keseimbangan kebaikan yang melekat pada sayuran-sayuran tersebut.
Menjaga mereka dalam keadaan alami atau organik sangatlah penting. Sebab jika tidak, kandungan seperti antioksidan yang berada di dalamnya akan berkurang efektifitasnya dalam menurunkan berat badan. Jelas makanan jenis ini sangat cocok bagi Anda yang vegetarian.

Semua daftar menu makanan untuk diet yang sehat bisa Anda seleksi satu demi satu dengan pertimbangan yang matang. Jika ada kesulitan, misalnya seperti antara makanan yang satu dengan yang lain mempunyai kandungan serat yang sama, bagiamana cara memilih yang terbaik? Untuk urusan tersebut tentu Anda butuh bantuan ahli diet atau teman sudah berhasil mengurangi puluhan kilogram berat badannya dalam waktu singkat. …. (selesai)

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar