Makanan Diet Pengganti Nasi

Makanan Diet Pengganti Nasi

Jika sebelumnya anda sudah mencoba resep menu diet sehat rendah kalori dan ternyata hasilnya kurang maksimal, maka anda bisa mencoba tips yang tak kalah bagusnya yaitu makanan diet pengganti nasi.
Nasi dikenal sebagai salah satu makanan pokok. Kebanyakan orang pun menganggap belum makan bila belum makan nasi. Sayangnya belum banyak yang tahu bila IG (indeks glikemik) nasi amat tinggi, sehingga memungkinkan penyerapan gula lebih cepat. Tentu bukan hal baik bagi Anda yang sedang diet sehat.

Ada banyak menu makanan diet yang bisa anda temukan tak hanya sayuran serta buah-buahan sebagai alternatif saat menjalani program diet. Makanan diet pengganti nasi ini dapat terus memenuhi keperluan sebagai asupan karbohidrat dan mempunyai manfaat untuk melindungi berat badan yang ideal. Pada umumnya, sering kali orang yang tengah melakukan program diet merubah pola makanannya dengan menggunakan buah serta sayuran yang biasa disebut dengan diet sayur dan buah. Karena mereka percaya bahwa adanya berat badan berlebih dihasilkan oleh nasi sebagai karbohidrat, dengan begitu jalan alternatif-nya adalah dengan menghindari nasi saat menjalani diet.
Agar anda berhasil menjalani diet untuk mengurangi berat badan, sebaiknya mempunyai asupan yang seimbang salah satunya memenuhi asupan karbohidrat. Pilihan makanan diet pengganti nasi baiknya anda aplikasikan didalam program diet anda sekarang ini, supaya keperluan tubuh anda untuk mendapatkan karbohidrat terus terpenuhi meskipun dengan tanpa nasi.

Berikut beberapa makanan diet pengganti nasi yang bisa anda konsumsi saat melakukan program diet.

Jagung
Jagung termasuk sumber karbohidrat yang bisa memenuhi keperluan tubuh, disamping bisa mencukupi asupan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh, jagung juga mempunyai kandungan tinggi antioksidan. selain itu, jagung memberi pasokan Vit. B, serat, mineral, dan juga pigmen atau warna pada jagung bisa melindungi situasi kesehatan mata serta jadi pelindung pada paru-paru anda. Saat memilih jagung untuk dikonsumsi sebagai makanan diet pengganti nasi, ada baiknya jika anda memastikan bahwa jagung tersebut tidak terkontaminasi bahan layaknya pestisida atau anda bisa menentukan jagung organik sebagai bahan makanan diet yang bisa dikonsumsi. Jagung ini bisa dicampurkan ke didalam sup ataupun di sajikan sebagai salad disaat sarapan.

Kentang
Kentang bisa anda pilih sebagai makanan diet pengganti nasi saat menjalani program diet. Nutrisi yang ada pada kentang ini mempunyai kebaikan untuk tubuh disamping untuk memenuhi keperluan asupan karbohidrat. Disamping itu kentang juga memiliki kandungan Vit. C, B, zat besi, kalsium, kalium juga serat pastinya bisa melindungi kesehatan kita dan dapat mencukupi keperluan untuk mendapatkan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan pati resisten yang ada pada kentang juga dapat membakar lemak yang ada pada tubuh.

Pasta
Untuk warga indonesia makanan diet pengganti nasi ini pastinya jarang dikonsumsi dikarenakan memanglah tidak familiar. Tetapi pasta juga bisa dikonsumsi untuk memenuhi keperluan untuk mendapatkan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tingginya asam folat serta kandungan lemak yang rendah bisa memberikan manfaat yang cuku besar untuk menurunkan berat badan kita.

Singkong
Makanan pengganti nasi yang pertama adalah singkong. Mungkin singkong kurang populer dan terkesan makanan desa. Namun, sebenarnya singkong juga termasuk makanan pokok masyarakat Indonesia. Jaman dulu singkong sering dibuat menjadi sredek, tiwul, gethuk, atau lainnya. Meski sempat turun pamor tetapi kini masih banyak yang menjual singkong atau olahan singkong di pasar sebagai pengganti nasi.
Singkong baik dipilih karena efektif membantu menurunkan kadar kolsterol jahat dalam tubuh. Selain itu, serat dalam singkong juga cukup tinggi. Diketahui karbohidrat komplek singkong dikombinasikan dengan IG yang rendah hanya 55 saja.

Ubi Jalar
Ada banyak jenis ubi jalar yang tumbuh subur di Indonesia.Mulai dari ubi ungu, kuning, dan putih. Rasa ubi jalar enak meski hanya dikukus atau direbus. Pasalnya terdapat kandungan gula alami yang sehat.
Makanan yang populer disebut sweet potato di USA ini konon memiliki kandungan nutrisi lengkap. Di dalam ubi jalar terkandung vitamin A, B1, C, zat besi, fosfor, betakaroten, kalsium, karbohidrat, lemak, protein, air, dan lainnya. IG ubi jalar pun terbilang rendah hanya 54 sehingga baik dipilih sebagai penganti nasi saat diet sehat.

Talas
Berikutnya adalah talas. Talas merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Bogor yang kaya akan vitamin dan juga nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein dan serat yang cukup tinggi. Kandunga karbohidrat dalam talas berupa pati dan memiliki sifat yang mudah dicerna. Tak hanya dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam setiap harinya, mengonsumsi talas juga dapat mencegah penyakit jantung, darah tinggi serta dapat menjaga tubuh tetap ideal.

Sukun
Umumnya kadar karbohidrat pada sukun lebih tinggi dari nasi, akan tetapi kadar kalori yang ada pada sukun lebih rendah. Sehingga sangat cocok digunakan untuk diet. Kandungan Indek Glikemik pada sukun dapat membantu Anda untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Sehingga dapat menghindarkan Anda dari penyakit diabetes. Namun tak hanya itu saja selain dapat digunakan sebagai menu diet, sukun juga baik untuk menjaga kesehatan organ jantung serta ginjal.

Gembili
Gembili merupakan rimpang yang dapat mengenyangkan perut. Gembili kaya akan nutrisi seperti vitamin V, vitamin C, karbohidrat, lemak, protein, kalori, fosfor, kasium, zat besi dan lainnya. akan tetapi untuk mengkonsumsi ini anda harus hati-hati, karena cara mengolah yang salah atau kurang bersih getahnya dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya menjadi gtal-gatal.

Nah itulah makanan diet pengganti nasi yang bisa anda gunakan untuk program diet anda, semoga ini akan bermanfaat.

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar