Kenali Penyakit Gula Darah (Diabetes Mellitus)

Kenali Penyakit Gula Darah (Diabetes Mellitus)

Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya. Tubuh pasien dengan diabetes mellitus tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga kadar gula darah meningkat dan dapat menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang pada pasien tersebut.

Diabetes mellitus (DM) dibagi menjadi beberapa tipe. DM tipe I biasanya menimbulkan gejala sebelum usia pasien 30 tahun, walaupun gejala dapat muncul kapan saja. Pasien DM tipe I memerlukan insulin dari luar tubuhnya untuk kelangsungan hidupnya. DM tipe II biasanya dialami saat pasien berusia 30 tahun atau lebih, dan pasien tidak tergantung dengan insulin dari luar tubuh, kecuali pada keadaan-keadaan tertentu. Tipe DM lainnya adalah DM gestasional, yakni DM yang terjadi pada ibu hamil, yang disebabkan oleh gangguan toleransi glukosa pada pasien tersebut.

Penyakit gula darah atau biasa dikenal yaitu diabetes militus merupakan istilah yang mengacu dengan tingkat glukosa di dalam darah. Apabila gula darah di dalam tubuh tidak normal maka akan mengakibatkan berbagai gejala berhubungan dengan menurunnya kesehatan tubuh.
Saat ini jumlah pasien DM tipe II semakin meningkat, dikarenakan pola hidup yang semakin tidak sehat, misalnya kurang aktivitas fisik serta pola makan yang tidak sehat. Faktor risiko untuk DM tipe II antara lain: genetik, lingkungan, usia tua, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, riwayat DM gestasional, serta ras atau etnis tertentu.

Bagi orang yang menderita penyakit gula darah biasanya akan menimbulkan gejala gula darah rendah seperti :
– Badan terasa lemah.
– Sering kencing.
– Luka sulit dan sembuh lebih lama.
– Mudah lapar dan mudah haus.
– Mudah terjadi infeksi pada kulit (gatal-gatal), saluran kencing maupun gusi.
– Berat badan menurun.
– Mudah mengantuk.
– Penglihatan kabur.
– Nyeri pada tangan dan kaki.
Pada orang yang normal memiliki kadar gula darah normal berkisar 60-120 mg/dl. Biasanya kadar gula pada penderita diabetes saat puasa adalah lebih dari 126 mg/dl dan ketika tidak puasa atau normal yaitu lebih dari 200 mg/dl. Berikut beberapa cara menurunkan gula darah antara lain :
1. Membeli alat cek gula darah
Tujuan membeli alat cek gula darah ini yaitu untuk mengontrol kadar gula darah anda. Hal-hal yang perlu anda ketahui untuk menentukan range kadar normal gula darah yakni:
– Sebelum makan tingkat glukosa anda harus 80-120.
– Dua jam setelah makan tingkat glukosa anda harus kurang dari 170.
– Sebelum anda tidur kadar glukosa idealnya 100-140.
– Saat berpuasa kadar glukosa anda harus 70-100.
2. Olahraga teratur
Olahraga secara teratur dapat membantu untuk menurunkan gula darah, olah raga ini dapat dilakukan dengan berbagai jenis kegiatan, tidak harus olah raga berat namun yang penting adalah rutin melaksanakannya.
3. Kurangi konsumsi gula
Mengurangi konsumsi gula adalah salah satu hal yang vital bagi anda yang menderita penyakit gula darah. Bagi anda yang menderita gula darah dianjurkan untuk mengkonsumsi gula yang rendah kalori dan bukan seperti gula pada umumnya.
4. Makan sedikit tapi sering
Bukan hanya ibu hamil yang mengalami mual muntah tetapi penderita gula darah juga dianjurkan untuk makan sedikit tapi sering. Serta lebih memperhatikan pola makan, cobalah untuk makan setiap 4 jam sekali.
5. Diet tinggi protein
Diet tinggi protein juga dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.
Beberapa penyebab gula darah naik yang harus anda ketahui :
1. Pola makan
Pola makan juga mempengaruhi terjadinya peningkatan gula darah. Mengkonsumsi makanan secara berlebihan jika tidak diimbangi dengan sekresi insulin dengan jumlah yang cukup maka akan mengakibatkan penyakit gula darah. Penyebab penyakit gula darah yang disebabkan karena pola makan yaitu:
– Suka ngemil
– Kelebihan teh manis
– Kelebihan soft drink
2. Obesitas
Obesitas atau kegemukkan juga dapat menjadi salh satu faktor penyebab penyakit gula darah.
Faktor genetik (keturunan)
Penyakit gula darah dapat diwariskan oleh orang tua. Seorang anak dapat membawa gen penyakit gula darah dari orangtuanya.
3. Bahan-bahan kimia atau obat-obatan
Bahan-bahan kimia atau obat-obatan dapat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit gula darah, karena bahan-bahan kimia dapat merusak sel-sel pankreas yang dapat menyebabkan radang pada pankreas.
4. Penyakit atau infeksi pada pankreas
Salah satu penyebab terjadinya penyakit gula darah yaitu karena adanya infeksi pada pankreas seperti karena radikal bebas dan sering menggunakan botol plastik berulang kali.
5. Pola hidup
Pola hidup juga dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit gula darah. Seseorang yang jarang berolahraga akan rentan terkena penyakit gula darah, karena olahraga dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh. Selain itu juga dapat disebabkan karena kurang tidur, malas beraktivitas fisik dan terlalu banyak duduk.

Apabila anda merasa memiliki gejala-gejala sebagaimana tersebut diatas, itu adalah merupakan suatu “warning” bagi anda untuk segera mendatangi dokter untuk memastikan diri apakah anda memiliki penyakit DM, pemeriksaan darah adalah satu-satunya cara yang efektip untuk mengetahui kita menderita DM atau tidak, dengan melakukan pemeriksaan dan konsultasi melalui dokter maka kita sudah menjalani upaya pencegahan dini terhadap penyakit DM.

Kesehatan itu penting, oleh karenanya dengan melakukan pola hidup sehat maka paling tidak kita sudah mengupayakan untuk menjadikan diri menjadi sehat, antara lain dengan menjaga pola makan sehat baik dari aturan waktu makan, jenis makanan dan sebagainya disamping harus menjaga keseimbangan tubuh dengan melakukan kegiatan olah raga disela kesibukan pekerjaan kita.
Tubuh yang sehat, bugar penuh semangat adalah dambaan kita, mari kita jalani pola hidup sehat mulai dari diri kita sendiri.

Semoga bermanfaat..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar