Jangan Menahan Kencing, Berbahaya!

Jangan Menahan Kencing, Berbahaya!

 

Menahan buang air kecil bisa terjadi karena berbagai alasan. Entah itu karena sedang sibuk sehingga malas ke toilet, malas karena toilet kotor, atau terpaksa menahan pipis karena terjebak macet.


Namun, jangan sampai terlalu sering menahan pipis atau buang air kecil atau malah menjadi kebiasaan. jika sudah terasa ingin pipis, segeralah buang air kecil.

Mengapa demikian? Pada dasarnya, di dalam kandung kemih terdapat otot-otot untuk menahan air. Ketika air sudah memenuhi kandung kemih maka munculah rasa ingin buang air kecil.

Bagaimana jika pengeluaran air kencing ditahan? Akibat menahan pipis justru bisa mengeraskan otot-otot tersebut. Yaitu otot yang menahan air didalam kandung kemih tadi.
“Tahan pipis, otot jadi keras. sehingga apabila terlalu lama menahan pipis Malah susah kencing nanti. Atau gangguan kencing, buang airnya jadi enggak lancar, ada sisa (air kencing), jadi mudah infeksi. Infeksi bisa terjadi karena air kencing didalam kandung kemih mengandung bakteri. sehingga apabila kita menahan buang air kecil, air kencing yang mengandung bakteri itu bisa menyebabkan infeksi pada saluran kencing.

Infeksi bakteri pada akhinya juga bisa menyebabkan anyang-anyangan atau merasa ingin pipis, terus akan tetapi air kencing yang dikeluarkan sangat sedikit dan saluran kencing menjadi terasa perih/nyeri. mengapa menahan pipis terlalu lama juga bisa menimbulkan rasa nyeri?? karena dengan menahan pipis lama kelamaan menjadi berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi saluran kencing. Jadi jangan tunda buang air kecil jika sudah muncul keinginan untuk pipis.

“Setiap ada kesempatan pipis segera buang, jangan sering ditahan,”

Apa bahaya menahan sering kencing?

Kebiasaan yang buruk ini akan mengakibatkan berbagai penyakit yang berujung pada komplikasi. Proses terjadinya keinginan untuk kencing berawal dari reseptor yang mengirim sinyal ke otak. Sinyal ini mengirimkan pesan untuk sesegera mungkin “meringankan diri” sampai anda benar-benar tahu kapan untuk buang air kencing.

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa ditimbulkan oleh karena seseorang seringkali menahan pipis atau buang air kecil, yaitu :

Infeksi Ginjal
Tempat menampung air seni atau urine adalah ginjal. Ketika ginjal telah penuh dengan air kencing dan tidak segera dikeluarkan maka hal ini akan bisa berdampak infeksi pada ginjal. Apalagi bila menahannya adalah berjam-jam lamanya.

Karena kuman suka akan hal ini maka akan menimbulkan penyakit infeksi ginjal itu sendiri bila dibiarkan berlarut-larut dan lama mengendap pada ginjal itu sendiri.

Infeksi Saluran Kemih
Selain bisa berdampak kurang baik dan kurang sehat pada ginjal, kebiasaan menahan kencing juga bisa mempengaruhi saluran kencing itu sendiri. Saat urin akan melewati saluran kemih maka saluran yang di laluinya akan berurutan sebagaimana posisi dari atas ke bawah, ginjal, ureter, vesika urinaria (kantung kemih) dan uretra.
Seperti yang kita ketahui fungis ginjal adalah menyaring sisa metabolisme saluran darah, mengatur keseimbangan dan membentuk pembentukan hormon. Biasanya sakit yang timbul dari penderita penyakit ini ada di daerah atas tulang kemaluan, bagian bawah perut dalam dunia medis disebut dengan ‘regio hypogastrica.
Jika kita merasa sakit dibawah perut (anyang-anyangan) yang kita rasakan seperti ingin buang air kecil, tetapi tidak lancar dan hanya sedikit. Perlu di curigai penyakit infeksi saluran kemih.
Apalagi jika berdasarkan pemeriksaan dokter dan hasil laboratoriunm pada urin ditemukan kadar leukosit yang tinggi dalam urin melebihi batas normal yaitu diantara 4.1-10.9 dengan satuan 109/L. Bisa di diagnosa terjangkir infeksi saluran kemih.
Tanda Gejala infeksi saluran kemih memiliki gejala tertentu seperti halnya nyeri pada perut bagian bawah, muncul rasa perih saat buang air kecil, dan frekuensi buang air kecil juga menjadi lebih sering namun dengan volume yang sedikit. Jika sudah memiliki gejala seperti ini, segera periksa ke dokter sebelum muncul demam dan nyeri di daerah pinggang.

Gagal Ginjal
Puncak dari dampak akibat terlalu sering menahan buang air kecil ini adalah yaitu terjadinya kerusakan besar pada ginjal Anda yang mana biasanya penyakit ini disebut dengan gagal ginjal. Gagal ginjal adalah penyakit yang sangat mematikan dan sampai saat ini belum ada obatnya. Nah, maka dari itu apabila Anda tidak ingin terkena penyakit yang satu ini maka jangan pernah lagi menunda-nunda buang air kecil terlalu lama.

Batu Ginjal
Sering menahan kencing akan bisa berakibat pada timbulnya batu ginjal. Batu ginjal adalah batu yang bisa terbentuk dari sisa sisa kotoran yang sedianya harus segera dibuang melalui urin. Kandungan garam dan sisa mineral lain bisa mengendap dan menggumpal didalam ginjal, jika tak segera dikeluarkan.

Batu ginjal yang tak segera dioperasi dapat berlanjut menyebabkan luka pada dinding ginjal. Karena adanya luka dan banyaknya bakteri dalam urin, infeksi sudah pasti akan terjadi.

Sering menahan pipis berbahaya bisa menyebabkan infeksi dan penyakit kronis lainnya. Jadi jangan tunda buang air kecil jika sudah muncul keinginan untuk pipis….

Semoga bermanfaat……

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar