Jangan Anggap Sepele Sakit Flu (2)

Jangan Anggap Sepele Sakit Flu (2)

 

Penyakit Flu, terkadang oleh sebagian orang penyakit ini dianggap penyakit ringan dan tidak membahayakan karena hanya dianggap sebagai sakit pilek yang dalam 1 atau 2 hari akan sembuh. Apabila anda beranggapan demikian sebaiknya anda berpikir kembali karena penyakit Flu berbeda dengan penyakit pilek biasa, walau dianggap ringan namun apabila sampai akut menyerang, penyakit flu dapat melumpuhkan kegiatan kita, akan menimbulkan rasa tidak enak badan, meriang, bersin terus, pusing, mual dan masih banyak rasa yang tidak enak apabila kita terserang penyakit Flu ini.

Penyebab Flu

Flu disebabkan oleh virus influenza yang dapat ditularkan baik secara langsung atau tidak langsung.

Salah satu contoh penularan langsung adalah ketika kita tanpa sengaja menghirup butiran air liur di udara yang dikeluarkan oleh penderita flu melalui bersin atau batuk. Contoh penularan langsung lainnya adalah ketika kita bersalaman dengan penderita flu setelah sebelumnya tangan mereka memegang mulut atau hidung.

Penularan tidak langsung umumnya diperantarai oleh benda-benda yang telah terkontaminasi virus. Kita bisa terinfeksi flu apabila memegang permukaan benda yang sebelumnya telah terkena percikan butiran liur penderita. Virus flu bisa bertahan hidup pada permukaan benda selama satu hari. Contoh-contoh benda yang sering menjadi media perantara penularan virus flu adalah gagang pintu, telepon, atau papan tombol komputer.

Pengobatan Flu

Flu biasanya tidak perlu ditangani oleh dokter.Anda bisa mengobati kondisi ini sendiri di rumah. Langkah-langkah pengobatan sederhana yang dapat Anda lakukandi antaranya adalah dengan cukup istirahat, mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, serta menjaga suhu tubuh tetap normal.

Meningkatkan konsumsi cairan merupakan langkah penting agar kita terhindar dari dehidrasi yang merupakan salah satu komplikasi dari flu. Ketika Anda flu dan mengalami dehidrasi, tubuh akan kehilangan gula, garam, dan cairan. Anda dapat mencoba meminum cairan yang mengandung gula dan elektrolit/ion untuk mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Selain langkah-langkah penanganan mandiri di atas, Anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran apabila dibutuhkan, misalnya paracetamol atau ibuprofen. Kedua obat ini dapat menurunkan demam dan mengurangi pegal-pegal. Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi antibiotik karena obat ini hanya berfungsi untuk membunuh bakteri, bukan membunuh virus sebagai penyebab flu.

Ada beberapa kelompok orang yang rentan mengalami komplikasi akibat flu, di antaranya adalah wanita hamil, lansia, orang yang kekebalan tubuhnya rendah, serta penderita penyakit serius (misalnya gagal jantung). Karena itu, dokter biasanya akan memberikan obat antivirus terhadap mereka yang berisiko.

Terdapat dua jenis antivirus saat ini banyak digunakan untuk mengatasi flu, yaitu oseltamivir dan zanamivir. Namun, manfaat serta efek samping kedua obat ini masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tamiflu terbukti kurang efektif dalam menurunkan risiko komplikasi akibat flu. Di samping itu, sekitar 50% penderita yang mengonsumsi obat ini menunjukkan gejala efek samping yang cukup serius, antara lain dampak pada persarafan, kondisi psikis, serta sistem pencernaan. Konsultasikan kepada dokter Anda untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Pencegahan Flu

Beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan flu adalah:

  • Menjaga kebersihan.
  • Selalu mencuci tangan, misalnya sebelum makan atau setelah bepergian.
  • Menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk.
  • Memakai masker saat bepergian (terutama bagi pengguna kendaraan umum) atau ketika berada di sekitar penderita flu.
  • Memastikan tubuh menerima asupan vitamin dan gizi secaracukup dan seimbang.
  • Istirahat yang cukup.
  • Olahraga secara teratur.
  • Menjaga asupan cairan.

Vaksinasi Influenza

Vaksin influenza yang diberikan di Indonesia adalah vaksin influenza tipe A dan tipe B. Vaksin influenza ini mengandung virus tidak aktif dan diberikan dengan cara disuntikkan ke otot (intramuskular). Pemberian vaksin ini direkomendasikan bagi:

  1. Semua orang yang berusia 65 tahun atau lebih.
  2. Anak-anak dan dewasa dengan penyakit menahun seperti asma, diabetes, penyakit ginjal, dan anak dengan daya tahan tubuh lemah.
  3. Orang yang sering terpapar virus influenza, misalnya tenaga kesehatan, orang yang tinggal serumah dengan penderita, serta pengasuh anak yang berusia 6-23 bulan.
  4. Imunisasi influenza juga diberikan kepada anak yang sehat berusia 6-23 bulan.

Vaksinasi pada anak-anak bisa dilakukan sejak mereka berusia enam bulan dengan frekuensi pengulangan satu kali tiap tahun. Pada anak dan dewasa dengan daya tahan tubuh yang rendah, pemberian hanya diberikan sebanyak dua kali dengan selang satu bulan dari pemberian vaksin pertama.

Meskipun vaksin influenza direkomendasikan untuk hampir semua orang, terdapat beberapa kondisi tertentu yang tidak disarankan untuk menerima vaksin influenza, antara lain:

  1. Orang yang mengalami reaksi alergi hebat (anafilaksis) pada pemberian vaksin sebelumnya.
  2. Orang yang setelah makan telur mengalami pembengkakan di bibir atau lidah, atau mengalami distres nafas atau pingsan.
  3. Seseorang yang sedang mengalami demam tinggi.

Efek samping vaksin influenza di antaranya adalah demam, batuk, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan sakit kepala. Sedangkan efek samping yang jarang terjadi adalah bersin-bersin, sesak napas, sakit pada telinga, dan gatal-gatal.

Agar anda tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit maka aturlah hidup anda dengan sebaik-baiknya, luangkan sedikit waktu untuk ber_olah raga untuk mengaktipkan setiap sel organ tubuh anda mulai dari olah raga ringan sampai olah raga berat, sesuaikan dengan kemampuan anda, asupan suplemen akan sangat membantu anda untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar sehabis ber olah raga.

Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah terserang penyakit, tidak mudah mengalami kegemukan dan dapat membentuk tubuh yang ideal (klik duniabugar.com – suplemen fitness murah atau WA 081_212_212_445) sebagian besar suplemen kebugaran yang anda butuhkan tersedia disitu..

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar