Jangan Anggap Sepele Sakit Flu (1)

Jangan Anggap Sepele Sakit Flu (1)

Penyakit Flu, terkadang oleh sebagian orang penyakit ini dianggap penyakit ringan dan tidak membahayakan karena hanya dianggap sebagai sakit pilek yang dalam 1 atau 2 hari akan sembuh. Apabila anda beranggapan demikian sebaiknya anda berpikir kembali karena penyakit Flu berbeda dengan penyakit pilek biasa, walau dianggap ringan namun apabila sampai akut menyerang, penyakit flu dapat melumpuhkan kegiatan kita, akan menimbulkan rasa tidak enak badan, meriang, bersin terus, pusing, mual dan masih banyak rasa yang tidak enak apabila kita terserang penyakit Flu ini.

Pengertian Flu

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Masa inkubasi virus flu termasuk singkat. Anda akan mengalami gejala hanya dalam waktu satu hingga tigahari setelah pertama kali terinfeksi. Masa di mana flu paling menular adalah di hari ketika gejala mulai muncul hingga tiga atau tujuh hari berikutnya.

Banyak yang mengira flu serupa dengan pilek karena kemiripan gejalanya, namun anggapan ini tidak tepat. Jenis virus yang menyebabkan flu berbeda dengan pilek biasa. Selain itu, flu cenderung memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita. Sedangkan pilek umumnya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berdampak kepada rutinitas penderita.

Langkah Pengobatan Flu

Penanganan dokter tidak dibutuhkanpada sebagian besar kasus flu, karena penyakit ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Beberapa langkah pengobatan mandiri yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah dengan istirahat secaracukup, banyak minum, danmenjaga tubuh agar tetap hangat.

Anda juga dapat mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen yang dapat dibeli bebas di apotek untuk menurunkan demam serta mengurangi rasa sakit dan pegal. Anda tidak dianjurkan mengonsumsi antibiotik karena obat ini hanya diperuntukkan bagi kondisi yang disebabkan oleh bakteri, sedangkan penyebab flu adalah virus.

Langkah Pencegahan Flu

Virus flu dapat menular melalui butiran liur yang dikeluarkan oleh penderita ketika bersin atau batuk. Selain itu, benda-benda yang sudah terkontaminasi virus flu juga bisa menjadi media penularan.Langkah utama untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Bagi pengguna kendaraan umum, disarankan untuk memakai masker saat bepergian.

Langkah pencegahan flu lainnya adalah dengan vaksinasi. Tetapi cara ini hanya dianjurkan bagi mereka yang lebih rentan mengalami komplikasi flu.

Gejala Flu

Gejala flu biasanya akan mulai berkembang dalam kurun satu hingga tiga hari pasca terinfeksi virus. Beberapa gejala yang biasanya dialami adalah:

  • Demam.
  • Pegal-pegal.
  • Batuk kering.
  • Sakit kepala.
  • Kelelahan.
  • Menggigil.
  • Sakit tenggorokan.
  • Bersin-bersin, hidung tersumbat, atau hidung beringus.
  • Nafsu makan menurun.
  • Sulit tidur.

Sebagian besar penderita flu pulih dalam waktu kurang dari satu minggu.Meskipun begitu, sejumlah orang ada yang masih mengalami batuk atau rasa lelah hingga beberapa minggu ke depan.

Anda sebaiknya waspada dan memeriksakan diri ke dokter jika:

  • Anda termasuk kategori orang-orang yang rentan mengalami komplikasi flu, seperti ibu hamil, manula, penderita penyakit kronis (penyakit paru-paru atau jantung), serta orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun.
  • Gejala flu yang Anda alami sama sekali tidak berkurang, makin parah, atau justru tidak kunjung sembuh setelah tujuh hari.

Komplikasi Akibat Flu

Flu umumnya sembuh tanpa menyebabkan komplikasi. Meskipun begitu, Anda disarankan untuk tetap berhati-hati karena sistem kekebalan tubuh saat menderita flu akan menurun sehingga lebih mudah tertular penyakit lain. Demikian pula dengan orang-orang yang lebih rentan mengalami komplikasi, seperti wanita hamil, lansia, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun, serta penderita penyakit kronis (misalnya penyakit paru-paru).

Flu jarang menyebabkan komplikasi serius. Meskipun begitu, risiko untuk terkena komplikasi infeksi ini cukup tinggi di kalangan:

  • Anak-anak.
  • Ibu hamil.
  • Manula.
  • Penderita penyakit serius atau kronis seperti gagal jantung, penyakit paru-paru, atau diabetes.
  • Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun, seperti penderita kanker dan HIV.

Sejumlah komplikasi yang umum terjadi adalah:

Infeksi paru-paru. Jenis infeksi paru-paru yang paling sering dialami oleh penderita flu adalah bronkitis. Bronkitis merupakan infeksi di bagian saluran pernapasan utama yang disebut dengan bronkus. Pada beberapa kasus, komplikasi yang lebih parah dapat terjadi, contohnya adalah pneumonia (radang paru).

Perburukan gejala flu. Pada orang-orang dengan masalah kesehatan jangka panjang (kronis) seperti asma atau PPOK, gejala flu bisa menjadi lebih parah daripada orang normal.

Peningkatan gula darah pada penderita diabetes. Selain meningkatkan gula darah, flu juga berpotensi memicu terjadinya kondisi diabetik ketoasidosis pada penderita diabetes melitus tipe 1.

Kelahiran prematur. Pada ibu hamil, risiko untuk terjadi infeksi akibat flu akan meningkat. Flu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur atau berat badan lahir bayi yang sangat rendah.

Di samping itu, ada beberapa jenis komplikasi lain yang juga bisa dipicu oleh flu. Di antaranya adalah pembengkakan amandel (tonsilitis), infeksi telinga, bronkitis, dehidrasi yang parah, serta meningitis.

Pada pengidap flu, dehidrasi juga berpotensi terjadi karena adanya rasa enggan untuk minum akibat sakit tenggorokan dan demam yang dirasakan. Selain orang dewasa yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, anak-anak juga rentan mengalami dehidrasi, khususnya yang berusia di bawah dua tahun.

Ingat, agar anda tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit maka aturlah hidup anda dengan sebaik-baiknya, luangkan sedikit waktu untuk ber_olah raga untuk mengaktipkan setiap sel organ tubuh anda mulai dari olah raga ringan sampai olah raga berat, sesuaikan dengan kemampuan anda, asupan suplemen akan sangat membantu anda untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar sehabis ber olah raga.

Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah terserang penyakit, tidak mudah mengalami kegemukan dan dapat membentuk tubuh yang ideal (klik duniabugar.com atau WA 081 212 212 445) sebagian besar suplemen kebugaran yang anda butuhkan tersedia disitu..

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar