Hindari Kesalahan Sebelum Fitnes Agar Hasilnya Tidak Sia-sia

Hindari Kesalahan Sebelum Fitnes Agar Hasilnya Tidak Sia-sia

Fitnes atau olahraga tidak bisa dilakukan dengan maksimal tanpa persiapan yang benar. untuk itu sebelum anda melakukan fitnes atau olah raga apapun agar dapat tercapai hasil yang maksimal persiapkanlah diri anda untuk melakukan olah raga tersebut. Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pegiat fitnes dan mengakibatkan hasil olahraga tidak optimal bahkan cedera. untuk itu hindari melakukan hal-hal sebagaimana diantaranya sebagai berikut ini sebelum mulai fitnes.

1. Nge-gym dengan Perut Kosong

Jika ingin nge-gym di pagi hari, jangan biarkan perut Anda dalam keadaan kosong. Tubuh akan memerlukan asupan energi setelah semalaman bekerja keras mendetoks racun-racun. Maka dari itu makanlah sedikit agar Anda mendapat tenaga untuk latihan. Olahraga saat perut kosong hanya akan membuat massa otot Anda hilang karena digunakan untuk energi. Anda bisa memakan sereal, sandwich, yoghurt atau energy bar.

2. Mengonsumsi Serat

Apel dan selai kacang memang camilan yang sehat. Tapi sebaiknya tidak dikonsumsi saat akan olahraga. Makanan tinggi serat bisa membuat perut terasa tak nyaman dan memicu untuk buang air besar dan itu akan mengganggu konsentrasi Anda ketika nge-gym. Sebaiknya pilih makanan yang kaya karbohidrat dan protein seperti nasi merah, pasta, telur rebus atau dada ayam kukus tanpa kulit.

3. Minum Energy Drink

Minuman energi yang mengandung kafein mungkin bisa menambah tenaga, tapi kadar gulanya juga sangat tinggi. Hal itu bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak naik namun cepat juga turun sehingga membuat tubuh tambah lemas. Lebih baik minum kopi hitam atau teh hijau tanpa gula yang juga bisa berfungsi sebagai pembakar lemak.

4. Makan Terlalu Banyak

Anda tak disarankan olahraga dalam keadaan perut kosong. Tapi jangan juga makan terlalu banyak. Konsumsi makanan yang berlebihan, tidak hanya membuat pencernaan bermasalah saat nge-gym tapi juga menyulitkan tubuh untuk konsentrasi; antara memecah makanan menjadi nutrisi atau menyediakan energi agar bisa terus olahraga. Akibatnya, tubuh justru menjadi lesu. Idealnya, konsumsi makanan secukupnya 30 menit sebelum olahraga.

5. Pakai Baju Berbahan Katun

Pakaian katun lembut, nyaman dikenakan dan mudah menyerap keringat. Namun bukan pilihan yang tepat untuk dipakai nge-gym. Ketika berkeringat, bahan ini akan menjadi basah karena keringat dan cenderung membuat kulit lembab dan bisa menyebabkan infeksi jamur pada lipatan tubuh. Sebaiknya pakai busana khusus olahraga karena pastinya sudah disesuaikan dengan kondisi tubuh saat berkeringat dan beraktivitas banyak.

6. Tidak Pemanasan

Langsung latihan tanpa pemanasan bisa meningkatkan risiko cedera. Apalagi jika Anda sudah cukup lama tidak beraktivitas fisik. Sediakan waktu minimal lima menit. Seperti berjalan, squat atau lari-lari kecil. Sehingga tubuh lebih siap untuk menerima gerakan selanjutnya yang lebih intens.
Sebenarnya anda tidak perlu makan sebelum melakukan olahraga, karena setidaknya 3 – 4 jam sebelumnya lambung anda sudah dipenuhi makanan yang bernutrisi tinggi. Makanan yang baru saja kita makan hanya akan menjadi bahan mentah yang belum bisa digunakan. Padahal untuk berolahraga kita memerlukan energi yang cukup sehingga makanan yang sudah kita konsumsi sebelumnya yang telah mengalami proses penyerapanlah yang akan menjadi sumber energi. Makanan yang baru kita konsumsi apalagi jaraknya sangat dekat dengan waktu olahraga hanya akan membuat perut kita tidak nyaman sehingga bisa mengganggu aktivitas berolahraga anda.

Namun demikian walaupun jangan melakukan fitnes dengan perut kosong tapi setidaknya anda makan paling tidak 3-4 jam sebelum fitnes atau olah raga apapun, bagi anda yang sedang dalam program fat loss mengkonsumsi makanan sebelum olahraga akan mengurangi kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Hal ini terjadi karena seharusnya tubuh menggunakan cadangan tenaga berupa lemak untuk menjadi sumber tenaga utama. Tapi tubuh lebih memilih gula dari makanan yang baru saja dikonsumsi untuk dijadikan sumber tenaga utama sehingga lemak yang masih ada akan kembali disimpan untuk dijadikan sumber tenaga cadangan.

Pada saat tubuh selesai menggunakan gula sebagai tenaga maka tubuh akan merasa kelelahan. Hal ini menandakan kadar gula dalam tubuh sudah menurun. Saat itu baru tubuh mulai mencari tenaga cadangan yaitu lemak, sehingga tubuh bekerja dua kali untuk mengurangi lemak tubuh. Karena hal ini bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi makanan sama sekali, diperbolehkan tapi lakukan 3 – 4 jam sebelum berolahraga dan pastikan konsumsilah makanan yang rendah lemak serta makanan yang cepat serap oleh tubuh.

Setelah melakukan olahraga tidak berarti anda tidak boleh makan, karena setelah berolahraga tubuh memerlukan energi pengganti untuk meneruskan aktivitas berikutnya. Makanan setelah olahraga pun perlu dikontrol untuk menghindari penumpukkan lemak, konsumsilah makanan yang rendah lemak, tinggi protein serta kaya serat. Jika ingin menambahkan suplemen, anda bisa mengkonsumisi BCAA, whey protein, casein (apabila anda berolahraga malam hari), atau glutamine, semua suplemen ini untuk melengkapi nutrisi dari real food yang anda konsumsi.

Latihan nge-gym disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh tetap segar, dan segar sehabis latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal, berapapun usia anda (klik duniabugar.com _ Suplemen murah atau WA 081-212-212-445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..
Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar