Dumbell dan Kegunaannya

Dumbell dan Kegunaannya

Mengenal Alat Fitnes secara umum.

Dumbel adalah sejenis alat angkat beban bebas yang digunakan dalam latihan beban. Alat ini dapat digunakan sendiri atau berpasangan masing-masing digenggam satu tangan.
Dumbbell biasanya memiliki ukuran 10 hingga 15 inchi. Latihan dumbbell dilakukan dengan mengangkat dumbbell di setiap tangan. Dumbell adalah alat yang paling fleksibel dari semua Alat yang ada di tempat Gym, kenapa fleksibel? Karena hanya dengan Dumbell, Anda bisa melatih Hampir semua Otot besar dan Otot kecil tubuh Anda.
Dumbel bisa digunakan untuk latihan beban serta untuk kebugaran tubuh secara keseluruhan. Dumbel sangat cocok untuk digunakan latihan baik di rumah maupun di gym. Alat ini bisa digunakan untuk berbagai latihan, dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dumbel merupakan alat yang sangat efektif karena selain dapat melatih otot-otot utama, alat ini juga melibatkan banyak otot untuk membantu menstabilkan gerakan latihan.

terdapat tiga jenis dumbel:

  1. Dumbel yang dapat disesuaikan terdiri atas gagang logam yang bagian tengahnya biasanya dicukil pola silang untuk meningkatkan daya genggam. Cakram beban (pelat) dimasukkan pada ujung dumbel yang demantapkan sengan jepitan atau cincin pengikat. Di sebelah kanan adalah dumbel “spinlock”, yang ujungnya beralur untuk menerima cincin pengikat seperti mur dan baut. Pilihan lainnya ujung dumbel mungkin halus tanpa alur dengan penjepin cincin pegas. Kini banyak dumbel yang dijual secara komersial tersedia dengan penjepit canggih dan mudah digunakan untuk menambah atau mengurangi beban.
  2. Dumbel dengan beban tetap adalah pegangan beban yang dibuat berbentuk dumbel. Variasi yang lebih murah terdiri atas besi cetak, kadang dilapisi dengan karet atau neoprene untuk kenyamanan kenggaman. versi yang lebih murah berupa cangkang plastik yang diisi beton.
  3. Dumbel “pilihan” adalah dumbel yang dapat disesuaikan dengan beberapa pelat beban yang dapat diganti dengan mudah kala ditaruh di atas rak beban. Hal ini dicapai dengan menyesuaikan jumlah pelat yang menempel pada pegangan ketika diangkat, dengan memutar pin pemilih — daripada menambah atau mengurangi beban secara manual. Hal ini memungkinkan mengganti jumlah beban di antara latihan, rak biasanya ganda untuk menyimpan beban yang tidak digunakan.

Dumbel dapat dipergunakan sebagai sarana olah raga baik pria maupun wanita, namun kebanyakan wanita enggan melakukan latihan beban, karena takut hasil dari olahraga itu adalah memiliki otot lengan yang kekar. Padahal, apabila dipergunakan secara benar Satu set dumbel yang bebannya sesuai dengan kemampuan, selain praktis, gerakan-gerakan olahraga yang menggunakan dumbel bermanfaat untuk kebugaran tubuh.

Kegunaan Dumbell
Ada berbagai macam kegunaan dumbell sebagai sarana olah raga, utamanya adalah untuk olah raga beban, namun perlu diingat, berat dumbel untuk pemula sebaiknya yang ukuran 2 kg saja, baru secara periodic kita tingkatkan beratnya sesuai dengan kemampuan tangan kita.

Ingin tahu, apa saja manfaatnya?

  1. Dumbel dapoat mengencangkan otot tubuh bagian atas. Mungkin Anda hanya mengira, dumbel hanyalah untuk latihan otot-otot lengan (bicep curl) saja, padahal latihan beban dapat juga mengencangkan otot dada, punggung, dan perut.
  2. Dumbel dapat meningkatkan kekuatan. Dumbel membantu Anda melakukan jenis gerakan yang beragam. Ini penting untuk pertumbuhan otot. Jika Anda memegang dumbel di masing-masing tangan, Anda dapat menurunkan beban dengan lebih rendah lagi pada setiap pengulangan. Dengan demikian melibatkan lebih banyak otot dan memicu perkembangannya.
  3. Latihan dumbel dapat menyehatkan jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan, latihan beban dapat menurunkan tekanan darah dan secara tidak langsung menguatkan jantung. disamping juga terdapat manfaat  latihan beban yang lain, seperti perbaikan sel-sel tubuh dan meningkatkan penyerapan oksigen
  4. Dumbel dapat memperbaiki ketidakseimbangan otot. Dumbel dapat membantu mendeteksi ketidakseimbangan kekuatan yang mungkin terjadi sewaktu olahraga, terutama saat menggunakan alat fitnes. Dengan dumbel, saat melakukan gerakan, bagian tubuh lemah, otomatis mendikte beban yang akan diangkat, dan memastikan bahwa kedua sisi tubuh terlatih dengan seimbang.
  5. Dumbel dapat mengurangi risiko cedera. Dengan dumbel, Anda dapat menahan dengan satu tangan, dan seluruh latihan terfokus pada bagian yang sedang dituju, sehingga bisa menghindari cedera.

Biasanya tiap tempat fitness memiliki perlengkapan dumbbell dengan berat yang bervariasi. Sesuai dengan kelas tempat fitness, biasanya yang tempat fitness miliki adalah dumbbell dengan berat 5 sampai dengan 100 lbs atau sekitar 2 kg sampai dengan 45 kg dengan penambahan berat 2 kg. Terdapat juga dumbbell yang beratnya dapat diubah dan mereka biasanya memiliki penutup kecil yang akan menutup ujung dari dumbbell tersebut sehingga dapat menahan piringan beban. Walaupun jenis semacam ini tidak senyaman deretan dumbbell yang beratnya telah fix, jenis semacam ini lebih murah dan memakan lebih sedikit tempat. Sehingga jenis ini akan lebih tepat untuk latihan di rumah anda. Dumbbell dapat menjadi alat fitnes untuk semua bagian Otot.

Latihan kebugaran disertai dengan asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar setelah latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal berapapun usia anda (klik duniabugar.com, atau WA di 081 212 212 445) berbagai suplemen kebugaran yang anda perlukan tersedia disitu

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar