Cara Menghilangkan Keloid Secara Alami

Cara Menghilangkan Keloid Secara Alami

 

Secara umum, keloid adalah bekas luka yang timbul dipermukaan kulit dimana sebelumnya terdapat luka, keloid ini adalah pertumbuhan jaringan parut yang menonjol, melebar dan memanjang dengan permukaan yang licin jika disentuh oleh telapak tangan.

Keloid merupakan benjolan pada kulit yang memiliki ciri berwarna merah ataupun kecoklatan. Keloid ini berasal dari kelebihan jaringan fibrosa setelah proses penyembuhan luka. Sebenarnya keloid ini bukanlah sebuah penyakit yang berbahaya layaknya benjolan tumor ataupun kanker. Namun hanya saja keloid sangalah mengganggu penampilan seseorang, apalagi jika berada ditempat yang terbuka. Biasanya keloid muncul pada luka sebelumnya seperti luka jerawat, luka gores, luka bakar ringan ataupun bekas operasi. Kondisi keloid semakin hari akan meluas melebihi batas luka sebelumnya. Maka sebelum hal itu terjadi sangat penting mengetahui bagaimana cara menghilangkan keloid.

Secara alami keloid dapat dihilangkan dengan berbagai cara, dengan bahan sebagai berikut :

1. Cuka Sari Apel Murni

Apel murni yang telah diolah sehingga menghasilkan sari dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan keloid. Ini adalah metode tradisional yang bisa dilakukan sendiri dirumah, fungsi dari cuka sari apel murni adalah mengecilkan dan menghilangkan warna kemerahan pada bekas luka menonjol.

Berikut ini panduan pengobatannya:

  • Gunakan kuas untuk mengoles bekas luka yang menonjol, kemudian beri pijatan lembut beberapa saat agar cuka sari apel murni dapat terserap kedalam kulit.
  • Tunggu sampai sari apel mengering, kemudian ulangi proses ini dalam sehari minimal 3 kali agar proses pemulihan lebih cepat.

Apabila kulit Anda sensitif terhadap cuka sari apel, misalnya menyebabkan iritasi, segera beralih ke cara lain atau bisa juga Anda encerkan sari apel dengan menambahkan sedikit air pada campurannya.

2. Baking Soda

Baking soda terlibat untuk mengusir keloid dengan peranan sebagai pengelupas dan penghalus kulit.

Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Ciptakan pasta atau krim halus dengan menggabungkan kedua substansi berupa satu bagian bakin soda dengan tiga bagian hidrogen peroksida.
  • Oleskan krim atau pasta yang telah jadi pada daerah keloid, fungsinya adalah mengurangi peradangan dan mempercepat proses pemulihan.

Anda bisa menerapkan metode alami ini sehari tiga sampai empat kali, sesuai tingka parah atau tidaknya bekas luka yang Anda miliki.

3. Jus Lemon

Jus lemon menyediakan vitamin C serta bersifat sebagai antioksidan yang dapat menunjang kesehatan tubuh sekaligus kecantikan kulit. Jus lemon juga efektif untuk mengobati keloid dan beberapa jenis luka lain.

Cara pengobatan keloid dengan jus lemon sendiri tidaklah sulit:

  • Buat jus lemon yang airnya tidak terlalu banyak, maksudnya sari lemon masih agak kental.
  • Oleskan jus lemon pada daerah kulit yang ternodai keloid.
  • Diamkan hingga setengah jam lamanya, kemudian bersihkan dengan air hangat sampai tidak lengket.

Seiring berjalannya waktu keloid tersebut akan hilang secara signifikan, Anda hanya perlu konsisten melakukannya.

4. Lidah Buaya

Selain banyak manfaatnya untuk rambut, ternyata aloe vera bisa digunakan untuk mengobati keloid. Disini kandungan lidah buaya akan membantu mengurangi peradangan, menjaga kelembaban kulit, serta menyembuhkan kulit yang rusak.

Langsung saja Anda terapkan caranya sebagai berikut:

  • Area bekas luka dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air hangat.
  • Tempelkan gel lidah buaya pada keloid, kemudian diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air dingin.

Cara menghilangkan keloid menggunakan lidah buaya ini memang metode alami paling simpel dan tidak menghabiskan banyak uang apalagi tenaga.

5. Madu

Humectant yang mempunyai sifat pemulih ini sangat direkomendasikan oleh pakar pengobatan alternatif dalam hal mengobati keloid. Tidak perlu repot, cukup mengoleskan keloid dengan madu secara rutin selama beberapa minggu akan mengempeskan dan memudarkan warna bekas keloid secara bertahap.

6. Minyak Lavender

Menggunakan minyak lavender juga merupakan cara paling ampuh untuk menghilangkan keloid dan membantu mengurangi bekas luka. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, campurkan 2 hingga 3 tetes minyak lavender dengan 2 sendok makan minyak jarak lalu gosokkan pada bekas luka. Agar hasil lebih maksimal,  ulangi pemakaian 3 hingga 4 kali dalam sehari.

Walau sangat banya cara dan bahan yang dapat dipergunakan untuk mengobati keloid, anda tidak perlu bingung pilih yang mana. Anda bisa memilih salah satu, kemudian mencobanya, jika hasilnya positif maka lanjutkanlah, begitupun sebaliknya anda dapat mencoba dengan bahan yang lainnya.

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar