Cara Lain Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami

Cara Lain Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami

Cara Lain Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami

Testosteron adalah hormon stereoid dari kelompok androgen yang berperan penting bagi kesehatan, baik pada pria maupun wanita. Rata-rata pria dewasa menghasilkan sekitar 20 kali lebih banyak dibandingkan wanita. Kadar testosteron akan mencapai puncaknya ketika masih berusia muda dan akan terus menurun saat seseorang mulai memasuki usia 30 tahun. Testosteron juga berperan penting untuk menjaga otot dan tulang agar tetap kuat, serta menjaga kadar lemak tetap rata. Selain perubahan fungsi seksual serta menurunnya massa otot dan kepadatan tulang, rendahnya testosteron bisa menyebabkan berbagai jenis masalah kesehatan.

Tidak dapat dipungkiri lagi hormon testosteron pada pria adalah hormon yang sangat penting dan vital di dalam tubuh. Hormon testosteron dalam dunia angkat beban berfungsi untuk meningkatkan pembentukkan massa otot dan pembakaran lemak. Selain kedua fungsi tersebut fungsi lain dari hormon testosteron ialah memperbaiki mood, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan libido pada pria, serta meningkatkan kualitas hidup seorang pria.

Tapi sayang sekali pada usia 30 tahun tubuh pria secara alami mengalami penurunan produksi hormon testosteron. Penurunan ini akan terjadi secara drastis terutama bagi anda yang jarang berolahraga. Penurunan hormon testosterone ini dapat meningkatkan resiko penyakit hati, diabetes level 2, gangguan fungsi sexual, obesitas, osteoporosis, dan lain-lain.
Kabar baiknya banyak sekali cara untuk meningkatkan hormon testosteron secara alami tanpa harus tergantung obat-obatan seperti steroid dan semacamnya. Berikut ulasan beberapa cara lain untuk meningkatkan kadar hormon testosteron:

1. Konsumsi Lemak
Lemak yang kita bahas disini ialah lemak baik atau lemak tak jenuh. Beberapa studi mengatakan bahwa lemak tak jenuh memegang peranan dalam meningkatkan hormon testosteron secara alami. Lemak tak jenuh bisa kita dapat dari makanan sehari – hari seperti, alpukat, olive oil, daging sapi, almond, kacang-kacangan, keju, coklat hitam, dan lain-lain. Lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan produksi hormon testosteron.

2. Jangan Menghindari Kolesterol
Testosteron di dapat dari kolesterol, sehingga mau tidak mau anda harus memasukkan kolesterol dalam menu harian anda. Tapi kolesterol yang harus dikonsumsi adalah kolesterol baik (HDL). Perlu di ingat bahwa testosterone diikat pada protein yang anda konsumsi. Beberapa makanan sumber kolesterol baik (HDL) ialah daging sapi bebas lemak, telur, keju, coklat hitam, tapi walaupun kolesterol baik tetap tidak diperbolehkan dikonsumsi secara berlebihan.

3. Konsumsi Sumber Makanan Alami Pembangkit Testosterone
Dalam makanan sehari-hari selain dari suplemen yang aman digunakan, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan level testosteron seperti, biji labu, udang, kerang, kelapa, kacang almond, buah strawberry dan lain-lain. Makanan ini mengandung zinc yang dapat meningkatkan hormon testosteron anda secara alami.

4. Lakukan Angkat Beban yang Menggunakan Gerakan Isolation dan Compound
Lakukanlah latihan angkat beban dengan kombinasi gerakan isolation dan compound untuk merangsang pembentukkan otot anda. Semakin stress otot anda saat melakukan angkat beban semakin banyak hormon testosteron yang dikeluarkan. Gunakanlah beban yang tepat agar tubuh anda dapat memaksimalkan 10 repetisi yang digunakan. Beberapa latihan seperti squat, leg press, bench press, deadlift adalah jenis latihan yang tepat untuk meningkatkan hormon testosteron anda secara alami.

5. Latihan dengan Durasi Panjang Tidak Baik
Durasi latihan olah raga yang panjang dapat memicu pengeluaran hormon kortisol yang berdampak pada penurunan hormon testosterone. Dengan durasi latihan yang panjang akan memicu tubuh berlatih terlalu keras sehingga menyebabkan tubuh overtraining, otot akan mengalami katabolik (penyusutan otot), gunakan durasi latihan maksimal 60 menit, perpendek jarak istirahat antar set untuk memaksimalkan waktu dan memaksimalkan pengeluaran hormon testosteron anda.

6. Perbaiki Kualitas Tidur / Istirahat Anda
Kualitas tidur yang baik selain membuat tubuh anda lebih nyaman dan relax, dapat membuat tubuh anda lebih cepat memulihkan otot yang sudah dilatih secara keras, tubuh juga dapat melepas hormon testosteron secara alami untuk meningkatkan pertumbuhan otot anda. penelitian mengungkapkan, seseorang yang melakukan tidur yang cukup 7 – 9 jam sehari pada saat malam, mengalami peningkatan produksi hormon testosteron di pagi hari.

7. Lakukanlah Program Latihan Intensitas Tinggi Untuk Meningkatkan Hormon Testosteron Anda.
Latihan intensitas tinggi akan merangsang tubuh anda mengeluarkan hormon testosteron anda. Beberapa pilihan program seperti drop set dan superset mampu meningkatkan tenaga dan hormon testosteron anda ke tingkat paling maksimal.

8. Menurunkan Berat Badan
Lemak tubuh berlebihan dapat menurunkan kadar testosterone, menurut sebuah studi bahwa 75 persen laki-laki yang sangat gemuk, baik muda ataupun tua, memiliki kadar testosteron yang rendah. Jadi, solusi yang tepat untuk meningkatkan kadar testosterone adalah dengan cara menurunkan berat badan.

9. Tingkatkan Asupan Vitamin D
Vitamin D sebenarnya juga merupakan hormon, orang yang mempunyai kadar vitamin D yang tinggi, kadar testosteronnya lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang kadar vitamin D nya rendah. Pria dengan kadar testosterone rendah yang di beri suplemen vitamin D setiap hari selama setahun maka akan mengalami kenaikan kadar testosterone sebesar 20 persen. Vitamin D dapat mengubah testosterone ke estrogen, dimana pada saat yang sama membuat resptor pada kelenjar andrenal yang melepaskan hormone testosterone jadi lebih sensitif.

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar