Bersihkan Pikiran Dengan Yoga

Bersihkan Pikiran Dengan Yoga

Anda sering stress dan banyak pikiran? Penelitian membuktikan bahwa stress dapat memicu banyak penyakit. Oleh sebab itu ayo coba redam stress dengan berlatih yoga. Latihan yoga memang umumnya dilakukan bersama-sama di dalam kelas atau ruang terbuka. Tapi sebenarnya Anda pun bisa melakukannya sendirian tanpa instruktur yoga karena pada dasarnya yoga adalah jenis olahraga yang fleksibel, bisa dilakukan kapan pun di mana pun.

Dengan berlatih sendiri sebenarnya kita bisa lebih bebas mengeksplorasi gerakan-gerakan yang selama ini tampaknya sulit. Kita bisa mengulang-ulang gerakan itu tanpa takut ketinggalan pose yang sedang dipratikkan oleh intruktur yoga di kelas. Misalnya saja Anda bisa mengulang gerakan Triangle Pose selama lima kali atau menghabiskan waktu 20 menit melakukan Corpse Pose. Semakin lama kita meluangkan waktu untuk melakukan satu gerakan, semakin puas dan makin berenergi kita.

Berlatih sendiri bisa berarti Anda mengikuti gerakan di video, youtube, buku, atau mengulang gerakan yang sudah dipelajari di kelas. Latihan sendiri bisa membuat kita fokus dan lebih memahami gerakan-gerakan yang memang ingin dilakukan. Keuntungan lain dari berlatih yoga sendiri di rumah adalah Anda tidak terpaku pada jam-jam latihan. Jika Anda tak bisa ikut kelas karena terlambat pulang dari kantor, Anda masih bisa tetap melakukannya sendiri.

Joanna Rajendran, pendiri Our Love Yoga, menjelaskan, terkadang rasa tidak suka pada pelatih yoga bisa membuat semangat kita untuk mengikuti yoga jadi berkurang.

Dengan melakukannya sendiri, kita bisa lebih bebas melakukan gerakan yang belum dikuasai sepuasnya dan tentu lebih nyaman. Kelebihan utama berlatih yoga sendiri, menurut Jason Crandell, seorang pelatih yoga, adalah melatih kesadaran diri

“Tanpa adanya suara pelatih yang memandu, kita bisa masuk ke dalam dan melihat apa yang terjadi pada tubuh, emosi, dan juga pikiran. Ini akan membantu kita melihat dengan jernih apa saja yang sudah terjadi hari ini,” katanya seperti dikutip Yogajournal.com.

Bagi kebanyakan orang, memang lebih mudah untuk mendengarkan diri sendiri dan melihat secara utuh apa yang terjadi di dalam saat kita sedang sendirian. Dengan memahami diri sendiri, Anda akan berkembang untuk memadukan gerakan-gerakan yang memang dibutuhkan.

Misalnya saja, jika Anda sedang merasa frustasi oleh konflik, Anda akan menyadari bahwa latihan yang sedikit keras bisa membangkitkan kembali energi untuk menjernihkan pikiran. Sementara saat Anda sedang kelelahan, gerakan yang bersifat tenang mungkin lebih cocok. Lama kelamaan, Anda akan menjadi guru terbaik bagi diri sendiri.

Apa pendapatmu?

comments

Related Posts

5 Jenis Yoga Yang Unik

5 Jenis Yoga Yang Unik

Galeri Bugar