Bahaya Perokok Pasif

Bahaya Perokok Pasif

Bahaya Perokok Pasif

 

Perokok pasif adalah seseorang yang tidak merokok secara langsung namum menghirup asap rokok dari orang – orang yang merokok disekitarnya. Akibatnya lebih berbahaya dibandingkan dengan perokok aktif. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari perokok akti

Sudah terbukti secara ilmiah dan medis bahwa merokok itu berbahaya bagi siapa pun. Tidak hanya untuk si perokok itu sendiri, tapi juga untuk manusia di sekitarnya. Sebab, residu dari rokok itu cukup berbahaya dan dapat menimbulkan risiko kesehatan sampai kematian.

Tahukah Anda tidak merokok bukan berarti Anda akan terbebas dari segala jenis penyakit yang disebabkan oleh rokok? Faktanya, saat seseorang merokok tidak semua asap dari rokok tersebut masuk ke dalam paru-parunya. Melainkan, sebagian terbang ke udara dan tanpa disadari terhisap oleh orang-orang yang berada disekitarnya.

Mengapa Perokok Pasif Lebih Berbahaya?

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.

Sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terdapat dalam asap rokok masuk ke dalam tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang beresiko terhirup oleh orang – orang disekitarnya.

Zat berbahaya yang terhirup oleh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhirup melalui perokok pasif tidak terfilter, sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang terhisap. “ Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan.

Nah, mungkin Anda sudah tahu bahwa setiap orang yang tidak merokok jika dia berada di sekitar perokok maka tetap berbahaya. Alasannya adalah karena asap rokok yang dihirup. Tidak berlaku lagi “lebih bahaya yang menghirup asap rokok daripada menghisap rokok”. Semuanya berbahaya. Apalagi mereka yang punya faktor risiko.

Bila bicara perokok pasif, mereka ini adalah orang-orang yang sebetulnya tidak menghisap rokok. Tetapi, kelompok ini merupakan mereka yang menghirup asap rokok yang dibuang para perokok. Di mana, residu asap rokok ini bisa berbentuk asap itu sendiri yang langsung dihirup di udara, dihirup di baju perokok, atau jika di rumah perabotan rumah juga bisa menyimpan residu jahat ini.

’’Ini yang kadang lalai dari perhatian. Setelah si ayah merokok, dia memeluk si anak. Secara tidak langsung, si anak akan menghirup asap rokok dari baju ayahnya. Bahayanya sama besar,’’

Bahaya asap rokok bagi perokok Pasip :

  • Dalam satu tahun perokok pasif menjadi penyebab 600.000 kematian dini. Hal ini disebabkan oleh adanya lebih dari 4000 bahan kimia yang terkandung di dalam asap tembakau. Parahnya, kandungan bahan kimia tersebut bersifat toksik dan dapat menyebabkan terjadinya kanker.
  • Pada orang dewasa, menjadi perokok pasif dapat menyebabkan penyakit jantung dan berbagai gangguan pernapasan serius, termasuk penyakit jantung coroner dan kanker paru-paru.
  • Jika wanita hamil terpapar asap rokok dapat menyebabkan berat badan lahir bayi rendah atau bayi lahir dengan kondisi kurang sehat, lahir premature, keguguran, sindrom mati mendadak pada bayi hingga gangguan hiperaktif.
  • Asap rokok menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bayi dan anak-anak seperti asma, infeksi pernapasan seperti bronchitis dan pneumonia, infeksi telinga, kerusakan gigi dan sindrom kematian mendadak pada bayi.
  • Anak-anak yang tumbuh di antara orang tua perokok lebih mungkin untuk merokok juga di kemudian hari. Hasil dari paparan rokok yang menyerang anak-anak memiliki risiko kesehatan yang sama dengan orang dewasa misalnya perkembangan paru-paru yang buruk yang mana paru-paru mereka tidak berkembang secara sempurna, kanker paru-paru, penyakit jantung dan katarak atau penyakit mata.
  • Area merokok yang terpisah sekalipun tidak sepenuhnya dapat melindungi non-perokok dari risiko perokok pasif. Asap rokok dapat menyebar dari area merokok menuju area non-perokok, bahkan jika pintu diantara ruangan tersebut sudah tertutup, mereka dapat keluar melalui celah-celah ventilasi.

Sebagai orang tua Anda dapat melindungi anak-anak dengan melakukan tindakan-tindakan berikut:

1.    Jangan biarkan orang merokok di sekitar rumah Anda
2.    Jangan biarkan orang merokok di dalam mobil Anda
3.    Pastikan tempat penitipan anak atau sekolah mereka terbebas dari asap rokok

Dari pemaparan di atas dapat ditarik kesimpulan betapa berbahayanya hidup sebagai perokok pasif. Bagi Anda yang masih menjadi perokok aktif dan masih menyayangi anak dan orang-orang terkasih disekitar Anda, maka mulailah mencoba untuk berhenti mulai sekarang karena selain merugikan diri sendiri rokok yang Anda hisap setiap harinya tersebut juga dapat membahayakan orang lain yang tidak berdosa.

Langkah paling baik untuk menghindari keinginan merokok adalah dengan ber-olah raga, yaitu olah gerak yang aktif untuk melatih kebugaran tubuh kita terlepas apapun bentuk olah raganya.

Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal serta menjaga vitalitas bagi tubuh anda secara prima (klik duniabugar.com atau WA / SMS 081 212 212 445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..

Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar