Bagimana kalau kita mulai fitnes pada usia senja atau diatas 50 tahun?

Bagimana kalau kita mulai fitnes pada usia senja atau diatas 50 tahun?

Usia Anda mungkin sudah mencapai kepala lima dan Anda merasa sudah tidak sesegar dulu lagi. berapapun usia Anda, selama Anda merasa masih kuat dan sehat serta semangat Anda masih tinggi, Anda bisa melakukan apapun yang Anda mau
Fitness di usia magrib?? Kenapa tidak? Boleh aja koq.. fitness buat yang tidak muda lagi masih diperbolehkan, memang apabila kita memulai fitnes pada usia senja tentunya badan kita nanti tidak akan seperti atlet binaraga. Tapi poin yang paling penting disini adalah,” kesehatan”.

Pertama jangan terlalu terpaku pada usia karena walaupun usia anda di 50 tahun, bukan berarti anda tidak boleh dan tidak mampu melakukan olahraga atau fitnes yang dilakukan oleh orang2 di bawah usia 50 tahun. Bila pada tahun2 sebelumnya anda sudah pernah mengikuti olahraga secara rutin namun telah berhenti cukup lama, hal itu tentu akan membantu anda untuk menentukan sebaiknya aktivitas apa yang akan anda lakukan sesuai dengan hobby dan kemampuan anda. Namun bila ini pertama kalinya anda membuat keputusan untuk berolahraga secara rutin demi alasan kesehatan dan kebugaran yang lebih baik, maka tidak ada kata terlambat untuk memulainya secara rutin dan serius. Bahkan usia anda sebenarnya masih tergolong cukup “muda” untuk melakukan latihan beban ringan-sedang yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan anda. Latihan beban justru merupakan latihan yang sangat dianjurkan untuk semua orang yang dengan usia yang sudah di atas 40 tahun untuk dapat mempertahankan massa otot dan kepadatan tulang yang terus melemah dan menurun akibat penuaan, sehingga kita bisa menghindari penyakit2 degeneratif dengan resiko yang lebih besar pada hari tua kita. Latihan beban yang dilakukan dengan benar dan beban yang sesuai justru lebih aman daripada jogging, di mana jogging masih beresiko membebani kerja persendian lebih besar akibat adanya benturan telapak kaki ke tanah, daripada sekedar latihan beban. Sebenarnya aktivitas jogging sendiripun relatif aman, namun tentu saja jika anda tidak mempunyai latar belakang medis yang bisa menimbulkan cedera.
Trus latihannya bagimana? Tidak seperi yang lebih muda, kita tidak akan melihat kakek-kakek usia 60 tahun mengangkat barbell yang berat, atau squat, soalnya kita yang tua juga harus sadar akan kondisi fisik kita, jadi apabila kita akan melakukan latihan angkat beban, lakukanlah secara baik dan benar dengan beban yang sesuai dengan kekuatan anda, jangan memaksa diri dan akan lebih baik apabila anda didampingi oleh instruktur untuk menjaga agar anda melakukan latihan beban dengan benar juga akan menjaga ketika anda merasa sakit encok saat melakukan squat. Atau nyeri otot saat mengambil dumbbell dari tempatnya.

Bagi anda yang tidak memiliki masalah nyeri pada persendian Latihan yang cocok untuk para orang yang tergolong tua bisa juga melakukan latihan cardio. Olah raga kardio akan meningkatkan kekuatan paru-paru, menjaga jantung dan nadi tetap berdenyut dengan optimal, mempercepat proses recovery otot dan membakar lemak berlebih di tubuh anda. Latihannya bisa macem-macem, seperti jalan atau jogging di treadmill.

Jadi intinya, anda tidak akan terlalu muda atau terlalu tua untuk nge-Gym. Semuanya bisa dilakukan kalo memang tubuh anda masih mampu, dan anda memiliki motivasi untuk hidup sehat.
Jadi kesimpulannya bagaimana ketika kita Fitnes di usia 50 tahun ke atas? Kenapa tidak? Tidak harus jadi binaragawan atau atlit, seperti para penggemar fitnes lainnya, mereka yang sudah berumur pun boleh tetap rutin ke gym.
Kuncinya di sini, Anda harus menyadari semua perubahan fisik yang Anda alami di usia Anda sekarang. Masa pemulihan (recovery) yang lebih lama, massa otot yang tidak setinggi dulu, tulang yang tidak sekokoh dulu, metabolisme yang tidak sebaik dulu dan juga stamina yang tidak sekuat dulu perlu benar-benar Anda perhatikan.
Dan bagi yang sudah berumur, apabila sudah kurang mampu untuk latihan beban maka latihan kardio adalah merupakan pilihan latihan yang paling ideal saat fitnes. Olahraga kardio sangatlah wajib dilakukan karena akan meningkatkan kekuatan paru-paru, menjaga jantung dan nadi tetap berdenyut secara optimal, mempercepat proses recovery otot dan yang pasti paling Anda suka ialah membantu membakar lemak berlebih di tubuh. Tipe kardionya boleh apapun, Anda bisa memulainya dengan jalan sehat biasa atau lari di treadmill.
Jadi, berapa usia yang tepat untuk mulai dan berhenti fitnes? Jawabannya, selama kita masih mampu, selama tubuh kita masih kuat dan selama kita masih memiliki motivasi untuk hidup sehat, kita bisa fitnes kapan saja.

Latihan kebugaran disertai asupan suplemen yang cocok untuk membakar lemak serta untuk menjaga tubuh tetap segar, dan bugar sehabis latihan akan menjaga tubuh anda agar tidak mudah mengalami kegemukan dan membentuk tubuh yang ideal, berapapun usia anda (klik duniabugar.com atau WA 081-212-212-445) Berbagai Suplemen yang anda butuhkan tersedia disitu..
Semoga bermanfaat…..

Apa pendapatmu?

comments

Galeri Bugar