5 Jenis Yoga Yang Unik

5 Jenis Yoga Yang Unik

Olahraga saat ini yang sedang booming adalah yoga. Wanita di kota besar sudah banyak yang mencoba dan jatuh cinta pada olahraga yang satu ini. Ada banyak jenis yoga yang memberikan manfaat dalam melancarkan peredaran darah, menyegarkan badan dan pikiran sekaligus menurunkan berat badan. Singkatnya, ada jenis yoga tersendiri untuk setiap jiwa dan kebutuhan.

Ternyata, selain jenis yoga yang umum bagi banyak orang, ada juga lima jenis yoga unik dan mungkin saja terdengar cukup aneh. Berikut ini 5 jenis yoga yang sangat unik :

1. Foodie yoga
David Romanelli telah menemukan cara untuk menggelitik indra yang berhubungan dengan makanan. Ia menggabungkan antara makanan dan yoga.

Latihan ini mengharuskan Anda untuk melakukan gerakan yoga sampai berkeringat. Kemudian Anda diminta untuk makan seperti biasa. “Agak aneh untuk duduk di tikar dan langsung makan sup panas,” ungkap salah seorang peserta yoga, seperti dilansir The New York Times. 

Foodie yoga ini dilakukan agar setiap orang bisa menghargai dan menikmati makanan lezat. Selain itu, yoga ini juga bisa membantu meningkatkan kesadaran saat sedang makan (agar tak berlebihan).

2. Doga
Jenis yoga ini terdengar seperti panggilan anjing (dog). Tak salah memang, karena dalam  praktiknya, yoga ini melibatkan matras yoga dan juga teman berbulu Anda.

Doga menggabungkan antara pijat dan meditasi untuk Anda dan anjing peliharaan. Beberapa gerakannya sekilas terlihat meniru gerakan hewan yang paling setia di dunia tersebut, mulai dari memijat tubuh anjing sampai meletakkan kepala di tubuh hewan kesayangan Anda.

3. Harry Potter yoga
Dasar gerakan ini tidak berbeda terlalu jauh dengan gerakan dasar vinyasa yoga. Tetapi jangan berharap setelah melakukan yoga ini Anda bisa punya kekuatan sihir seperti Harry Potter.

Yoga ini sebenarnya bertujuan untuk menenangkan pikiran dan batin saat sedang banyak masalah. Pikiran yang jernih mampu membuat Anda merasa lebih mampu melakukan apa pun. Yang Anda butuhkan hanyalah sedikit jarak dan ketenangan untuk mendapatkan semua “magic” ini.

Langkah-langkah yoga ini terdiri dari pose wake up mountain, root tree rise, flap eagle fly, playing with fire, I am what I am, lighten up, dan just breathe.

4. Indo Board yoga
Yoga ini merupakan alternatif dari teknik SUP yoga yang dilakukan dengan bantuan papan selancar di pantai. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk yoga di pantai, Anda bisa melakukan Indo Board yoga.

Teknik ini memungkinkan Anda melatih keseimbangan dan juga kekuatan otot tubuh dengan menggunakan papan selancar modifikasi yang bisa bergerak-gerak. Namun, alih-alih berlatih di pantai, yoga ini umumnya dilakukan di dalam studio.

5. Yoga in the buff
Jenis yoga yang satu ini merupakan variasi yoga kuno. Disebut kuno karena dalam praktiknya, yoga ini menolak segala aspek material kehidupan. Bahkan ada beberapa orang yang beranggapan bahwa jenis yoga ini memiliki filosofi telanjang.

Yoga ini merujuk pada filsuf India kuno yang mempraktikkan gaya hidup pantang, termasuk untuk melepaskan kenikmatan hidup seperti makanan dan pakaian.Yoga ini bertujuan untuk bisa membangun kesadaran dan kemampuan menahan diri dalam segala hal. Penasaran? Yuk dicoba :D

Apa pendapatmu?

comments

Related Posts

Bersihkan Pikiran Dengan Yoga

Bersihkan Pikiran Dengan Yoga

Galeri Bugar