4 Aturan Utama Diet Sehat

4 Aturan Utama Diet Sehat

Anda pasti bingung mencarai tips diet yang aman, sehat dan cepat. Semua orang menginginkan diet dengan hasil yang cepat, diet yang dapat membuang lemak sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat. Namun sayangnya diet seperti itu kebanyakan tidak sehat. Bagaimanakah diet yang sehat ?

Sebagian besar diet yang dianjurkan gagal menurunkan berat badan. Bahkan ada yang namanya dikenal dengan fenomena Yo-Yo diet, berat badan Anda pada awalnya turun cepat, kemudian tidak berapa lama akan naik lagi melebihi berat badan semula.

Nah, mengapa  kebanyakan diet itu  gagal menurunkan berat badan seseorang? Banyak alasannya, namun tulisan ini tidak membahas itu, tetapi sedikit menyinggung prinsip, aturan dasar dalam menurunkan berat badan. Aturan dasar itu adalah:

Aturan Diet 1: Jaga Kalori. Keseimbangan kalori yang masuk (yang diperoleh dari makanan) dan kalori keluar (yang digunakan oleh tubuh)  akan menentukan turun atau tidaknya berat badan seseorang. Berat badan akan turun bila kalori yang digunakan melebihi kalori yang masuk, atau kalori yang kita bakar lebih banyak dari kalori yang dihasilkan tubuh dari makanan yang dikonsumsi.

Andaikan asupan makanan Anda sehari rata-rata 2.000 kalori per hari, kemudian Anda mengurangi rata-rata 100-150 kalori, misalnya dengan hanya membuang kebiasaan tidak minum teh botol waktu makan siang, maka dalam satu bulan asupan kalori Anda bisa berkurang 3.000-4.500 kalori.

Bila semua ini adalah lemak, maka berat badan Anda akan turun 300-500 gram. Dalam satu tahun bisa turun 3-5 kg. Sebaliknya juga demikian, jika Anda membakar lebih sedikit kalori dari yang dibutuhkan, walau hanya 100-150 kalori perhari, dalam satu tahun berat badan Anda akan naik 3-5 kg. Jadi, berat badan Anda mau naik atau turun semuanya tergantung keseimbangan kalori ini.

Aturan Diet 2: Kenali makanan sehat atau tidak sehat. Makanan itu jelas tidak sama. Ada makanan yang mengandung nutrisi yang baik, yang sehat atau yang sebaliknya.  500 kalori beras putih dan 500 kalori beras merah saja tidak sama pengaruhnya terhadap tubuh seseorang.

Karena makanan itu tidak hanya sebagai sumber enrji, tetapi juga untuk kehidupan Anda, sel-sel yang membentuk, memelihara tubuh, bahkan pikiran, perasaan dan emosi Anda, maka memilih makanan yang sehat, yang mengandung nutrisi yang lengkap merupakan pertimbangan penting dalam menurunkan berat badan

Baca aturan utama diet selanjutnya di sini!

Apa pendapatmu?

comments

1 2

Related Posts

Galeri Bugar